Penyebab dan pencegahan kegagalan dalam penetasan/pengeraman telur burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Penyebab telur infertil

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Induk burung mengalami masalah lingkungan

Beberapa masalah lingkungan yang ikut andil sebagai penyebab telur infertil antara lain:

1. Suhu di dalam kandang yang terlalu panas

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Suhu di dalam kandang yang terlalu panas, apalagi berlangsung cukup lama, jelas akan dapat menurunkan kesuburan burung jantan.

Pada dasarnya, suhu panas bukan hanya menurunkan kesuburan burung jantan, tetapi juga membuat induk jantan dan betina terlalu sering minum, dan cenderung malas makan. Apabila dibiarkan berlarut-larut, tentu bisa membuat burung stres dan sakit.

Burung yang kepanasan sering membuka paruhnya, lebih sering minum daripada makan, serta lebih sering di lantai kandang daripada bertengger.

Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda lakukan :

  • Disarankan agar kandang penangkaran mempunyai ventilasi yang cukup, sehingga sirkulasi udara berjalan lancar.
  • Sediakan bak air di dasar kandang. Biarkan burung mandi di sana, kapan pun suka.
  • Apabila kedua solusi di atas tak banyak membantu, buatlah instalasi pipa PVC yang tersambung dengan keran air. Lubangi sepanjang pipa tersebut pada beberapa titik. Ketika udara panas, keran air dibuka selama 5 menit, sehingga air akan menyembur ke dalam kandang. Cara ini cukup efektif untuk menurunkan suhu kandang, meski hanya bertahan beberapa jam saja. Anda bisa melakukannya 3-4 kali dalam sehari, terutama pada siang dan sore hari.

2. Proses pemindahan kandang yang tidak tepat

Jika tidak sangat terpaksa, usahakan tidak memindahkan pasangan indukan dari petak kandang yang satu ke petak kandang lainnya. Meski hanya pindah petak, dan masih di lokasi yang sama, proses pemindahan ini sama saja seperti Anda bedol kandang dari breeder lainnya. Sebab burung membutuhkan proses adaptasi yang belum tentu bisa berjalan cepat.

Untuk kandang yang disusun secara vertikal (misalnya kenari dan lovebird), usahakan burung yang sudah ada di dalamnya tidak dipindah-pindah, apalagi dipindah dari posisi atas ke bawah, atau sebaliknya. Perubahan suasana lingkungan ini akan membuat burung mudah stres, dan hal itu dapat mempengaruhi kesuburan burung jantan.

3. Tenggeran tidak stabil, atau posisinya terlalu rendah

Sebagian besar burung kicauan merupakan burung tipe petengger. Di alam liar, mereka selalu bertengger pada cabang / ranting pohon. Sekadar ilustrasi, branjangan biasanya menggunakan tenggeran ceper, karena dia bukan tipe petengger.

Nah, untuk burung petengger, tenggeran dalam kandang harus dipasang dengan benar-benar kuat, sehingga stabil, tidak oleng, atau tidak mudah bergerak. Sebab mereka sering kawin di atas tenggeran.

Jika tenggeran mudah goyah, burung jantan sering jatuh saat menindih tubuh betinanya. Jika sering jatuh, bagaimana mungkin perkawinan bisa terjadi? Bagaimana sperma bisa masuk dan menembus ovarium burung betina?

Selain itu, usahakan posisi tenggeran agak tinggi, karena terkadang burung tipe petengger tak mau kawin jika posisi tenggerannya agak rendah.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

4. Jangan memindahkan mesin tetas

Kalau telur ditetaskan menggunakan mesin tetas, letakkan mesin tetas pada tempat yang tetap selama digunakan (jangan dipindah-pindah sebelum menetas).

CEK JUGA ARTIKEL TERKAIT:

  1. Induk burung mengalami masalah nutrisi
  2. Induk burung mengalami masalah fisik
  3. Induk burung mengalami masalah sosial
  4. Masalah genetik dari induk burung
  5. Dampak defisiensi terhadap embrio burung

Kembali ke halaman awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

23 Comments

  1. Om saya mau tanya saya punya sepasang love bird dan sudah bertelur 3 tapi pada saat sarang nya di lihat induk betina nya sakit mencret-mencret ,apa tindakan yang harus saya lakukan ? saya sudah membersihkan induk betina dari kotoran mencretnya

  2. Om, saya mau tanya lb sy bertelur 1 btr, tapi setelah sy cek beberapa hari ternyata telurnya berlubang, apa masaalahnya ya om?

