Jagung muda untuk lovebird jawara ala H Bagus Tebet Jakarta

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Perawatan burung lovebird jawaraSetiap lovebird mania, terutama yang pernah juara di lomba burung berkicau, memiliki cara dan rahasia masing-masing. Tetapi rahasia menjadi tidak rahasia lagi, ketika sang pemilik burung juara mau berbagi resep. Inilah resep perawatan lovebird jawara yang rutin dilakukan H Bagus (Tebet, Jakarta), terutama menjelang lomba.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Untuk perawatan harian, kata H Bagus seperti diceritakannya kepada Tabloid Burung Agrobis, dimulai dengan ritual membuka kerodong sangkar setiap pagi hari. Begitu kerodong dibuka, lovebird langsung dimandikan dengan cara disemprot.

“Selesai mandi, langsung dijemur hingga siang hari. Setelah itu, dikerodong lagi agar burung istirahat,” ujarnya. Makanan seperti biasanya, cukup diberi millet putih.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Tidak menggunakan jagung? Rupanya H Bagus hanya memberikan jagung sehari menjelang lomba. Itu pun harus jagung muda. Jika dianalisis, jagung muda memiliki kadar air yang lebih tinggi daripada jagung tua. Sebaliknya, kandungan karbohidratnya lebih rendah.

Resep itulah yang rutin dilakukannya terhadap Badboy, lovebird betina yang prestasinya terus meroket. Di berbagai lomba, Badboy kerap menempati urutan pertama. Belum lama ini, burung ini pun menjuarai kelas lovebird dalam Lomba Burung Berkicau HUT TNI di Patriot Mawas Cijantung Jakarta.

Bakat Alam

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sepintas ada kesamaan dengan tips yang dilakukan oleh Rofiq (Magelang), pemilik Tuan Muda dan Badik yang Berjaya di Lomba Burung Sumpah Pemuda Cup Krajan, Godean, Yogyakarta 14 Oktober 2012. Rofiq juga memberikan jagung menjelang lomba, namun tidak dijelaskan apakah yang dikonsumsi kedua lovebird andalannya itu jagung muda atau tidak.

Tetapi tidak bisa dimungkiri, selain resep sederhana tersebut, faktor penentu kualitas suara lovebird juga dipengaruhi oleh bakat alam yang dimiliki burung itu sendiri. H Bagus bahkan mengakui jika Badboy semula hanya dijadikan gacoan pelapis, bahkan hanya lapis ketiga setelah Sekar dan Baby Boy yang juga menjadi andalannya di beberapa lomba.

Waktulah yang membuktikan kalau Badboy justru lebih berprestasi. Selain tarikan suaranya panjang dan memiliki mental bagus di lapangan. Hal itu diamatinya selama ia merawat burung-burungnya. (Dudung Abdul Muslim)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.