Membuat kandang karantina untuk burung sakit

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

morning-300x225Jika Anda seorang penangkar burung, atau pemilik beberapa ekor burung, sangat dianjurkan untuk memiliki kandang karantina. Selain berfungsi untuk merawat burung yang sakit, keberadaan kandang karantina juga berfungsi mengisolasi burung tersebut agar tidak menular kepada burung-burung lain yang masih sehat. Artikel kali ini membahas cara membuat kandang karantina, sebagai bagian dari manajemen kesehatan dalam penangkaran dan / atau pemeliharaan burung secara baik dan benar.

Kandang karantina juga dapat digunakan untuk memastikan apakah burung yang baru dibeli dalam kondisi stres, sakit, atau sehat. Idealnya semua burung yang baru dibeli, terutama burung bakalan, harus dipelihara dulu dalam kandang karantina. Amati selama 1-3 hari untuk melihat aktivitasnya. Dari aktivitas inilah, kita bisa memastikan apakah burung dalam keadaan sehat atau tidak.

Karena fungsi utamanya sebagai tempat pengobatan burung yang sakit, kandang karantina harus dibuat berbeda dari kandang biasa. Dalam kondisi fisik yang lemah, maka kandang yang hangat akan sangat membantu burung yang sakit.

Bentuk dari kandang karantina yang digunakan bisa bermacam-macam, ada yang menggunakan kandang berjeruji besi, jeruji bambu, menggunakan kandang akuarium, atau kandang khusus hewan piaraan lainnya

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Coba perhatikan beberapa model kandang karantina seperti pada gambar di bawah ini. Sebagian kandang menggunakan lampu, sebagian lagi mengandalkan kerapatan dinding untuk memberikan suasana hangat.

BERBAGAI JENIS DAN TIPE DARI KANDANG KARANTINA
BEBERAPA MODEL KANDANG KARANTINA

Nah, di sini kita akan membuat kandang karantina menggunakan kandang jeruji besi yang sering digunakan untuk memelihara burung parkit atau lovebird.

BAHAN YANG DIGUNAKAN : SANGKAR, HANDUK LEMBUT DAN LAMPU
BAHAN PEMBUATAN KANDANG KARANTINA: SANGKAR JERUJI BESI, HANDUK LEMBUT, DAN LAMPU

Bahan baku

  • Kandang / sangkar dengan rangka dan jeruji besi. Lebih baik lagi jika tempat penampungan kotorannya berbentuk seperti laci. Jika situasi dan kondisi belum memungkinkan, kandang dengan rangka dan jeruji bambu juga bisa digunakan.
  • Beberapa handuk kecil atau bahan kain lainnya.
  • Lampu bohlam 10 Watt yang sudah dirangkai dan siap digunakan.

Cara pembuatan kandang karantina

  1. Pasangkan lampu bohlam di bagian atas kandang. Lampu ini berfungsi untuk memberikan kehangatan lepada burung yang sakit.
  2. Masukan handuk kecil atau bahan kain lainnya, atau bisa juga menggunakan tisu, ke bagian bawah / lantai kandang. Usahakan semua bagian lantai kandang tersebut oleh handuk, dengan ketebalan yang cukup.
  3. Untuk sementara tenggeran disingkirkan dulu, khususnya jika kondisi burung benar-benar parah. Apabila burung masih memiliki sedikit aktivitas, boleh saja tenggeran tetap digunakan, tetapi dipasang pada jarak yang tidak terlalu tinggi (cukup setinggi dada burung).
RAGAM JENIS LAMPU YANG DIGUNAKAN DAN PEMASANGANNYA
RAGAM JENIS LAMPU DAN PEMASANGANNYA

Sediakan kotak P3K

Jika kandang karantina selesai dibuat, silakan diletakkan di tempat yang tenang, serta bebas dari embusan angin secara langsung. Siapkan kotak P3K atau kotak obat, terutama untuk beberapa penyakit yang kerap dialami burung.

Berbeda dari manusia yang masih bisa memilih pengobatan alternatif, pengobatan pada burung sejauh ini masih mengandalkan kepada produk obat-obatan. Karena itu, bagi yang belum mempunyai akses veteriner atau tenaga kesehatan hewan, penyediaan kotak P3K khusus burung merupakan tindakan yang dianjurkan.

