Ragam chickadee dan titmouse: Sempat dimasukkan marga gelatik batu

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Nama burung chickadee dan titmouse mungkin masih asing di telinga kita. Maklum, kedua jenis burung ini hanya dijumpai di benua Amerika. Dulu, mereka sempat dimasukkan dalam genus Parus, atau marga dari gelatik batu. Para ahli taksonomi lalu memisahkannya dalam dua genus tersendiri, yaitu Poecile dan Baeolophus, meski tetap berada dalam keluarga Paridae. Artikel ini membahas ragam dan suara chickadee serta titmouse, untuk menambah wawasan kita bersama.

Marga Poecile

Burung chickadee terdiri atas 15 spesies. Sebagian spesies mempunyai penampilan yang mirip dengan gelatik batu (Parus major), sehingga wajar kalau para ahli sempat memasukkannya dalam genus Parus. Adapun gelatik batu sendiri mempunyai 34 subspesies, termasuk gelatik wingko (Parus major minor) yang cukup popular di Indonesia.

Dari 15 spesies burung chickadee, lima di antaranya cukup popular di kawasan Amerika, yaitu :

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
  1. Carolina chickadee ( Poecile carolinensis )
  2. Black-capped chickadee ( Poecile atricapillus )
  3. Mountain chickadee ( Poecile gambeli )
  4. Chestnut-backed chickadee ( Poecile rufescens )
  5. Boreal chickadee ( Poecile hudsonicus )

Marga Baeolophus

Semua jenis burung titmouse berada dalam genus Baeolophus. Penampilannya jauh berbeda dari gelatik batu, karena punya jambul. Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa para ahli taksonomi burung memisahkan mereka dari marga Parus. Secara keseluruhan ada lima spesies burung yang termasuk dalam genus Baeolophus, yaitu:

  1. Bridled titmouse (Baeolophus wollweberi)
  2. Oak titmouse (Baeolophus inornatus)
  3. Juniper titmouse (Baeolophus ridgwayi)
  4. Tufted titmouse (Baeolophus bicolor)
  5. Black-crested titmouse (Baeolophus atricristatus)

Berikut ini deskripsi mengenai lima spesies burung chickadee dan lima spesies burung titmouse, dilengkapi dengan gambar dan suara masing-masing burung. Siapa tahu ada yang cocok untuk memaster gelatik batu dan / atau gelatik wingko di rumah.

Carolina chickadee ( Poecile carolinensis )

Nama spesies ini diberikan oleh James Audobon, seorang ornithologist berdarah AS-Prancis saat berada di South Carolina. Burung ini mendiami hutan campuran di Amerika Serikat, mulai dari New Jersey hingga ke selatan Kansas, Florida, hingga Texas.

Mereka bersarang di lubang pohon. Terkadang pasangan burung caroline chickadee menempati bekas sarang burung pelatuk. Ada kemungkinan terjadi kawin silang antara burung ini dan black-capped chickadee, sehingga sangat sulit diidentifikasi.

Carolina Chickadee | Poecile carolinensis
Carolina chickadee (Poecile carolinensis)

Suara kicauan | DOWNLOAD

Suara Panggilan ( Call ) | DOWNLOAD

Black-capped chickadee ( Poecile atricapillus )

Burung ini dijuluki sebagai penyanyi kecil dari Amerika Utara, dan banyak ditemukan di Maine dan Massachusetts (AS) serta Provinsi Brunswick di Kanada. Spesies ini mampu bertahan dalam cuaca dingin dan daya adaptasi tinggi terhadap manusia, sehingga mau disodori makanan dari tangan manusia.

Black Capped Chickadee | Poecile atricapillus
Black-capped chickadee (Poecile atricapillus)

Suara kicauan | DOWNLOAD

Suara Panggilan (call) | DOWNLOAD

Mountain chickadee  ( Poecile gambeli )

Penampilannya mirip dengan jenis chickadee lainnya. Satu hal yang membedakannya adalah warna putih / garis putih agak besar di bagian atas matanya.

Mountain Chickadee | Poecile gambeli
Mountain chickadee (Poecile gambeli)

Suara kicauan | DOWNLOAD

Suara Pangilan ( Call ) | DOWNLOAD

Chesnut-backed chickadee  ( Poecile rufescens )

Chesnut-backed chickade memiliki bentuk yang sama dengan burung sejenisnya. Yang membedakan adalah punggungnya yang berwarna cokelat, bukan abu-abu seperti ciri khas burung chickadee lainnya.

