Mengenal empat spesies sanma di dunia, beserta ragam suaranya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Artikel terdahulu mengenai audio dan video burung sanma nampaknya mendapat apresiasi tinggi dari sobat-sobat kicaumania. Suara dan tayangan tersebut sebenarnya baru menggambarkan satu spesies saja, yaitu sanma oriental atau oriental skylark (Alauda gulgula). Masih ada tiga spesies lagi yang tak kalah gacornya, yang tersebar mulai dari Eropa, Afrika, Asia Baratdaya, Asia Tengah, Asia Timur, dan beberapa negara di Asia Tenggara (tidak termasuk Indonesia).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sanma merupakan sekelompok burung yang berada dalam keluarga lark (Alaudidae), dengan genus Alauda. Karena sering terbang di langit, burung ini dalam literatur perburungan internasional disebut juga sebagai skylark.

Keluarga Alaudidae terdiri atas 19 genus. Selain Alauda , dua genus di antaranya sudah cukup akrab di telinga Anda. Pertama, genus Mirafra yang memiliki 29 spesies, termasuk branjangan / horsfield’s bush lark (Mirafra javanica). Disebut bush lark, karena branjangan senang berada di semak-semak, permukaan tanah, atau di atas permukaan batu.

Satu lagi adalah genus Melanocorypha, yang terdiri atas 6 spesies, termasuk pailing / mongolian lark (Melanocorypha mongolica). Sebagian kicaumania menganggap yang disebut pailing adalah calandra lark (Melanocorypha calandra).

Dengan demikian, hubungan kekerabatan antara burung sanma, branjangan, dan pailing sangatlah dekat. Mereka pun memiliki beberapa kebiasaan yang hampir sama, misalnya hovering (gaya terbang vertikal dari atas ke bawah, atau sebaliknya), ngleper (kedua sayap digetarkan saat berkicau), cara berjalan seperti ayam, dan sebagainya.

Ketiga spesies ini juga sama-sama tidak mempunyai kemampuan mencengkeram secara baik. Karena itulah, sangkar burung sanma, branjangan, dan pailing tidak menggunakan tangkringan sebagaimana burung tipe petengger, melainkan tenggeran bundar yang disangga tiang kecil.

Empat spesies burung sanma

Oke, sekarang kita membicarakan burung sanma. Seperti judul artikel ini, di seluruh dunia hanya ada empat jenis sanma, yaitu :

1. Sanma oriental / oriental skylark (Alauda gulgula)

2. Sanma eurasia / eurasian skylark (Alauda arvensis)

3. Sanma jepang  / japanese skylark (Alauda japonica)

4. Sanma raso / raso lark (Alauda razae)

Dari empat jenis tersebut, ada yang menganggap Alauda arvensis memiliki kualitas suara terbaik. Ada juga yang berpendapat Alauda gulgula yang terbaik. Ini disebabkan keempat spesies sanma sebenarnya sama-sama mempunyai performa suara yang bagus. Bahkan, ketika masih di alam liar alias tanpa pemasteran melalui tangan manusia, burung ini mampu merekam suara burung lain dan menyanyikannya dengan sempurna.

1. SANMA ORIENTAL

Burung sanma oriental (Alauda gulgula)
Sanma oriental (Alauda gulgula) dulu sering dijumpai di pasar burung Indonesia.

Wilayah persebaran sanma oriental (Alauda gulgula) mencakup China, Asia Baratdaya (Kazakhstan, Uzbekistan, dan Tajikistan), Asia Tengah (India, Srilanka, dan Pakistan), kawasan Indochina (Myanmar, Vietnam, Laos dan Kamboja), serta Filipina.

Seperti skylark lainnya, burung ini kerap dijumpai di padang rumput terbuka, dan sering mendekati sungai untuk mandi. Makanan utamanya biji-bijian dan serangga.

Panjang tubuhnya 16 cm, atau sedikit lebih besar daripada branjangan (12 – 15 cm). Warna bulu pada tubuh bagian atas cokelat krem dengan garis-garis cokelat tua. Penampilan burung jantan dan betina hampir sama.

Burung ini sering terbang tinggi ke udara. Sebelum mendarat, mereka suka melakukan hovering sambil berkicau. Burung jantan bahkan sering bernyanyi di udara untuk menarik perhatian burung betina.

Di semak-semak atau di permukaan tanah pun burung ini kerap bernyanyi, dan suaranya di alam liar terbilang bagus dan merdu. Spesies inilah yang menurut saya banyak beredar di sejumlah pasar burung di Indonesia, dan biasanya didatangkan dari China, meski frekuensi impor akhir-akhir ini makin jarang.