Berikut ini beberapa jenis obat yang perlu disimpan di kotak P3K untuk kebutuhan emergency pada burung peliharaan atau penangkaran Anda :

  • BirdFirstAid:
    Pertolongan pertama burung sakit, pemulihan sakit, menjaga burung dari kemungkinan sakit atau stres selama pergantian musim dan perpindahan, dll.
  • BirdCream:
    Untuk kaki berkerak, berjamur, bengkak, luka lama dan baru
  • BirdBlown:
    Anti mata berair, diare dan gangguan pencernaan lain
  • BirdSlim:
    Anti-gemuk, mengembalikan kondisi loyo pasca mabung, pasca sakit, drop pasca lomba, kurang ngotot berkicau.
  • BirdTwitter:
    Serak, sesak nafas dan macet bunyi karena gangguan pernafasan.
  • StopSnot:
    Atasi snot, mata berair, CRD, berak kapur.
  • KitolotPlus:
    Mengatasi katarak akibat penyakit degeneratif dan penurunan daya tahan tubuh, peradangan mata karena snot, infeksi, mata bengkak dan mata berair.
  • AscariStop:
    Obat cacing untuk berbagai jenis cacing penyebab burung macet bunyi, kurus, mudah terserang penyakit lain.
  • FreshAves:
    Obat anti-kutu, tungau, semut, dan parasit yang berkembang di luar tubuh, yang membuat burung suka mematuk bulunya sendiri, dan bulu terlihat kusam.
  • BirdVit:
    Multivitamin lengkap untuk mengatasi burung bakalan yang baru dibeli, burung pucat, nyekukruk, bulu mekar, tidak gacor, sakit-sakitan, kurang power, mental lemah, turun tangkringan ketika ditrek, bulu mudah rontok, dll.

Penanganan burung bermasalah

Untuk penanganan burung bermasalah, kotak P3K tidak harus disediakan di dekat kandang karantina. Bahkan burung tidak perlu dimasukkan ke kandang karantina. Adapun daftar obat yang bisa disimpan dalam kotak P3K untuk penanganan burung bermasalah antara lain:

  • BirdMolt-Pre:
    Membantu proses mabung sehingga bisa tuntas dan burung segera fit.
  • BirdMolt-Post:
    Membantu menormalkan kondisi burung pasca mabung, dan tidaksegera bunyi, ngantukan, semangat tempur turun, dll.
  • BirdShout:
    Membangkitkan vitalitas burung sehingga rajin berkicau. Bagus untuk mengatasi burung macet karena kalah mental, tidak gacor, suka turun tangkringan jika ditrek, ngeriwik terus, mudah mbagong / nguda laut / ngebatman.
  • BirdFresh:
    Menghilangkan tungau kantung udara (air sac mite) pengganggu saluran pernafasan, penghilang serak, dan gangguan pernafasan lain.
  • BirdMineral:
    Mengatasi dan mencegah problem penyakit burung akibat kekurangan mineral, seperti rachitis (tulang lembek, bengkok dan abnormal), paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), dll.
  • BirdFine:
    Mengatasi burung yang tidak pernah fit dan kurus karena anemia, kurang gizi, sehabis mabung atau sehabis sakit.
  • TestoBirdBooster:
    Pendorong produksi testosteron pada burung. Baik untuk burung macet bunyi karena kekurangan testosteron, hanya ngriwik terus, tidak ada fighting spirit, mental drop, dan meningkatkan power / daya tahan tubuh.

Produk khusus penangkaran

Khusus untuk penangkaran burung, kotak P3K bisa disediakan di dekat lokasi penangkaran, misalnya ruang tamu atau ruang administrasi. Berikut ini daftar obat yang perlu disiapkan dalam kotak P3K khusus penangkaran:

  • BirdMature:
    Hormon dan multivitamin dosis tinggi (dalam bentuk cair dan serbuk) untuk memacu fertilitas/kesuburan burung penangkaran.Produk ini mampu mengatasi burung infertil, tidak subur, kurang birahi, sulit jodoh, serta piyikan mudah mati dan mudah sakit.
  • BirdHormone:
    Sama seperti BirdMature, tetapi dalam bentuk pasta.
  • EstroBird:
    Berfungsi menambah dan perangsang produksi hormon estrogen untuk induk / calon induk betina di kandang penangkaran, sehingga meningkatkan kesuburan sel telur (ovarium).
  • TestoBird:
    Berfungsi menambah dan perangsang produksi hormon testosterone untuk induk / calon induk jantan di kandang penangkaran, sehingga meningkatkan kesuburan sel sperma.

Melalui perawatan yang baik dan benar, burung peliharaan maupun burung penangkaran relatif bisa dijaga dari berbagai gangguan penyakit. Namun dalam beberapa hal, gangguan penyakit bisa datang kapan pun tanpa pernah kita duga. Dalam konteks inilah, kita memang harus “sedia payung sebelum hujan”.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

5 Comments

  1. Malem om.. Mau konsul soal kandang karantina.. Ada beberapa pertanyaan..

    1. berapa lama ya kira2 waktu karantina??
    2. untuk pakan n minum, gak apa2 klu kena sorot lampu? karena setau saya, burung sakit kadang2 diberikan obat yg ditetes di pakan atau minumnya..

    cuma segitu om, mohon pencerahannya..
    Trims..

    Regards,
    Bima Bandung

  2. omm mau tanya nih kenapa ya mb saya bunyi ngeplong tapi gak ada suaranya yang keluar dan nafsu makanya nurun obatnya apa…..

Komentar ditutup.