Semua murai batu PM22 Tasikmalaya mampu dialihkan dari kroto ke telur rebus

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Nama Yang-Yang sudah sangat familiar di kalangan kicaumania Jawa Barat, terlebih di Tasikmalaya. Dia bukan hanya dikenal sebagai penangkar andal untuk jenis murai batu, lovebird, cucak ijo, cucak jenggot, dan kenari, dengan ring PM-22 TSM (Tasikmalaya), tetapi juga sering melahirkan burung-burung jawara lomba. Untuk penangkaran murai batu, Yang-Yang kini tak lagi menggunakan kroto sebagai menu wajibnya, karena semua burung tangkarannya sudah bisa dialihkan ke telur rebus. Selain lebih hemat, metode ini justru mampu meningkatkan produktivitas indukan dan kualitas anakan.

Di saat lebaran atau musim hujan, pasokan kroto di pasaran makin terbatas, harga pun menjadi mahal.
Di saat musim hujan, pasokan kroto di pasaran makin langka, harga makin mahal.

Hampir semua penangkar murai batu saat ini terkendala oleh ketersediaan kroto sebagai menu wajib. Karena masih musim hujan, harga pun tetap tinggi akibat kelangkaan kroto. Belajar dari pengalaman bahwa kroto selalu langka dan mahal pada musim lebaran dan musim penghujan, Yang-Yang dalam beberapa tahun terakhir melakukan uji coba pengalihan kroto ke telur rebus sebagai extra fooding (EF) bagi murai batu indukan, piyikan, maupun burung muda yang ada di penangkarannya.

Telur yang digunakannya bukan telur puyuh maupun telur itik, tetapi telur ayam ras yang mudah dibeli dan lebih murah daripada telur ayam kampung.

Telur ayam ras: Mudah diperoleh, harga relatif terjangkau.
Telur ayam ras: Mudah diperoleh, harga relatif terjangkau.

Jika Anda ingin mempraktikkan pengalaman Om Yang-Yang, berikut panduan ringkasnya :

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

  • Telur direbus hingga semua bagian matang, termasuk kuning telur (yolk).
  • Telur rebus diserut dengan menggunakan peranti yang biasa digunakan untuk menyerut keju.
  • Untuk tahap pengenalan, campurkan serutan telur rebus dan kroto dengan perbandingan 1 : 3. Artinya, bagian terbesar masih kroto, untuk menyamarkan serutan telur rebus.
  • Apabila burung sama sekali tidak mau mengkonsumsinya, jangan dipaksakan. Anda mesti menyediakan cadangan kroto segar untuk diberikan saat itu juga. Esok hari, berikan lagi campuran serutan telur rebus dan kroto dengan perbandingan yang sama (1 : 3). Lakukan sampai burung mau mengkonsumsinya. Ya, diperlukan kesabaran untuk melatih burung dalam penggantian menu pakannya.
  • Jika burung sudah mau mengkonsumsi campuran pakan tersebut, pertahankan perbandingan tersebut minimal selama 2 hari.
  • Sekarang kurang porsi kroto, sehingga campuran serutan telur rebus dan kroto memiliki perbandingan 2 : 2 (atau 1 : 1). Jika burung tidak mau mengkonsumsi, disarankan kembali ke perbandingan semula (1 : 3) selama beberapa hari, sampai akhirnya burung mau menyantap menu dengan perbandingan 1 : 1. Kalau sudah mau, pertahankan perbandingan ini minimal selama 2 hari.
  • Porsi kroto kembali dikurangi, sehingga perbandingannya menjadi 1 : 3 (1 bagian kroto, 3 bagian serutan telur rebus). Pertahankan perbandingan ini minimal selama 2 hari.
  • Kini saatnya melepas penggunaan kroto, sehingga menu yang digunakan murni serutan telur rebus.
Semua murai batu di PM22 Bird Farm sudah mengkonsumsi telur rebus. Insert: Yang-Yang dan akanya. [ foto: Tabloid Agrobur ]
Semua murai batu di PM22 Bird Farm sudah mengkonsumsi telur rebus. Insert: Yang-Yang dan anaknya.
[ foto: Tabloid Agrobur ]

Menurut Yang-Yang, sebagaimana dilaporkan Tabloid Agrobur, saat ini semua murai batu di kandang penangkarannya sudah full telur rebus, dan sama sekali sudah meninggalkan kroto. Indukan menyukainya, dan piyikan yang diloloh pun senang. Demikian pula dengan burung muda yang beranjak dewasa.

“Memang, sebelumnya tidak mudah menggantinya langsung. Awalnya burung tidak mau makan. Tetapi ketika saya coba esok harinya, ternyata dimakan juga. Untuk mengganti kroto dengan telur rebus secara total memang tidak mudah. Butuh proses dan waktu untuk bisa melepas ketergantungannya pada kroto. Tetapi, saya yakin pasti bisa. Dan ternyata berhasil,” jelas Yang-Yang.

Apakah penggantian menu penting ini tidak mempengaruhi indukan, kualitas anakan, dan kualitas suara burung lomba? Yang-Yang menjawab, justru indukan kini makin produktif. Kualitas anakan juga lebih baik, lebih fit, dan lebih sehat.

Soal kualitas suara untuk burung lomba, beberapa jagoan Yang-Yang tetap menunjukkan prestasinya. Pada even Kasepuhan Cirebon (28/10/2012), murai batu Biola milik PM22 Tasikmalaya kebagian juara 9 di Kelas MB Pancaratna. Bahkan anis merah Romeo bisa menjadi juara 1 di Kelas Ebod Vit dalam even Bupati Bandung Barat Cup (18/11/2012) .

Selain murai batu, beberapa burung tangkaran dan piaraan Yang-Yang juga sudah terbiasa mengkonsumsi serutan telur rebus. Ingin mencoba?

Note: bagi yang masih setia dengan penggunaan kroto, dan tak mau terkendala oleh pasokan di pasaran maupun harga mahal, lebih asyik kalau budidaya kroto sendiri: lebih mandiri, lebih higienis, lebih hemat. Silakan cek di sini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

15 Comments

  1. Punten om yangyang.
    Mau nanyain stok mure untk usia 5/6 bln ada om?
    Sya udh pnya 2 drmh koleksi dri ring pm22.
    Rncna sya kalo lg ada stoknya mau ngmbl lg om.
    Sms ajah kno sya om sapta banjar 083876367573.

    • Sy telah melakukan ini kira – kira 5 bulan yll, juga karena berawal dr kesulitan membeli kroto. Burung sy hanyalah burung rumahan dan semua mau makan telur rebus yang di remas kecil – kecil. Kacer, pentet, murai untuk cucak ijo dan cucak jenggot mau juga tapi saya campur parutan apel. Mungkin para suhu mau menambahkan monggo.

Komentar ditutup.