    • Bisa dilihat dari porsi makannya terutama jagung muda, biasanya jagung muda jika diberikan setengah potong dalam setengah hari baru habis apabila lovebird sedang mengasuh piyikan jagung muda akan lebih cepat habis dari biasanya dalam hal ini om bisa menambahkan porsi jagung muda supaya tidak sampai kekurangan asupan pakannya. Serta bisa ditandai perilaku indukan yang membawa makanan kedalam glodok untuk menyuapi piyikan.

  3. Kenapa induk parkit me makan telur nya sendiri.? Apa sebabnya n’ gMna cra atasi nya. . . ?
    tol0ng bantu yak . . . .

    • Penyebab utama kekurangan mineral kalsium (Ca). Coba diberi grit atau bisa juga BirdMineral.
      Kalau sudah ada grit, kemungkinan besar burung merasa tidak nyaman di dalam kandang. Bising, sarang banyak kutu, atau sering melihat kucing / tikus di dekat kandang.
      Bisa juga kedua faktor: kekurangan Ca dan kandang kurang nyaman.

    • Lha, induk masih tetap mengeram Om. Itu sudah pasti infertil, atau embryo mati di dalam. Nggak diteropong pakai senter? Kalau jernih berarti infertil, kalau gelap berarti embryo mati di dalam.
      Sebaiknya segera disingkirkan saja telurnya, agar induk bisa berproduksi lagi. Tetap semangat, banyak breeder lain yang awalnya mengalami hal serupa.

  4. AKU Punya telur BuRUNG merpati.bli di tukang burung
    tetapi saya tetaskan bukan dengan alat tetapi hanya menggunakan alat seadanya
    dengan tempat krupuk yg di beri kain dan 1 lampu putih 17 watt dan di tutup dengan kain sampai tertutup tidah terlalu rapat
    Bahaya Gk Tu om Berapa PERSEN keber Hasilannya.
    Maklum baru BELAJAR

  5. Om kicau saya mau tanya nih ,,, seberapa lama kah telur burung LB akan menetas menjadi anakan piyik???

    Soal nya punya saya uda netas 1 kok yg 4 nya gk mw netas ya om ,, padahal telur nya hitam semua om tpi knpa gk netas2 ya?

    #mohon penjelasan nya om??

  6. Om, Tolong bantu solusinya….

    Saya punya 2 pasang Love Bird….

    Keduanya dipindahkan ke kandang vertikal dalam waktu yg bersamaan….

    7 hari kemudian kedua pasangan bertelur… tapi kedua-duanya pecah…telur diketahui sudah berada diluar gelodok dalam kondisi pecah (dipecahkan..??)… 🙁
    Sesuai saran temen….saya membiarkan LB saya menbuat sarang sesukanya dengan memberikan potongan kayu untu dibuatnya menjadi bahan sarang…

    Beberapa waktu kemudian Pasangan pertama (di kandang bawah) ga ada masalah….pertamakali bertelur 3 butir menetas 2 sekarang umur piyik -/+ 30 hari….masalah selesai… 🙂

    Pasangan yg kedua (kandang bawah) dalam waktu yg hampir bersamaan juga bertelur …tapi (hingga sekarang sudah 5 butir) telurnya pecah terus atau dipecahkan oleh induknya….. :(:(

    Apa yg salah dengan pasangan LB kedua (kandang bawah) ini….padahal dari segi pakan, kondisi lingkungan sama persis….

    • ada beberapa kemungkinan, telur memang kosong/kopyor sehingga indukan tidak mengerami (naluri alami indukan), indukan terlalu over birahi sehingga minta kawin terus tanpa mau mengerami (atur pola ef), ada gangguan diglodok sehingga membuat indukan tidak nyaman periksa glodok apakah ada hewan penganggu atau parasit penyebab kutu solusinya taburkan fresh aves supaya mencegah serangan parasit ke indukan.

  7. Salam kenal Om,
    Om, saya sedang belajar ternak kenari dan lovebird. Biasanya setelah bertelur 3 – 4 butir yg menetas hanya 2 atau 3 butir saja. Tidak pernah semuanya menetas. Sebabnya apa ya Om dan bagaimana solusinya ? Telur yg tidak menetas sudah ada embrionya Om. Yg saya amati karena indukan sudah sibuk meloloh anakannya sehingga sisa telur yg belum menetas tidak diperhatikan. Apakah betul begitu. Mohon sarannya. Terimakasih Om.

    • Indukan yang meloloh kan masih di sarang, Om. Jadi penyebabnya bukan karena sibuk meloloh. Tapi kalau sudah tidak menduduki (mengerami) telur yang belum menetas, berarti dia sudah merasa tidak ada gerakan di dalam telur sehingga meninggalkannya. Coba dinggat, apakah saat meloloh anaknya masih mengerami sisa telur atau tidak.

Komentar ditutup.