Ibu rumah tangga berpenghasilan 25 juta dari penangkaran burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang ibu rumah tangga di Desa Kudu, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Susilowati, nama ibu tersebut, mampu meraup keuntungan rata-rata Rp 25 juta per bulan dari usaha penangkaran burung.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Berbekal ketelatenan dan modal seadanya, usaha yang umumnya digeluti kaum laki-laki ini mengalami perkembangan pesat. Dari semula hanya 1 – 2 kandang di samping rumahnya yang asri, kini berkembang menjadi 40 kandang indukan yang sebagian besar sudah produktif.

Susilowati
Susilowati

Jenis burung yang dipilih untuk ditangkar juga tidak main-main, yakni jalak bali dan cucakrowo. Khusus jalak bali, tidak semua orang bisa menangkar. Hanya mereka yang telah mendapatkan sertifikat penangkaran yang diizinkan untuk mengembangbiakkan burung langka dan dilindungi ini untuk tujuan komersial.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Menurut Susilowati, usaha penangkaran burung sebenarnya tak menyita banyak waktu, karena hanya memberi pakan berupa jangkrik dan pisang dua kali sehari, yakni pagi dan sore. Tiap hari dia hanya mengeluarkan Rp 30.000 untuk kebutuhan pakan burung-burungnya.

Witing trisno jalaran soko kulino. Kecintaannya terhadap burung bermula dari kegemaran suami  yang juga penghobi burung. Di rumah, suaminya suka memelihara banyak burung. Suatu ketika, suaminya harus bekerja di luar kota, sehingga pekerjaan merawat burung pun terpaksa digantikannya.

Dari sini terbersit keinginan untuk mencoba menangkar burung, bukan sekadar memelihara. Sebab, pikirnya waktu itu, lebih mudah memelihara burung di dalam kandang daripada di dalam sangkar. Maka, niat itu pun disampaikannya kepada suaminya, dan ternyata diizinkan.

Saat memulai usaha, kata Susilowati seperti diberitakan kstv.co.id, ia memilih jenis burung kacer dan murai batu. Setelah mahir, barulah dia merambah ke burung jenis langka seperti jalak bali karena keuntungannya lebih tinggi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Keuntungan melimpah akan dirasakan jika burung bertelur dan menetaskan anak. Untuk anak burung jalak bali yang baru berumur 1 bulan, dibandrol harga Rp 12 juta / pasang. Sedangkan cucakrowo dihargai Rp 4 juta / sepasang.

Dalam setahun, sepasang indukan bisa menghasilkan anakan hingga enam kali. Penjualan anakan pun terbilang mudah, karena pembeli akan datang sendiri. Bahkan untuk jalak bali sudah indent sejak induknya bertelur.

Pembeli tidak hanya datang dari kota-kota di Jawa Timur, namun ada juga dari Bali dan Jakarta. Mereka umumnya juga belajar beternak burung darinya. Untuk itu, Susilowati mengaku terbuka memberikan pengalamannya dalam menangkar burung. Bahkan pembeli pun boleh melihat dan meniru kandang kreasinya.

Berkaca dari pengalamannya, Susilowati mengajak ibu rumah tangga lainnya untuk menekuni penangkaran burung, karena terbukti bisa memberikan pendapatan yang tak sedikit. “Asalkan mau belajar dan sabar merawat, usaha beternak burung bisa menghasilkan keuntungan menggiurkan,” tandasnya.

Mau lihat bagaimana Susilowati setiap hari merawat burung-burungnya? Simak tayangan video berikut ini, yang diupload Safari Bird Farm ke youtube.

Ayo, siapa mau belajar kepada Ibu Susilowati?

Salam dari Om Kicau!

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

17 Comments

  1. Om Kicau, saya memelihara burung hanya sekedar hoby dan saat menjelang pesiun 5 thn lagi baru terpikir untuk menangkarnya. Artikel omkicau.com memotivasi saya yg tadinya hanya sekedar hoby menjadi berkeinginan utk menangkarnya. Terimakasih atas artikelnya sehingga saya dan banyak lagi teman2 sesama hoby dapat menambah wawasan dan termotivasi utk lebih maju.

  2. om klo mau dpet ijin buat penangkaran jalak bali itu gmana caranya, trus ada biaya lg gk yg harus di bayar, klo msalkan modal kta 100 jta itu ckup gk..???

  3. Bagus sekali, bisa belajar dari yg sudah berpengalaman ( & yg sudah bermurah hati utk berbagi pengalaman…terima kasih)

    • Jangkrik bagus Om. Coba search “ternak jangkrik” di omkicau.com. Pakai fasilitas di halaman depan saja.

  4. saya asli kertosono om. tapi saya baru tahu kalo ada breeder yang komp
    eten d kertosono. mungkin dikarenakan harga produk farm nya yg trbilang ckup fantastis bagi warga sekitar, jd warga jg krng berminat krn tdk tejangkau oleh kantong. terima kasih bnyk om atas artikelnya… bisa nimba ilmu lwt bu susilowati nich…

  5. Blh mnt alamat dan no tlp om/bu,sy lg nyari cucak rowo?​•tolong kabarin ₫¹ no ni 082111512128♡̬̩̃̊♡̬̩̃̊makasih di tunggu

Komentar ditutup.