Ulat bambu untuk meredam cendet over birahi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Ulat bambu atau cangkilung atau cilung biasanya dijadikan pakan hidup bagi ikan. Sebagian pemancing juga kerap menjadikannya sebagai umpan. Belakangan, beberapa penggemar cendet juga menggunakan ulat bambu, terutama untuk menurunkan over birahi (OB).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ulat Bambu
ULAT BAMBU

Cendet yang mengalami OB memang bisa menjengkelkan, tidak peduli di rumah maupun di arena lomba. Pernah ada kejadian, di mana cendet yang birahinya memuncak di arena lomba, terlihat sering turun di dasar sangkar, seperti mengejar-ngejar juri yang sedang memberikan penilaian.

Untuk mencegah kejadian tersebut, Anda bisa memberikan ulat bambu beberapa saat sebelum burung digantang. Kondisi OB sebenarnya tidak menguntungkan bagi cendet itu sendiri, sebab ia akan menjadi galak dan sangat agresif, yang membuat energinya cepat terkuras, sehingga malah tidak fokus untuk mengeluarkan suara terbaiknya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dalam beberapa kasus, ada juga cendet ketika sedang mengalami over birahi lebih sering diam dan hanya diam mondar-mandir atau naik-turun dari tangkringan dan dasar sangkar.

Kandungan nutrisi ulat bambu

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kandungan NutrisiPersentase (%)
Protein15,70
Lemak22,19
Serat kasar7,69
Air61,73
Karbohidrat

Selain cendet, ulat bambu juga digunakan sebagian penggemar anis merah dan anis kembang, terutama saat burung mengalami masa molting atau mabung sebagai tambahan nutrisi selama masa mabung. Ulat bambu juga sering diberikan kepada burung yang terlihat kurus.

Namun, perlu diingat, ulat bambu memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Pemberian ulat bambu tidak boleh terlalu banyak, dan tidak perlu dilakukan setiap hari.  Jika diberikan setiap hari bisa berpotensi menimbulkan kegemukan, sehingga menjadi malas-malasan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

6 Comments

  1. ane mau nanya om, maaf ya nie sekitar tuk murai batu, ane baru dapet kmaren dari muda hutan masih liar dan juga belum bunyi ngeplong perawatan udah ada 6 bulan , gak mau ngeplong cuman ngriwik aja waktu kondisi sepi gak ada orang,,”SINGKAT KATA’ supaya MB sy cepat ngeplong gmana ya om caranya ..ane tunggu jawabanya om .. makasih.

    ________________________________

    • jangan pelit kroto, bisa diberikan setiap hari secukupnya. dan rawat bakalan memang kudu sabar, jika mentalnya baik akan ngeplong atau gacor, namun jika mentalnya payah bisa 1-2x ngurak baru mau bunyi.

Komentar ditutup.