Terapi kerekan untuk cucakrowo macet bunyi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Meski frekuensi lomba di Jawa makin jarang, cucakrowo tetap merupakan burung mewah. Harganya masih terjaga tinggi: burung dewasa dibanderol mulai Rp 5 juta, sedangkan anakan umur 40 – 45 hari sekitar Rp 3 juta. Om Sutoto dari Cucakrawa RD Bird Farm pun mengaku kewalahan kewalahan memenuhi permintaan CR Mania. Menilik sejarahnya, cucakrowo dianggap burung mewarh karena suaranya keras dan kencang, sehingga dapat terdengar dari jarak cukup jauh, dan bisa menjadi simbol status sosial pemiliknya. Namun, bagaimana jika burung kebanggaan itu tiba-tiba macet bunyi? Ikuti tips dan trik berikut ini.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

CR-karakterAda beberapa faktor penyebab cucakrowo macet bunyi, dan yang paling umum adalah burung dalam kondisi stres. Terapi kerekan, yang diperkenalkan Om Jasmin dalam forum kicaumania, mungkin bisa menjadi solusi untuk mengatasi cucakrowo macet bunyi akibat stres. Caranya sederhana:

  • Buatlah tiang gantangan, dengan sistem tali dan kerekan, sebagaimana biasa dilakukan untuk menggantang burung perkutut. Tinggi tiang, setelah bagian dasarnya dimasukkan dalam lubang tanah, cukup 4 meter saja.
  • Usahakan di dekat tiang ada pepohonan rindang, agar burung tidak kepanasan.
  • Gantangkan sangkar burung cucakrowo yang macet bunyi sepanjang hari, selama beberapa hari  sampai ia terdengar berkicau kembali.
  • Burung yang sembuh dari stres biasanya akan memiliki kicauan lebih bagus melalui terapi ini. Mengapa? Sebab cucakrowo berkesempatan seperti hidup di alam bebas. Ketika ia mendongak ke atas, pandangan mata akan tertuju ke langit biru, juga pepohonan rindang.

Hasil lebih baik dan lebih cepat akan Anda peroleh, apabila sebelum digantang, burung diterapi dulu dengan BirdTwitter. Apabila cucakrowo biasa dipegang, cukup berikan 2-3 tetes langsung ke paruhnya, kemudian sangkar digantung di tiang kerekan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Jika burung tidak terbiasa dipegang, larutkan 5 tetes BirdTwitter ke dalam 30-50 ml (setara dengan wadah air minum untuk burung ukuran tanggung). Bisa juga mengoleskan 3 tetes ke kroto atau buah. Pemberian ini bisa dilakukan selama 3-4 hari berturut-turut.

Kombinasi terapi kerekan dan obat biasanya akan memberikan hasil maksimal sekitar 4-7 hari, tergantung dari tingkat stres yang dialami burung.

Macet bunyi akibat faktor lain

Namun perlu diingat, tidak semua macet bunyi disebabkan burung mengalami stres. Sangat mungkin pula cucakrowo macet bunyi karena beberapa faktor berikut ini:

  • Mental drop setelah mengikuti lomba / latber, baik juara maupun kalah. Burung juara juga bisa drop mental setelah lomba, karena energinya terkuras habis. Jika itu terjadi pada CR Anda, terapi kerekan perlu dikombinasi dengan BirdShout.
  • Selama dan sehabis mabung, cucakrowo juga sering macet bunyi akibat perawatan mabung yang tidak tepat. Jika Anda mengalami kasus seperti ini, terapi kerekan bisa dikombinasi dengan BirdMolt-Post.

Untuk informasi lain mengenai burung cucakrowo, mulai dari habitat, ragam cucakrowo, membedakan jenis kelamin, hingga perawatan masa mabung, silakan buka kembali artikel Om Kicau di sini.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

    • sama om, tujuan dari kerekan sebenarnya adalah menyendirikan burung dan membuat burung bisa melihat keadaan sekelilingnya, seperti yang biasa dilakukan burung cucak rawa liar di hutan, yaitu bertengger di puncak pohon.

Komentar ditutup.