Kemampuan luar biasa conure dalam berkomunikasi

Thorsten Balsby, peneliti dari University of Asrhus, bersama beberapa rekannya dari University of Copenhagen Denmark, menemukan fakta menarik mengenai kemampuan luar biasa yang dimiliki burung conure berdahi oranye (Aratinga canicularis). Apa sih luar biasanya? Rupanya anggota burung paruh bengkok (parbeng) ini mengikuti suara apapun yang didengarnya, baik di alam bebas maupun yang tinggal dalam sebuah penangkaran.

burung yang dipanggil dengan suara tiruannya sendiri merespon lebih cepat dibanding dipanggil dengan suara lain

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal PloS One, conure berdahi oranye ini kemungkinan telah mengembangkan kemampuannya ini agar bisa berkomunikasi dengan lancar dengan individu tertentu dalam kelompoknya.

Para peneliti juga menyebutkan, conure di alam bebas hidup bersama koloni yang dinamis, di mana setiap individu bisa keluar-masuk dari dan ke koloni tersebut, kapan pun mereka mau. Dengan demikian, masing-masing burung tiap hari akan bertemu dengan individu yang berbeda.

Dari pengamatan tersebut, terungkap bahwa setiap individu conure memiliki suara panggilan berbeda-beda, baik di alam bebas maupun di penangkaran tempat penelitian itu dilakukan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Burung conure yang mendengar suara tiruan panggilan mereka sendiri merespons lebih sering dan lebih cepat terhadap panggilan dari burung lain yang menirunya dibandingkan dengan burung yang dipanggil namun bukan dengan suara tiruannya.

Dari pengamatan ini, para peneliti mengindikasikan conure telah mengembangkan kemampuannya ini sebagai mimik, sehingga mereka bisa “memulai pembicaraan” dengan burung tertentu dalam koloninya, dengan cara mengikuti suara panggilan burung yang dituju tersebut.

Kalau diperhatikan dari beberapa penelitian mengenai burung paruh bengkok, ada banyak kesamaan di mana mereka (mulai dari kakatua, cockatiel, nuri, beo, hingga lovebird), memiliki kecerdasan di atas rata-rata bangsa burung lainnya.

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.