Egg food sebagai pengganti kroto: Studi kasus burung tledekan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagian penangkar burung tledekan (Niltava grandis) di Eropa, khususnya di Belgia, sejak lama sudah menerapkan pemberian makanan berupa egg food kepada burung piaraan mereka. Dalam hal ini, egg food tetap difungsikan sebagai makanan tambahan (extra fooding) pada burung pemakan serangga seperti tledekan atau sulingan, atau bisa dikatakan sebagai pengganti kroto. Di Eropa, tledekan disebut sebagai greater niltava, ada juga yang menyebutnya large niltava. Kalau tledekan bisa, kemungkinan besar burung pemakan serangga lainnya juga bisa. Bagaimana pula dengan burung berkicau pemakan non-serangga?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

GREATER NILTAVA
GREATER NILTAVA

Selama ini, egg food lebih sering diterapkan pada burung kenari, finch, dan keluarga paruh bengkok seperti lovebird, parkit, dan burung palek (cockatiel). Ketika para penangkar di Eropa lazim memberikan egg food untuk tledekan, sebagai pengganti kroto, ini yang menarik untuk dicermati.

Konteksnya bukannya kita ingin mengganti kroto dengan jenis pakan lain. Bagaimana pun, kroto sejak dulu terbukti menjadi extra fooding (EF) paling efektif untuk burung berkicau, dan sebagian besar burung ocehan sudah sangat adaptif dengan telur semut rangrang tersebut. Jadi, penggunaan egg food di sini sebenarnya sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kelangkaan kroto di musim hujan.

Memang ada sedikit perbedaan dalam perawatan tledekan di negeri kita dengan Eropa. Kita jarang sekali memberikan buah berry (mahal bro…), sementara penangkar di Eropa kerap memberikannya terutama di musim dingin. Ini bukan persoalan besar, karena buah berry memang kurang popular di sini.

Yang lebih penting adalah tledekan merupakan burung yang murni pemakan serangga (insectivora). Maka, beberapa jenis serangga jangkrik, ulat hongkong, dan ulat bambu harus diberikan dalan kondisi hidup untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Karena itu, ketika membuat egg food, bahan pakan dari serangga tetap dimasukkan atau dicampur dengan telur. Ramuan ini ternyata mampu membuat burung tledekan, baik dalam perawatan biasa maupun dalam penangkaran, menjadi lebih aktif dan produktif. So, tidak ada salahnya kita mencobanya sendiri di rumah.

Resep egg food untuk tledekan

  • Siapkan telur rebus yang sudah matang, kemudian ditumbuk halus atau diblender bersama beberapa jenis serangga, sehingga menjadi butiran lembut.
  • Akan lebih baik lagi jika menggunakan serangga yang sudah dikeringkan. Tepung jangkrik instan yang kini banyak dijumpai di pasaran juga sangat bagus
  • Jika adonan masih terasa kasar, silakan dilunakkan atau dilembabkan dengan cara menambahkan tahu atau juga susu.
  • Sekarang makanan olahan sudah menjadi serbuk dan bisa diberikan langsung kepada tledekan sebagai pengganti kroto, terutama ketika kita kesulitan memperoleh kroto di pasaran.
BLENDER SELURUH BAHAN HINGGA MENJADI BUBUK
BLENDER SELURUH BAHAN HINGGA MENJADI BUBUK

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dari sini kita berpikir, burung tledekan mau mengkonsumsi egg food. Pleci juga mau menyantap makanan ini, bahkan omkicau.com sudah membeberkan resep pembuatannya di sini. Lalu, bagaimana jika egg food diberikan kepada burung pemakan serangga lainnya seperti murai batu atau ciblek?

Melihat kandungan gizinya yang relatif berimbang dengan kroto, kemungkinan besar jenis burung pemakan serangga lainnya juga mau. Mungkin Anda mau mencobanya sebagai makanan tambahan saja, dan bukan sebagai pengganti kroto ?

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

  1. mantab om artikelnya, saya dah lama menambahkan telur puyuh pada burung ciblek sbg pengganti kroto, ternyata tuh ciblek cukup doyan, cukup setengah butir tuk 2 hari.

Komentar ditutup.