Blaik! Ekek geling jawa tinggal 249 ekor

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Populasi burung ekek geling jawa (Cissa thalassina) memang terus menipis. Tetapi kabar terbaru dari Bird Conservation Officer Burung Indonesia, yang menyebutkan populasinya diperkirakan tinggal 249 ekor, benar-benar mencemaskan kita sebagai penggemar dan penyayang burung. Itu berarti ekek geling jawa sudah berstatus kritis, atau berada di awal kepunahan. Rusaknya habitat alami dan makin maraknya penangkapan liar membuat burung endemik Pulau Jawa ini terancam punah.

Ekek geling jawa mempunyai habitat di areal kaki bukit atau kawasan hutan dengan ketinggian  500- 2.000 meter dari permukaan laut. Namun ada juga yang mendiami dataran rendah, kawasan pertanian, serta tepian hutan.

Upaya pelestarian terus dilakukan, antara lain dengan menempatkan kawanan burung ini di Taman Nasional Gunung Merapi, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Selebihnya mendiami hutan-hutan di kawasan selatan Parahyangan. Namun, ya itu tadi, total populasinya diperkirakan hanya 249 ekor.

Menjadi spesies tersendiri

Dulu, ekek geling jawa masih dianggap sebagai subspesies dari burung ekek geling (short-tailed magpie), yang tersebar di Jawa dan Kalimantan. Dalam penelitian terungkap bahwa keduanya merupapakan spesies yang berbeda.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Karena itu, burung yang ada di Jawa dinamakan ekek geling jawa, sedangkan di Kalimantan disebut ekek geling borneo (Cissa jefferyi).

Menurut Bas Van Balen, ahli perburungan dari Belanda, pemisahan ini berdasarkan hasil studi atas perbedaan suara (dengar dan download suara ekek geling disini), morfologi, dan variasi bulu dari kedua jenis ekek geling di Jawa dan Kalimantan.

Ironisnya, nasib ekek geling jawa tak seberuntung ekek geling borneo. Populasi di Kalimantan terbilang masih aman, dengan perkiraan sekitar 10.000 ekor, dan sering ditemukan di hutan-hutan pegunungan Sabah (Malaysia) dan Brunei. Statusnya masih Least Concern / LC atau Risiko Rendah.

Menurut Perhimpunan Pelestari Burung Liar Indonesia, yang berkantor pusat di Jl Dadali Kota Bogor, secara keseluruhan tahun ini terdapat 126 jenis burung yang terancam punah, dengan rincian 19 spesies berstatus Kritis (Critically Endangered / CR), 33 jenis berstatus Genting (Endangered / EN) dan 74 jenis tergolong Rentan (Vulnerable / VU).

Dalam kaitan itu, Dwi Mulyawati dari Bird Conservation Officer Burung Indonesia dalam rilisnya mengatakan, perlu diupayakan perlindungan terhadap ekek geling jawa, baik dengan menjaga kelestarian hutan alam Jawa, maupun sosialisasi kepada masyarakat, agar populasinya bisa terpelihara.

Usulan Om Kicau

Om Kicau mengusulkan, bagaimana apabila 10 ekor ekek geling jawa dari populasi yang ada diserahkan kepada para penangkar berpengalaman (banyak lho kicaumania di negeri ini yang berpengalaman dalam penangkaran burung).

Hasil penangkaran bisa disepakati sejak awal. Dalam 5 tahun pertama, misalnya, 2/3 anakan dilepasliarkan ke alam bebas dan 1/3 dipertahankan di penangkaran. Setiap penangkar yang dipercaya wajib membina 1-3 penangkar lainnya, dengan bahan dari hasil penangkarannya.

Pada lima tahun kedua, porsinya bisa diubah menjadi 50 : 50. Jadi jumlah yang dilepasliarkan dan yang ditangkar berimbang. Dengan cara ini, ekek geling jawa tetap lestari, dan penggemar burung pun kelak bisa menikmati suaranya atau sekadar dijadikan burung master.

Proses penyelamatan burung yang berstatus kritis dengan melibatkan penangkar burung juga sudah cukup berhasil untuk jalak bali. Di Australia dan Selandia Baru, upaya pelestarian burung langka dengan merangkul penangkar juga kerap membuahkan hasil, termasuk gould amadine yang dulu pernah nyaris punah.

Kalau sekadar imbauan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan di Jawa, apalagi sekadar sosialisasi, siapa bisa menjamin burung ekek geling jawa bisa terselamatkan.

Semoga bisa menjadi renungan bagi pengambil kebijakan di instansi yang berkompeten.
Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. saya setuju om. dirumah ada satu hasi beli dari PB Pramuka. waktu saya beli, tinggal satu2nya. makanya saya ngotot beli walaupun kena 500ribu (wal ditawarkan 700ribu), karena baca ini burung langka…
    beberapa minggu kemudian, saya maen lagi ke PB Pramuka, eh di kios yang sama ada stok sampe 5 ekor, 3 dikandang yang kecil2 (batere), 2 digantang. saya jadi bertanya2, kok masih ada aja suplynya, katanya kritis, hiks…masa saya harus borong itu semua…

    btw, yang mana jantan dan betinanya ya om, kalo bisa mohon info, saya akan beli jenis kelamin yang lawannya biar bisa kawin

    • hehehe .. itu mungkin ekek keling borneo om, klo ekek geling jawa memang sudah langka tidak akan ditemukan dipasar burung karena dihabitatnya sendiri sudah kritis kondisinya, bedanya dari warna matanya om klo ekek keling jawa warna matanya coklat, dan bulu hijaunya tidak secerah yang kalimantan.. jantan dan betina ada yang melihat dari warna bulu dipunggung dan sayap om, kalau burung jantan warnannya cerah dan terang kalau betina kusam.. selamat hunting om, semoga sukses breeding eke gelingnya

  2. dua hari LALU,…..saya menjumpai Ekek geling….mungkin Ratusan dalam SATU kandang dan HARGA nya murah sekali.Saya ditawarkan 100 – 150 ribu rupiah…Harga Jadi.Cantik n Ganteng dan nampak SEHAT………
    Apa KITA borong…..dan BUKA kandang nya……..,kasiann.

Komentar ditutup.