Benda sekepalan tangan itu selalu di dekat murai Happy Birthday

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kelebihan dan keistimewaan murai batu Happy Birthday (HB) milik Akia atau Herjohan dari Jambi sudah tidak diragukan lagi. Hampir setiap kali digantung, selalu nampil. Prestasi demi prestasi pun selalu diraihnya, sebagaimana sering ditulis di omkicau.com. Bagaimana perawatan juga pernah ditulis di sini. Namun ada satu lagi hal yang alpa dikabarkan, namun cukup penting bagi penampilan dan terutama menyangkut materi lagu yang ditampilkan saat HB turun gelanggang. Apakah itu?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Akia Jambi - Happy Birthday
Akia Jambi dan Happy Birthday

Saat turun di Bupati Bandung Barat Cup (18/11), Om Kicau yang merasa penasaran mencoba mendekati Akia, dan melihat bagaimana dia merawat dan memperlakuan murainya menjelang tampil. Nah, di situ terlihat ada sesuatu yang unik dan tampak tidak biasa, atau tidak dijumpai pada burung-burung murai lainnya. Pada bagian atas sangkar, di atas kerodong, selalu tergantung sebuah benda seukuran kepalan tangan orang dewasa.

Setelah didekati, benda itu ternyata mengeluarkan suara burung cililin. Ketika dikonfirmasi kepada Akia, elektronik master yang diisi card memory suara burung cililin itu memang selalu bersanding bersama HB. Saat burung dimandikan, atau menjelang burung digantang, barulah alat itu dimatikan dan dilepas dari sangkar.

“Di rumah atau di mana saja, selama burung dikerodong, selalu saya perdengarkan suara ini. Jadi, ketika tampil di lapangan pun menjadi lagu andalan yang tidak ia lupakan,” ujarnya kepada Om Kicau. Dengan kata lain, HB selalu “diindoktrinasi” dengan suara dari master elektronik yang selalu didengarnya. Karena bisa dibilang tak mendapat kesempatan mendengar atau mempelajari suara burung lainnya, maka lagu-lagu itulah yang kemudian dihapal dan dimainkan saat bertarung.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

akia dan electric master
Inilah electric master berisi suara cililin yang setia menemani MB Happy Birthday

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

akia bersiap menggantang
Akia bersiap menggantang HB

Akia juga memilih tempat istirahat yang cukup jauh dari lapangan, untuk menghindari HB mendengarkan suara burung-burung lain, terutama sesama murai batu, atau jenis burung lain yang suaranya menggoda dia untuk bertempur.

Setelah ada panggilan dari MC, Akia pun segera mendekat ke lapangab. Tapi kerodong baru benar-benar dibuka menjelang burung digantang, setelah sebelumnya mematikan dan melepaskan gantungan master elektronik tersebut.

Di Bupati Bandung Barat Cup, prestasi HB sesungguhnya cukup bagus, yaitu sekali juara 1 dan nyeri juara 2. Akia sendiri merasa, pada sesi kedua atau kelas utama H Abubakar, Happy Birthday layak memperoleh prestasi yang lebih bagus. Tetapi apa mau dikata, juri memutuskan HB di peringkat kedua di bawah Pelor Mas. (Waca-Jogja)

HAPPY BIRTDAY & BUKTI SUPRESMASI JUARA
Akia bersama dua jagoannya: anaknya dan murai Happy Birthday

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

9 Comments

  1. Murai HB punya akia memang bagus,
    Tpi bagus atau tidak kerja burung di lapangan yaa tergantung kepintaran si pemilik dalam memaster si burung,,, tuh berarti Akia memang jago dalam memaster si murai HB,, Coba kalo eloe2 yg jadi juragan si Murai HB? ? ? ? Hahahah gue yakin deh and percaya 100% tuh murai bakal melempem,, wkwkwkwk
    intinya adalah kalau pun kita punya murai dengan materi bagus (istimewa) tpi kita sebagai pelatih plus perawat (sdm di bawah rata-rata) akhirnya tetap aja tuh murai gak jadi bagus,

Komentar ditutup.