Peserta luar kota ramaikan even perdana Raboan di Taman Kuliner Jogja

Rabu (14/11) siang, Kota Jogja diguyur hujan lebat, termasuk kawasan Taman Kuliner Condong Catur. Namun sekitar pukul 14.00, hujan mulai reda dan cuaca berangsur cerah. Kekhawatiran gangguan cuaca pun sirna. Sebagian panitia sudah terlihat di lapangan. Bahkan Om Hoho, ketua Taman Kuliner Kicau Mania (TKKM) Yogyakarta yang menyelenggarakan even ini, sudah datang sejak jam sepuluh pagi.

SUASANA LOMBA TKKM
SUASANA EVEN RABOAN TKKM

TKKM merupakan event organizer (EO) baru di Jogja. Seperti diberitakan sebelumnya, istilah Raboan sengaja dipakai untuk memudahkan saja. Sebab, setiap Sabtu sore, di lokasi yang sama juga rutin digelar Latber KMYK. Dengan demikian, mulai kemarin, ada dua latber rutin yang berlangsung di Taman Kuliner. Setiap Rabu sore TKKM, dan Sabtu sore KMYK.

Berbagai peranti lomba seperti gantangan, pagar, dan kursi untuk menggantangkan burung terlihat serba baru, dan memang didesain khusus untuk lomba burung. Belajar dari pelaksanaan lomba di berbagai tempat, TKKM sengaja menancapkan nomor gantangan secara permanen di bagian atas.

Dengan demikian, peserta tidak bisa seenaknya mengutak-atik atau memindahkan nomor sebagaimana biasa terjadi ketika nomor tertancap di bawah. Kursi juga tersedia di setiap nomor, sehingga tidak ada alasan saling menunggu karena giliran dapat kursi penyangga.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

EVENT RABOAN KTTM JOGJA

Usul peserta, even digelar lebih siang

Secara umum, minat kicaumania Jogja dan sekitarnya untuk mencoba even ini sangat bagus. Bahkan sejumlah peserta luar kota pun berdatangan. Misalnya H Mansyur (Muntilan), serta Supri dan Sigit WMP dari Klaten.

Saat dimintai komentar, Supri menyebut penyelenggaraan sudah cukup bagus. “Kalau boleh usul, lomba bisa dimulai lebih awal, lebih siang, misalnya jam dua, biar selesainya tidak terlalu sore. Kasihan peserta luar kota, sampai rumah sudah malam,” ujarnya.

Adapun Supri membawa beberapa gaco seperti kacer, murai batu, kenari, dan cucak hijau. Kacer yang diberi nama Matador meraih juara 1, cucak hijau Tanggo juara 3, murai batu Firdaus (milik Yudi Sucipto dari Aksi BF Kartasura) juara 3. Namun kenari yang terlambat menggantang tidak masuk.

Tidak sia-sia pula H Mansyur ngeluruk dari Muntilan. Murai batunya, Marvel, meraih juara 1, sedangkan Deep Collector tak tertandingi di kelas cucak jenggot/kapas tembak.

Juara pertama di kelas anis merah diraih Kobelco milik Fahmi. Adapun Tawon milik Anas dari Naswa Mobil menjadi runner-up.

Pri dari Canary Jogja Team kembali tampil sebagai juara berkat jagoan Scudetto. “Ini sudah empat kali juara berturut-turut, mulai Sabtu kemarin di KMYK, kemudian Minggu di Krajan, terus  Senin di Pasty, dan Rabu di even perdana TMMK,” kata Pri.

EVENT RABOAN KTTM JOGJA

Data juara belum lengkap

Total panitia menggelar 14  sesi. Sayangnya, tidak semua data juara tersedia. “Sebagian peserta tidak menyetorkan  struk data, hanya mengambil hadiah uangnya saja. Jadi, panitia kesulitan melengkapi data juara. Tapi, untuk even berikutnya, hal ini akan kami benahi, termasuk memberitahu peserta bahwa data agar disetorkan karena akan dipublikasikan,” tutur Om Hoho.

Dengan tiket Rp 20.000 (hadiah Rp 300 ribu) dan tiket Rp 10.000 (hadiah Rp 150 ribu), even Raboan ini cukup menarik minta peserta lokal, termasuk para pemula, mengingat tarifnya yang sangat terjangkau dan cukup menarik. Apalagi juga disediakan doorprize uang tunai Rp 500 ribu rupiah.

OM HOHO, KOMANDAN TKKM
OM HOHO: KOMANDAN TKKM YOGYAKARTA

Pada gelaran kedua Rabu depan, diperkirakan peserta akan lebih ramai, sebab makin banyak kicaumania yang mengetahui even TKKM atau Raboan di Taman Kuliner. Untuk gelaran perdana, sosialiasi memang masih terbatas, mengandalkan penyebaran brosur di berbagai arena latihan, SMS kepada sesama rekan kicaumania, maupun memanfaatkan jejaring sosial di internet.

