Latber Pos Jakal masih eksis, digelar setiap Rabu dan Minggu

Karena sepi dari publikasi, banyak warga Jogja yang tidak tahu kalau di bilangan Jalan Kaliurang Km 7 ada latber rutin setiap Rabu dan Minggu sore. Apalagi jika Anda warga luar Jogja, tentu makin asing dengan gelaran tersebut. Namanya New Pos Jakal, reinkarnasi dari Pos Jakal yang sebenarnya termasuk latber yang umurnya “cukup tua”.

Bagi warga Jogja, Jakal merupakan akronim dari Jalan Kaliurang, salah satu jalan raya terpadat di Jogjakarta, karena merupakan akses keluar dan masuk dari kawasan wisata Kaliurang. Km 7 (dihitung dari Tugu Jogja) menandakan kawasan ini hanya beberapa ratus meter sebelah utara perempatan Jalan Kaliurang dan Jalan Lingkar Utara.

Kicaumania setempat lebih mengenalnya sebagai Sengkan: nama kampung tempat latihan ini digelar. Letaknya di sebelah timur Pasar Colombo. Lokasi ini juga mudah diakses dari Condong Catur, Kecamatan Depok, Sleman, kawasan di mana dua latber lainnya digelar: KMYK dan TKKM (Raboan).

Suasana Latihan di Pos Jakal
Suasana Latihan di Pos Jakal

Keberadaan Pos Jakal bisa disejajarkan dua latber perintis di Jogja, yaitu latber Monumen Jogja Kembali (Monjali) dan Singosaren. Embel-embel New di depan nama Pos Jakal menunjukkan adanya semangat kebaruan dari pihak penyelenggara.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Meski Pak Tri yang dituakan masih aktif, namun kaderisasi berjalan dengan baik. Sejumlah pegiat muda Pos Jakal tampak aktif, mulai dari panitia yang mengurusi pendaftaran, hingga bagian lapangan serta juri yang menilai burung.

Pegiat Pos Jakal
Pegiat Pos Jakal: Generasi Penerus Siap Beraksi

Hari Minggu (25/11) kemarin, dalam cuaca yang cukup cerah, omkicau.com kembali menyambangi tempat latihan ini. Sekitar pukul 15.00, para peserta mulai berdatangan, tapi baru benar-benar kumpul menjelang pukul 16.00.

Sesi pertama dibuka dengan kelas pleci, yang diikuti sekitar 25 peserta. Menyusul kemudian sesia kacer, cucak hijau, cendet, lovebird, ciblek, dan lainnya. Peserta untuk setiap sesi rata-rata di atas 20, kecuali ciblek  dan kenari.

Jumlah tersebut sesungguhnya cukup ramai, untuk ukuran latihan biasa. Biasanya, latber makin ramai pada hari Minggu pekan kedua. Buat kicaumania Jogja dan sekitarnya, silakan mencoba gelaran ini tiap Rabu dan Minggu. New Pos Jakal masih ada dan tetap eksis! (Waca-Jogja)

Salam sukses untuk Anda, salam sukses dari Om Kicau.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.