Chestnut-backed Chickadee | Poecile rufescens
Chestnut-backed shickadee (Poecile rufescens)

Suara kicauan | DOWNLOAD

Suara Panggilan ( Call ) | DOWNLOAD

Boreal chickadee ( Poecile hudsonicus )

Seperti juga burung chickadee lainnya, spesies ini gemar menyembunyikan makanannya secara teratur. Mungkin hal ini untuk menjaga pasokan pakan selama musim dingin di lingkungan keras seperti Boreal. Sebuah analisis menemukan bahwa burung ini hanya menyimpan biji-bijian dari pohon cemara, dan sebagian besar makanan yang disimpannya adalah larva serangga.

Boreal Chickadee | Poecile hudsonicus
Boreal chickadee (Poecile hudsonicus)

Suara panggilan |  DOWNLOAD

Bridled titmouse ( Baeolophus wollweberi )

Titmouse yang satu ini memiliki warna hitam dan putih dengan bermotif topeng muka, serta jambil yang eksotik. Spesies ini hanya dijumpai di wilayah selatan Pegunungan Arizona dan New Mexico. Tidak seperti saudaranya yang lain, burung ini tidak menyimpan makannannya untuk persediaan musim dingin.

Bridled Titmouse | Baeolophus wollweberi
Bridled titmouse ( Baeolophus wollweberi )

Suara kicauan + panggilan |   DOWNLOAD

Oak titmouse ( Baeolophus inornatus )

Inilah titmouse yang paling tidak menarik, sehingga jarang diburu orang. Padahal spesies ini sangat aktif berkicau, bergema di sepanjang hutan oak dari Oregon ke Baja California. Para naturalist menyebut kicauannya sebagai “suara dan jiwa dari pohon oak”.

Oak titmouse berpasangan seumur hidupnya. Pasangan ini akan saling berkicau mempertahankan wilayahnya dari gangguan burung dan binatang lain yang memasuki wilayah sarangnya.  Yang unik adalah kehidupan burung yang tidak akan bisa lepas dari pohon ek atau oak.

zzOakTitmouse5
Oak titmouse (Baeolophus inornatus)

Suara kicauan | DOWNLOAD

Suara Panggilan (call) | DOWNLOAD

Juniper titmouse ( Baeolophus ridgwayi )

Spesies ini sempat dikelompokkan dengan oak titmouse, namun kini sudah menjadi spesies tersendiri. Juniper titmouse bisa ditemukan di wilayah sekitar Great Basin. Yang unik, burung betina mengerami telur-telurnya dengan sangat ketat dan tidak mau diganggu.

Jika ada yang mengganggu, dia akan bersuara seperti suara ular yaitu mendesis. Mungkin sengaja mengkamuflase suara ular untuk menakuti siapapun yang mengganggu sarangnya. Jadi, desisan ular jadi suara master yang direkamnya untuk tujuan menakuti pengganggunya.

Juniper Titmouse | Baeolophus ridgwayi.
Juniper titmouse (Baeolophus ridgwayi)

Suara kicauan | DOWNLOAD

Suara Panggilan | DOWNLOAD

Tufted titmouse ( Baeolophus bicolor )

Burung abu-abu kecil ini memiliki suara yang bergema. Tufted titmouse sering terlihat di bagian timur dari hutan kering, dan sering berkunjung ke halaman rumah yang memiliki feeder atau tempat memberi makan burung liar.

Tufted Titmouse | Baeolophus bicolor
Tufted titmouse (Baeolophus bicolor)

Suara Kicauan | DOWNLOAD

Suara Panggilan (Call) | DOWNLOAD

Black-crested titmouse ( Baeolophus atricristatus )

Burung yang berasal dari Texas dan wilayah timur Mexico ini umumnya ditemukan di hutan oak dan juga di dalam perkotaan. Burung ini diyakini berhibridisasi dengan tufted titmouse di mana wilayah keberadaan mereka saling tumpang-tindih di pusat Texas.  Mereka dianggap spesies yang sama selama beberapa waktu, tetapi kini dipisahkan karena berbeda dari aspek genetik dan vokalnya.

Black-crested Titmouse | Baeolophus atricristatus
Black-crested titmouse (Baeolophus atricristatus)

Suara Kicauan | DOWNLOAD

Suara Panggilan (call) | DOWNLOAD

Sayangnya, kita hanya bisa melihat gambar, video, dan suara dari beragam spesies chickadee dan titmouse melalui berbagai media. Sebab ada peraturan ketat dari Amerika dan Kanada yang tidak memperbolehkan membawa burung asli wilayahnya ke negara lain, kecuali burung hasil penangkaran yang sudah diberikan label atau ring pengenal.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.