“Dengan persiapan yang lebih bagus, dan menerima berbagai masukan, ke depan semua kita upayakan. Termasuk memaksimalkan semua jalur media publikasi, baik secara online seperti omkicau atau media konvensional seperti Agrobur dan BnR,” tambah Om Hoho.

Soal produk, TKKM juga masih menerima banyak masukan, agar even ini bisa menawarkan sesuatu yang berbeda. Berbeda dalam pengertian positif, seperti memulai lebih awal dan tepat waktu, ketat dalam aturan tanpa  teriak, penjurian yang benar-benar teliti dan fair play, serta hadiah yang tanpa potongan. Tujuannya hanya satu: memuaskan peserta. (Waca-Jogja)

Hasil Lomba TKKM Jogja (14/11)

PLECI A
1. “2 in 1PriyantoSidikan
2. Baju BaratDannyKarangkajen
3. SidoelSPJogja
4. IcaruzSidik VO2DT PCMI
5. Bintang JogjaBernatRed Devil’s
CUCAK HIJAU A
1. BangsatNandaSleman
2. Timah PanasDedi TitaniumMonjali
3. TanggoSupriKlaten
4. RencongRegyNgawen
CENDET A
1. AvatarWawanKalasan
2. MV59MarthaSleman
3. JaguarMas DukuhDT P2M
4. RamboMomoJogja
5. PinterBim BimArtis KMYK
ANIS MERAH A
1. KobelcoFahmiJogja
2. TawonAnasNaswa Mobil Sedan
3. VarioH. AnantoBandeng
4. GarengTriJogja
6. DealovaH2RSRingroad Selatan
7. Baja HitamRifky PlatinumSedan
KACER BINTANG A
1. MatadorSupriKlaten
3. SingerMr. WinartoDemangan
4. ExpresiYosiSleman
5. HalenBeniSembego
LOVEBIRD TKKM
1. SagitaBim BimMR TO
2. SizukaArdianMaguwoharjo
3. SecangM. LizinPyche
4. CodotSyarifudinKotagede
5. PrincessSigit WMPKlaten
7. KissmiGitoMGL
8. AisyHendrikAyam Bakar Toyiban
9. BluxAminJogja
CIBLEK TKKM
1. GrandongM. ChaidarKadisobo
2. James BondAdit ABSTemanggung
3. Tentara LangitM. RidwanSedan Japa Tepa
KENARI TKKM
1. ScudettoPriCanary Jogja Team
2. XaviAgungKlaten
MURAI BATU
1. MarvelH. MansyurMuntilan
3. FirdausYudi SuciptoAksi Kartasura
CUCAK JENGGOT
1. DeepcollectorH. MansyurMuntilan
3. Sri GenterAnasNaswa Mobil Sedan

NB: Dalam beberapa tabel ada beberapa angka yang tidak urut. Hal ini dikarenakan tidak semua pemenang menyerahkan datanya kepada panitia, sebagaimana dijelaskan dalam berita di atas.

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

10 Comments

  1. Untuk menjadi lebih baik perlu banyak belajar…….pertahankan fairplay… sambut peserta dengan senyum… dan manjakan dengan fasilitas…. Josss….

  2. Maju terus Masden…….sapa dan fasilitasi peserta, buat “kemasan” yang berbeda, khas TKKM, sehingga peserta semakin “deket”, yang penting penjurian jangan sampe “mblender”. Sukses selalu Masden……….

  3. “Sepi Ing Pamrih…… Rame Ing Gawe”, selamat TKKM Yogyakarta, kita galang para kicaumania untuk menikmati gelaran Raboan di Taman Kuliner Condong Catur, Sleman.., …maju terus….

  4. mantap fasilitas ditamn kuliner jogja sekarng dh beda drastis dan mulai tertata rapi pertahankan dan semoga makin majuz.sukses untuk tkkm

    • Sayangnya kita tidak punya reporter di sana Om, dan juga belum ada kawan yang bantu kirim berita plus fotonya. Kalau Om bersedia, bantu dong kirim bahannya ya Om atau tolong sampaikan ke teman-teman EO untuk mengirim brosur/ rencana lomba dan hasil lombanya.
      Terima kasih.

      • Iya Om saya coba usahakan untuk mengirim bahan sama foto setiap a∂a̲̅ gelaran lomba di Curup,malah rencananya tanggal 25 bulan ini a∂a̲̅ juga lomba

        • panitia lebih tegas lagi dalam mengawasi lomba..
          jgn smp ada yg menyebutkan nomer gantangan, bisa bikin pecah konsentrasi dalam penilaian.. kalo perlu yang nyebutin no gantangan di diskualifikasi.. cuma saran om..hehe

Komentar ditutup.