Pasutri muda Magelang sukses breeding lovebird

Agus Prawoto (26) dan Yuli Handayani (24), pasangan suami-istri dari Dusun Jambean, Desa Menayu, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, kini sedang mereguk manisnya bisnis penangkaran lovebird (LB). Di rumahnya, pasutri ini memiliki 105 pasang indukan LB dari berbagai jenis, dan sebagian besar merupakan burung kelas lomba.

Jenis indukan yang dimiliki antara lain kepala emas, hijau kepala merah, hijau dakocan, biru dakocan, lutino, pastel, blorok, hitam panda hingga seekor jenis unik yaitu LB belang. Jenis yang disebut terakhir inilah yang pernah ditawar Rp 12,5 juta, namun belum dilepaskan.

“Burung ini dihargai mahal, karena warnanya unik dan berbeda dengan lainnya. Saya minta harga Rp 25 juta, rencananya buat mendaftar haji ibu saya,” kata Yuli.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Meski jumlah indukan terbilang banyak, jangan bayangkan lokasi kandang penangkaran burung ini luas. Pasangan suami-istri itu menangkarkan love bird di lantai dua rumahnya. Burung-burung ini dibuatkan kandang khusus, yang cukup memperoleh sinar matahari.

Yani di Kandang Penangkaran Lovebird
YANI DI KANDANG PENANGKARAN LB (FOTO: SM)

Mau tahu pembagian tugas pasutri muda ini? Anda pasti mengira sang suami yang menjadi pemelihara utama. Oh, keliru. Perawatan sehari-hari menjadi tugas sang istri. Dialah yang memberi pakan, ekstra fooding, dan air minum. Dia juga yang memandikan dan menjemur lovebird, mengobati jika ada yang sakit dan sebagainya.

Untuk meringankan tugasnya, sebagaimana diberitakan Suara Merdeka, dia merekrut dua pegawai kandang. Lha, tugas suaminya apa? Ternyata Agus Prawoto bertugas memasarkan burung ini ke berbagai kota di Indonesia. Sejauh ini, burung hasil tangkaran mereka sudah menembus pasar di seluruh kota/kabupaten di Jawa Tengah, sebagian kota di Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, bahkan Sumatera.

“Kemarin baru saja mengirim 30 ekor lovebird ke Jambi. Sebelumnya, saya juga mengirim 40 ekor ke Lampung,” kata Agus.

Dengan harga bervariasi mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 2 juta, angka penjualan lovebird rata-rata bisa mencapai 20 ekor bakalan per bulan. Perbedaan harga disesuaikan dengan kualitas suara dan warna bulunya.

Dari penjualan burung lovebird inilah, pasangan Agus-Yuli berhasil mengantungi pendapatan rata-rata Rp 40 juta per bulan.  Wooww…, jadi pengen beternak juga kan?

Salam dari Om Kicau!
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

11 Comments

  1. Om Kicau dan mas Agus Prawoto – mbak Yuli Handayani mohon pencerahan dan masukan nya
    Saya punya 2 pasang lovebird yang telah saya jodoh kan selama 2 bulan dan 2 minggu belakangan ini terlihat kawin (tidak bergantian kawin nya) trus namun sampai sekarang belum bertelur. Yang ingin Saya tanya kan :
    1. Apa yang menjadi faktor belum bertelur nya?
    2. Apa lovebird saya betina vs betina atau jantan vs jantan?

  2. assalamualaikum mas agus dan mbak yuli, salam kenal saya bambang di samarinda. saya tertarik untuk beternak LB, bagaimana cara pesannya dan berapa duit yang harus saya siapkan untuk satu pasang LB bakalan. mohon bantuan dan bimbingannya. tolong dikirim ke email saya: bambang.harijono@yahoo.com tolong ya saya tunggu petunjuknya n tks.

  3. 1).umur sya 42th saya ingin menjadi teman mas agus prawoto.
    2).saya sangat cinta dengan burung dan kepingin utk dapat memelihara burung love bird
    tp bagaimana cara mendapatkan indukan dan bibitnya ya mas..?
    3).tolong kirim langsung ke Email saya ya bro..?
    salam hangat buat mas agus & mbak yuli..tolong secepatnya di balas..

    • selamat sore mas agus prawoto dan mbak yuli, saya ingin memulai beternak love bird mohon bimbingannya ,dan cara beli indukan maupun anakan love birdnya ,mungkin kalau ada no pin bb (group love bird)mohon diinvite 2695e215.atas semua bimbingannya saya ucapkan banyak terima kasih

Komentar ditutup.