Andi Saputra Sragen – sukses di penangkaran sukses di lomba

Nama Andi Saputro dari Gondang Sragen sebagai penangkar burung murai batu dan lovebird sudah banyak dikenal orang. Maklum, selain aktif sebagai penangkar dan pelomba burung, Om Andi adalah sekretaris di kepengurusan PBI Cabang Sragen.

Kopdar MBI di Sragen di Penangkaran Om Andi Saputra
Om Andi Saputra (kedua dari kanan) di antara para sobat grup Murai Batu Indonesia

Berbarengan dengan acara ketemu darat grup Murai Batu Indonesia di facebook.com saya berkesempatan bertanya lebih jauh tentang usaha penangkaran burung murai batu yang dia geluti. Tak hanya itu, saya pun meminang dua murai batu trotolan, jantan dan betina.

Gondang, Sragen, Jawa Tengah

Low profile dan ramah

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagai penangkar sukses, Om Andi yang juga pengusaha toko mas ini tetap menunjukkan diri sebagai sosok yang low profile. Ramah melayani pelanggan ataupun kepada sesama kicaumania. Contohnya adalah ketika di rumahnya kedatangan beberapa teman dari grup Murai Batu Indonesia di facebook.com.

Selain aktif memberikan masukan untuk perkembangan grup, Om Andi juga royal memberi “asupan” untuk teman-teman yang datang ke sana. Tentu bukan kroto dan sebagainya hehehehe…. tetapi hidangan yang mewah.. mulai dari gurami masak asam manis, ayam goreng kremes, sampai pada kudapan disediakan Om Andi dan isteri yang juga ramah melayani para sahabat yang datang ke penangkarannya.

Burung-burung jawara

Sebagai pelomba, Om Andi tentu tahu betul materi yang dibutuhkan agar bisa menang di lomba. Itulah yang ingin ia hasilkan dari breeding yang dikembangkannya. Pelan tapi pasti, kandang memang terus ditambah, tetapi tetap mengedepankan kualitas.

Pada event Piala HB X, 10 Juli 2012 di Taman candi Prambanan, Yogyakarta, dia menunjukkan burung hasil tangkarannya bisa bersaing dengan jawara lain. Dari jumlah 40-an peserta, jagoan miliknya dengan ring Rejo tampil bagus.

“Belum maksimal sekali memang. Maklum, masih muda, tapi dari penampilannya sudah kelihatan bila burung ini memang prospek,” ujarnya sambil tersenyum simpul. Lodra Jr 2 dan Bima Sakti Jr, masih bisa masuk ranking 8 dan 9 Murai Batu Batu Ring Sejati.

Di KMB Semarang

Sementara itu anakan murai yang diberi nama Lodra Jr 1 pada even KMB PBI Semarang belum lama ini berhasil meraih juara 3 dan 3 (kalah tos juara 2-3). Prestasi selevel saat diraih di Piala Raja Jogja.

Di sesi pertama, nyaris semua orang menyebut jagoannya layak mendapatkan prestasi yang lebih baik dari juara 3.

“Tak apa-apa Mas, yang penting jagoan mau nampil dan ditonton banyak orang. Sekarang sudah banyak  orang tahu bagaimana materi dari Lodra Jr, anakan dari Lodra, yang ada di kandang Gondang Sragen.”

Sebagai penangkar, Om Andi Saputra tidak sekadar produktif, tapi juga menghasilkan anakan berkualitas. Yang sudah di tangan orang lain pun, tetap dipantau, dan sebagian mau tampil pula dan meraih prestasi.

Hanya saja, untuk mendapatkan anakan murai batu dari Om Andi dari indukan yang moncer namanya memang mesti bersabar, sebab kadang anakan dari indukan dimaksud sudah diinden banyak orang.

Terima kasih Om Andi. Salam untuk keluarga. (Om Kicau – Waca Jogja)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

  1. saya kepengen punya murai sama lovebird bapak untuk saya pelihara sendiri……istri saya soalnya rumahnya solo boyolali…..mingkin insaalloh akan mampir kesana

Komentar ditutup.