Burung imut berhelm ini bernama madi injap – suaranya ajib !!!

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sepintas lalu, burung madi injap atau long-tailed broadbill (Psarisomus dalhousiae) seperti burung yang sedang mengenakan helm. Banyak fotografer kawakan dari kalangan bird watcher dibuat bingung dengan hasil jepretan kameranya: kok kayak gambar kartun? Selain cantik dan imut, burung ini juga memiliki suara yang ajib! Madi injap saat ini termasuk salah satu jenis burung kicauan yang banyak dicari penggemar burung di Thailand, dan termasuk dalam kategori burung lomba. Madi injap memang banyak dijumpai di hutan-hutan di Thailand.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tetapi jangan salah sangka! Penamaan madi injap itu sendiri sudah menunjukkan spesies ini juga ada di Indonesia, khususnya Pulau Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dalam wikipedia versi Inggris disebutkan, long-tailed broadbill hidup di kawasan hutan Pegunungan Himalaya (Tibet dan India), Asia Tenggara, dan Indonesia.

tampangnya lucu seperti memakai helm
MADI INJAP: Burung endemik di Pegunungan Himalaya, Asia Tenggara, dan Indonesia terutama Sumatera.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Kekontrasan warna bulu tubuhnya mengingatkan kita pada gould amadine. Antara warna yang satu dan warna lainnya seperti memiliki batas yang tegas, alias tanpa gradasi.

Bagian kepala hitam legam, dengan noktah putih di dekat cuping telinga. Tetapi bagian pipi dan dagunya berwarna kuning, dengan warna hijau pupus di daerah yang berbatasan dengan pangkal paruh. Paruhnya sendiri berwarna krem.

Bagian atas (punggung) dan bawah (dada – perut – kloaka) berwarna hijau menyala. Namun sayapnya berwarna hijau tua, memberikan paduan warna yang sensasional. Antara punggung atas yang berwarna hijau menyala dan kepala yang berwarna hitam, terdapat garis putih yang melingkar, menambah kecantikan burung madi injap.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pangkal ekor mengikuti warna bulu dominan, yaitu hijau menyala, tetapi bulu-bulu ekornya hijau tua, bahkan lebih gelap dari warna sayapnya. bentuk kepalanya sangat unik dan tidak terbayang kalau burung yang indah ini ada di negara kita, pasti akan jadi buruan semua orang untuk memilikinya karena keunikannya tersebut.

Dengar suara dan lihat videonya

Jika Anda penasaran, silakan dengar suara atau lihat tayangan video berikut ini yang direkam dari habitat aslinya.

  • VIdeo madi injap dengan sarangnya
  • Video lainnya
  • Suara burung madi injap

Oh ya, Anda juga bisa melihat suara dan video versi lain yang pernah diekspose omkicau.com di sini.

Salam sukses dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. Saya punya 1 om, dirmh sdh poor total, sy dapet didaerah bukit kemuning lampung,
    Disana dikenal dgn nama burung plastikan, suara memang ajib,
    Ngeriwiknya kadang2 ngeroll jg, hobi banget yg namanya jangkrik

Komentar ditutup.