Waduh, pleciku mabung! Gimana perawatannya?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Jika menjumpai pleci kesayangan Anda mabung, nggak usah cemas, nggak usah panik. Tips berikut ini bisa membantu Anda dalam melakukan perawatan terhadap pleci mabung, menjaga kondisinya tidak terlalu drop sebagai pengaruh alamiah terhadap burung mabung, sekaligus memastikan bulu-bulu lama rontok semua, dan bulu-bulu baru tumbuh dengan mengkilap dan rapi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

RAWATAN YANG TEPAT CEGAH MABUNG MACET
RAWATAN YANG TEPAT CEGAH MABUNG MACET

Perawatan terhadap pleci mabung memang sedikit berbeda dari perawatan mabung seperti yang biasa diberikan terhadap burung-burung yang berukuran lebih besar. Burung imut ini juga membutuhkan ketenangan pada masa molting atau ngurak tersebut.

Sewaktu mengalami rontok bulu untuk pertama kalinya, cobalah sangkar dikerodong penuh, lalu digantang pada ruangan yang gelap namun tetap memiliki ventilasi udara yang baik. Jadi, jangan disimpan dalam ruangan tertutup.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Selama masa mabung, berikan makanan yang kaya protein untuk membantu merontokkan bulu-bulu lamanya, sehingga proses mabung bisa berjalan lebih cepat dan sempurna. Protein tinggi diperlukan terutama untuk pembentukan bulu-bulu baru, sebab bulu-bulu burung terbuat dari salah satu jenis protein, yaitu keratin.

Untuk memastikan kecukupan keratin, sehingga dapat mempercepat proses perontokan bulu, maka begitu melihat tanda-tanda burung akan mabung segera berikan BirdMolt Pre. Jika burung terbiasa dipegang, pemberian suplemen ini bisa dilakukan dengan cara diteteskan langsung ke mulut pleci.

Jika pleci tidak terbiasa dipegang, jangan paksakan memberikan suplemen ini seperti cara di atas. Solusinya, Anda bisa mengoleskan beberapa tetes BirdMolt Pre ke buah dan kroto. Bisa juga dengan menyuntikkan suplemen ini ke tubuh jangkrik, kemudian jangkrik diberikan kepada momongan imut Anda.

Tujuan utama terapi di atas adalah mempercepat proses perontokan bulu-bulu secara tuntas, sehingga kondisi burung bisa cepat fit. Jika rontok bulu tidak tuntas, alias nyulam, maka dapat diibaratkan dengan kondisi tubuh manusia yang nggreges. Mau apa-apa tidak enak, bahkan mau tiduran pun nggak enak.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selama masa mabung, pleci jangan digantung dengan koloninya (pleci lain) atau membawanya ke arena latihan atau lomba. Jika nekat melakukannya, proses mabung menjadi lebih lama dan terganggu.

Hal ini terjadi karena setiap mendengar ocehan pleci yang lain, kadar testosteronya otomatis meningkat, ketika kemampuannya untuk berkicau sebenarnya melemah. Akibatnya, bulu-bulu lama yang mestinya rontok justru menguat kembali, sehingga proses mabung sedikit macet. Hal inilah yang kerap terjadi pada burung yang proses rontok bulunya nyulam.

Ok, saya anggap Anda tidak mendekatkan pleci dengan pleci-pleci lain. Setelah bulu-bulu baru mulai tumbuh, pola pemberian makanan seperti pada masa awal mabung tetap dilanjutkan. Tapi terapi suplemennnya agak berbeda, yaitu BirdMolt Post, dengan cara pemberian sama seperti penjelasan sebelumnya.

BM-Post mengandung multivitamin, multimineral, zat stimulan, penambah energi, dan ATP yang efektif untuk membantu menormalkan kondisi burung pasca-mabung. Seperti diketahui, banyak pleci yang mendadak mogok bunyi, ngantukan, maupun mentalnya drop setelah melewati masa mabung.

Selain menghilangkan semua kondisi yang tidak diharapkan di atas, BM-Post juga memastikan bulu-bulu baru akan tumbuh rapi serta kembali mengkilap (tidak kusam). Dalam berbagai riset, bulu kusam ternyata mempengaruhi performa suara dan psikis burung. Saya menduga, hal ini seperti manusia yang tidak pede berjalan jika pakaiannya lusuh atau rambut tidak disisir rapi.

Nah, setelah semua bulu mulai rapi dan tidak kusam lagi, Anda bisa menjalankan kembali pola perawatan harian seperti masa-masa sebelum mabung. Dan, silakan bawa momongan imut ini jalan-jalan ke arena latber atau lomba.

Salam sukses dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

6 Comments

  1. omkicau, untuk pemberian kroto ada EF alternatif lainnya nggak? soalnya di daerah saya sulit cari/beli krotonya. . .mohon tanggapannya

    • klo bulu halus yang mulai berjatuhan itu tanda mau mabung dan biasanya juga ditandai dengan munculnya bulu seperti rambut di tubuh pleci .

  2. bener bgt,,pleci ane jg mabung sampe ga bisa naik tangkringan …mau ga mau tmpt makan and minum ditaruh dibawah,,alangkak baiknya utk kicau mania beri full kroto utk pleci kesayangan kita karna kroto bikin pleci kta tetep healty and makin gacor walau mabung..slamat mencoba

Komentar ditutup.