Anak nuri kepala hitam itu sudah bisa diajak bermain-main

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ini sekadar cerita tentang burung nuri kepala hitam yang saya tangkar di rumah. Seperti pernah saya ceritakan sebelumnya, anakan nuri itu tinggal seekor setelah saudaranya pergi untuk selamanya karena  tertimpa buah akibat kecerobohan dalam menempatkan makanan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Nah saat ini, anak nuri ini sudah harus saya pisahkan dari induk karena indukan sudah mulai melakukan perkawinan lagi. Jika tidak saya ambil, khawatirnya anakan itu akan telantar. Oleh karena itu anak kandang harus siap setiap saat menyuapi (hand feeding) anakan tersebut.

Anakan nuri kepala hitam sudah bisa diajak bermain-main
Anakan nuri kepala hitam sudah bisa diajak bermain-main
Anakan nuri kepala hitam Om Kicau mulai bisa diajak bermain
Suka merambat di baju

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Makanan yang diberikan selama ini sekadar air gula (seperempat gelas air matang plus gula 2 sendok makan) dan saya taburi BirdVit dan BirdMineral secara bergantian. Untuk sekali masa makan (biasanya diberikan 2-3 jam sekali) saya berikan sebanyak 10-15 ml larutan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Handfeeding anakan nuri kepala hitam
Handfeeding anakan nuri kepala hitam

Meski sedikit repot merawat anakan burung secara hand feeding, namun sungguh menimbulkan kesenangan tersendiri. Apalagi burung itu sudah mau diajak bermain-main. Anak  burung yang menurut feeling saya berjenis kelamin jantan (berdasar bentuk kepala yang lonjong) ini juga sudah mau meresponse suara panggilan dengan suara ciet-cietnya yang masih terdengar serak.

Indukan sudah mulai kawin lagi

Saat ini indukan burung itu sudah mulai terlihat kawin dan semoga akan segera bertelur dan punya anak lagi. Untuk menjaga agar produktivitas bagus dan anakannya sehat saya sudah mulai memberikan BirdMineral dan BirdMature.

Sepasang nuri kepala hitam ini suka saling bercumbu
Sepasang nuri kepala hitam ini sudah mulai kawin lagi

Demikian sobat sekelumit cerita tentang penangkaran burung nuri kepala hitam di rumah saya. Kapan nanti saya pengin main lagi ke Sragen ke rumah Om Naryo untuk “study banding” lagi dengan penangkaran nuri yang Om Naryo lakukan.

Salam sukses penangkaran burung Indonesia.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. Om saya berminat untuk menangkar burung nuri kepala hitam, tapi bingung beli burungnya yang sejodoh dimana ya .. om, beli di iklan baris takut ketipu, jika ada yang punya bisa hub : 087855304060

Komentar ditutup.