Mengapa cucak rante belum juga popular?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Berat badan cucak rante sekitar 10-90 gram, sedangkan panjang tubuhnya 15-18 cm. Tetapi panjang keseluruhan (sampai ekor) bisa mencapai 27 cm. Bulu-bulunya sangat halus tetapi lebat. Meski tidak banyak perbedaan fisik antara burung muda dan tua, cucak rante bakalan cenderung menyerupai betina.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Habitat Asli

Habitat asli cucak rante antara lain di hutan, tebing, dan areal perkebunan, mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut. Populasinya terdapat di selatan India dan Srilanka, Assam (India timur), Bangladesh serta Manipur, baratdaya Cina, Yunnan selatan, dan Asia Tenggara (kecuali Filipina). Khusus di Indonesia, burung ini banyak dijumpai di hutan-hutan Sumatera, Kepulauan Lingga, Kepulauan Bangka-Belitung, Jawa, Kalimantan, dan Pulau Natuna.

Di habitat aslinya, cucak rante sering ditemukan dalam kondisi berpasangan atau berkelompok. Mereka hidup di pucuk dedaunan lebat. Perpaduan antara warna hijau bulunya dan warna hijau daun sungguh sempurna, sehingga hewan pemangsa sulit mengenali keberadaannya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Gaya Akrobatik Cucak RanteKalau sedang aktif, dia akan selalu bergerak tanpa berhenti, dan bergaya dalam berbagai pose, termasuk bergelantungan pada cabang pohon dengan posisi kepala di bawah. Gaya terbangnya pun unik, yaitu bergelombang (berombak-ombak) tetapi sangat cepat dan penuh tenaga. Ini sering dilakukan pejantan yang kurang suka berkelompok, menjaga jarak dengan individu lainnya, kecuali saat mencari makan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sifatnya agresif terhadap burung-burung kecil. Cucak rante jantan mengeluarkan kicauan yang sangat jernih “wee..wee..“, dengan frekuensi yang sangat sering. Sedangkan betina mengeluarkan suara “chick.. chick..” yang pendek. Pejantan memiliki beberapa kicauan pendek, tapi sekarang dikenal sebagai peniru ulung daripada pembuat suara.

Pakan cucak rante terdiri atas binatang-binatang kecil yang dicarinya sendiri di dedaunan, termasuk beberapa serangga seperti semut rangrang, ulat bulu, dan laba-laba. Mereka terkadang juga mencari nektar bunga dan buah-buahan seperti jambu biji, stroberi, dan ara.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

11 Comments

  1. om minta tolong upload audio cucak rante betinanya, mo nyoba mancing biar selalu buka paruh. salnya dah 3bln ini ngoceh cuma sekedarnya aja (jarang), dan klo om punya rekomendasinya (saran) untuk dibagikan, boleh juga untuk dicoba om 🙂 . terima kasih banyak sebelumnya….

  2. Saya mau curhat ini om, saya punya cucak ranti saya baru dapat dari teman saya, sudah lumayan gacor om tapi suaranya gak keras om, umurnya kisaran 1 tahunan lah… saya suka burung ini karena imut dan menarik, tapi persoalannya hanya satu suarannya kurang keras, bagaimana cara mengatasinnya ya, mohon masukannya om…. tengkyu….

  3. Di bengkulu banyak…om.25-30…….harganya. Dan klo pikat dihutan sangat mudah. Baru dngar suara pikat, dia udah bergerombil di atas kepala. Syang krang peminat, walaupun srng dibuka klas cucak rante, plling banayk 10 ekor,yg turun.dsmping itu…..klo lg ditrek jrang mau keluarin isian, cuma ngeban2…doank. Dg gayang tarung menggetarkan sayap sprti ngeleper. Di daerah bangka-belitung, dijadikan kls utama. Mnrt saya tgntung selera kicau mania itu sndri,om.

  4. Saya punya koleksi jenis burung ini.habitatnya sudah langka sekali.dan dipasaran sangat jarang sekali ada yang menjualnya.suaranya cukup variatif dan merdu sekali.apalagi saat mendengar ocehan dari suara burung lain, burung ini langsung menyahutnya , dan terkadang meniru ocehannya.kondisinya cukup prima dan gacor habis.
    Kalau ada yang menawar dengan harga yang cocok, burung ini mungkin akan saya jual..
    Anda berminat? FB saya= binu pawiro sentono

  5. Cucak rante ini jenis burung yang masih kurang bisa bersahabat dengan manusia ya dan masih suka di alam bebas..
    Kalau bisa dipelihara dan dibudidayakan bisa jadi sangat populer untuk dijadikan burung perlombaan..

Komentar ditutup.