Crop needle, peranti penting untuk penangkaran burung

Para penangkar burung yang sudah terbiasa melakukan handfeeding (pelolohan) untuk piyik-piyik sebelum masa sapih umumnya sudah mengenal peralatan ini. Namanya crop needle, yang bisa digunakan untuk meloloh makanan atau memasukkan material obat / suplemen burung. Sebagian penangkar di Indonesia mungkin lebih akrab dengan istilah spuit (spet) antikarat. Apapun namanya, untuk menambah pengetahuan kita bersama, artikel kali ini khusus membahas crop needle, termasuk cara penggunaannya.

Bentuk Jarum lurus dan lengkung
CROP NEEDLE DENGAN SPET LURUS (KANAN) DAN MELANGKUNG.

Crop needle adalah sebuah spet berbentuk lurus atau melengkung, terbuat dari bahan stainless, dengan bagian ujung tumpul. Peranti ini dapat digunakan untuk menyuntikan obat-obatan (burung segala usia) atau memberi makanan langsung ke tembolok anakan / piyik burung. Melalui alat ini, Anda pun bisa melakukan handfeeding secara lebih mudah, dalam rangka meningkatkan produktivitas indukan.

Penggunaan crop needle tidak akan membahayakan burung, atau membuat burung stres, karena sudah banyak digunakan dan direkomendasikan para penangkar maupun dokter hewan di seluruh dunia. Hanya saja, untuk menggunakannya secara aman, Anda perlu mengikuti aturan bakunya.

Cara menggunakan crop needle

  • Sebelum digunakan, sebaiknya spet dicelupkan dulu dalam air hangat, untuk melumasi bagian dalam dari lubang spet tersebut. Tanpa penghangatan, dikhawatirkan suhu stainless yang dingin akan mengejutkan bagian tembolok (crop) pada burung.
  • Pegang burung dengan tangan kiri dalam posisi menggenggam. Berikan sedikit tekanan pada tembolok agar sewaktu spet mulai dimasukkan bisa langsung terasa oleh jari.
CARA MEMEGANG BURUNG ( avianweb )
CARA MEMEGANG BURUNG ( Foto :  Avianweb )
CARA MENGGUNAKAN CROP NEEDLE
CARA MENGGUNAKAN CROP NEEDLE
  • Spet yang sudah diisi obat / suplemen burung, atau bahan makanan, di masukkan pelan-pelan ke dalam paruh, bisa melalui sisi kiri atau kanan dari paruh burung. Dengan jari tangan kiri yang menggenggam burung. Anda bisa merasakan sampai spet berada di bagian tembolok.
  • Tekan bagian suntikan (syringe) sehingga obat atau makanan perlahan-lahan tertekan ke bawah, masuk sampai ke tembolok. Setelah material yang diinjeksikan habis, spet diangkat pelan-pelan dan burung pun bisa dikembalikan ke sangkar / kandang.
croptubefeeding
(Gambar forum.backyardpoultry.com)

Untuk melihat langsung praktik handfeeding, silakan simak aplikasinya pada anakan lovebird dalam video berikut ini:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dalam beberapa hal, pemberian obat / suplemen untuk burung jauh lebih efektif menggunakan crop needle daripada pemberian melalui obat / suplemen yang dilarutkan dalam air minum. Mengapa? Sebab burung mengkonsumsi air minum relatif sedikit, kecuali sebangsa merpati, perkutut, puter, dan derkuku. Tak hanya itu, burung sakit atau kondisinya lemah sangat sulit mengkonsumsi air, sehingga penggunaan crop needle dianggap jauh lebih efektif.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. Toko di mana itu ? Kota mana? Nama tokonya? Saya keiling madiun dan sekitarnya tdk ketemu2 crop needle. Bisa pesenkah? Atau bisa minta tlp toko yg jual crop needle? Thx

    • modelnya ada macam2 om, yang ada dipasaran kita mungkin lebih dikenal dengan sebutan crop tube, syringe dsb. sedangkan untuk crop needle ini biasanya hanya tersedia di toko-toko alat pertanian dan peternakan yang lengkap.

  2. mlm om… Pengen tanya.
    di toko apa kita bisa bli crop needle om?
    Apakah spet tsb memang dkhususkan buat burung?
    Kalo untuk jarum suntiknya apakh bisa seperti yg dipake dokter, atau harus ada khusus diameter nya?

    • Biasanya dijual ditoko obat-obatan khusus unggas om, memang dikhususkan untuk burung dan unggas makanya ujung jarumnya berbentuk bulatan seperti bola, jadi tidak akan melukai tenggorokan burung, untu diameter tentu saja beda ukuran beda burung sebagai patokan untuk burung kenari/finch menggunakan ukuran 18 dan parkit / lovebird ukuran 14-16.

Komentar ditutup.