Tahukan Anda, banyak cendet jawara berjenis kelamin betina?

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak kicaumania yang lebih suka membeli cendet jantan ketimbang betina. Padahal fakta di lapangan berbicara lain. Banyak cendet jawara ternyata berjenis kelamin betina. Tampilan di lapangan pun, untuk cendet betina lebih nagen, nyeklek, tenang dan peforma jawara mereka bisa bertahan lama dari satu arena ke arena lain dan dari satu masa mabung ke masa mabung berikutnya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

“Aneh juga para kicaumania yang justru mencari cendet jantan untuk dilombakan. Jantan maupun betina, sama-sama mudah atau sama-sama susah setelannya, itu tidak tentu. Tetapi kalau setelan cendet betina sudah ketemu, performanya lebih bagus dan tahan lama ketimbang cendet jantan,” kata Om Yulianto Solobaru saat ngobrol bersama saya dan Om Dwi Lovebird Jogja beberapa waktu lalu.

cendet
Burung cendet betina banyak juga yang jadi jawara di arena lomba

Om Yuli yang biasa malang-melintang dari satu lomba ke lomba lainnya, baik sebagai pelomba maupun sekadar kir master, lantas menyebut beberapa cendet yang sudah punya nama di papan atas ketegori lomba kelas cendet. Namun karena alasan etis, saya tidak mau menyebutkan nama-nama cendet betina yang selama ini langganan predikat jawara.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

“Pembeda yang jelas antara jantan dan betina cendet ketika masih anakan adalah dari bulu ekor. Yang jantan ada garis warna hitam sedangkan betina tidak ada, atau kalau ada agak kabur,” kata Om Yuli. (Cek juga masalah sexing/pembeda jenis kelamin pada cendet di artikel “beda jantan dan betina burung cendet“).

Burung betina unggul lainnya

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain cendet, beberapa burung berjenis kelamin betina yang sering menunjukkan performa lomba yang bagus ketimbang jantan adalah lovebird, cucak jenggot, kapas tembak dan cucakrowo. Jika sama-sama memiliki volume suara dan juga irama lagu yang OK, burung betina memang lebih anteng saat berkicau.

Sedangkan burung jantan, saat berkicau lebih pengin “pamer gaya” karena memang itulah karakter bawaan burung jantan ketika mencoba menarik perhatian betina atau juga menunjukkan bahwa dia berkuasa pada teritori/wilayah tertentu.

Dalam literatur soal burung cendet misalnya, bisa dicek referesi di wikipedia.org, yang antara lain menyebutkan bahwa: “Males attract females to their territory with well stocked caches, which may include inedible but brightly coloured items. During courtship the male will perform a ritualised dance which includes actions that mimic the skewering of prey on thorns and will feed the female.”

Nah kalau sudah begini, apakah kita perlu pusing tujuh keliling memikirkan apakah cendet kita jantan atau betina? Pelihara sebaik-baiknya, maka Anda akan melihat hasilnya di kelak kemudian hari.

Salam sukses, salam dari Om Kicau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

10 Comments

  1. Klo menurut saya mau jantan mau betina klo dapetnya bagus ya bagus…dan juga tinggal perawatan sama pelatihannya juga menunjang.klo masalah volume sama variasi suara sebenere sama aj…punya temen cendetnya betina volumenya kenceng banget isiannya juga variasinya banyak…kecuali nyinden lo ya

  2. makasih om infonya, dari dulu bingung bedain kelamin cendet, sekarang baru tau kalo tu gak terlalu penting kalo dalm lomba

  3. Gengsi Om, biar jenis betina ada yg bagus kicauannya sy ga tertarik buat dilombakan, tugas betina adalah bertelur dan merawat anak2 sampai siap disapih,.,. Xi,. Xi,. Xi

Komentar ditutup.