Sanma oriental sering berada di permukaan tanah, terutama semak-semak.
Sanma oriental sering berada di permukaan tanah, terutama semak-semak.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Delapan ras sanma oriental

Sanma oriental terdiri atas 8 subspesies atau ras, yaitu:

  • Alauda gulgula inconspicua (Severtsov, 1873)
    Habitat wilayah selatan Kazakhstan dan Uzbekistan, wilayah timur Turkmenistan dan Iran, wilayah timur hingga barat dan baratdaya Tadjikistan, Pakistan, dan wilayah baratlaut India.
  • Alauda gulgula lhamarum (R. Meinertzhagen & A. Meinertzhagen, 1926)
    Habitat di baratdaya Pamir, timurlaut Afghanistan, dan wilayah barat Pegunungan Himalaya (timurlaut Pakistan, selatan hingga utara Punjab, Nepal).
  • Alauda gulgula gulgula (Franklin, 1831)
    Habitat di utara, tengah, dan timurlaut India, Sri Lanka, dan Indochina (Myanmar, Vietnam, Laos, Kamboja).
  • Alauda gulgula inopinata (Bianchi, 1904)
    Habitat di Dataran Tinggi Tibet, China (wilayah timur Qinghai, Gansu), dan wilayah pedalaman baratdaya Mongolia).
  • Alauda gulgula vernayi (Mayr, 1941)
    Habitat di wilayah timur Himalaya dan wilayah perbatasan China (tenggara Xizang dan wilayah barat Yunnan).
  • Alauda gulgula weigoldi (Hartert, 1922)
    Habitat di wilayah tengah dan timur China (Gansu dan Shaanxi hingga Sichuan, dan Lembah Yangtse).
  • Alauda gulgula coelivox (Swinhoe, 1859)
    Habitat di wilayah tenggara dan selatan China (termasuk Hainan I) dan wilayah utara Vietnam.
  • Alauda gulgula wattersi (Swinhoe, 1871)
    Habitat di Taiwan dan Filipina.

Audio dan video sanma oriental

Om Kicau sudah pernah berbagi audio dan video burung sanma dalam artikel terdahulu di sini, yang semuanya berdurasi cukup lama, karena memang dimaksudkan untuk pemasteran burung kicauan Anda di rumah.

Berikut ini beberapa audio tambahan dari sanma oriental, dengan durasi pendek, direkam dari alam liar, yang juga bisa dijadikan masteran untuk kenari, pentet, branjangan, anis kembang, anis merah, dan murai batu.

  • Suara burung sanma oriental 1

Download

  • Suara burung sanma oriental 2

Download

  • Suara sanma jantan saat mengajari anaknya berkicau

Audio ini direkam Doug Knapp, dan diupload ke xeno-canto. Menurut Knapp, suara yang direkamnya dinyanyikan sanma jantan kepada anaknya, atau seperti sedang mengajari anaknya berkicau. Lagunya memang merdu, tetapi terdengar agak berbeda dari ocehan sanma jantan pada umumnya.

Download

Untuk mengingatkan kembali bagaimana gaya ngleper sanma oriental, berikut ini tayangan videonya :

2. SANMA EURASIA

Sanma eurasia (Alauda arvensis) tersebar luas di Eropa, serta sebagian Afrika dan Asia.
Sanma eurasia (Alauda arvensis) tersebar luas di Eropa, serta sebagian Afrika dan Asia.

Inilah spesies yang disebut-sebut memiliki kualitas ocehan terbaik dibandingkan dengan jenis sanma lainnya. Sepintas lalu, penampilannya hampir sama dengan sanma oriental. Warna bulu pada tubuh bagian atas cokelat tua, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna cokelat muda. Kakinya terlihat sangat kokoh.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Panjang tubuhnya 16 – 18 cm panjang, atau rata-rata sedikit lebih besar daripada sanma oriental. Memiliki kemampuan terbang sekitar 50 – 100 cm dari tanah. Sebagaimana sanma oriental, spesies ini juga mampu bernyanyi sambil terbang untuk menarik perhatian burung betina. Durasi bernyanyi cukup panjang, sekitar 2-3 menit, bahkan makin lama lagi pada musim kawin.

Bulu pada tubuh bagian bawah cokelat muda.
Bulu pada tubuh bagian bawah cokelat muda.

Burung jantan mempunyai sayap lebih luas daripada betina. Hal ini membuat gaya terbangnya lebih efisien, serta membantu saat hovering cukup lama. Meski jago terbang, sebagian besar waktu dihabiskan di permukaan tanah, untuk mencari makanan berupa biji-bijian dan serangga.

Mereka sering membuat sarang di atas tumpukan rumput kering atau semak-semak, mirip dengan perilaku reproduksi burung branjangan.

12 subspesies sanma eurasia

Sanma eurasia memiliki wilayah persebaran yang paling luas dibandingkan dengan tiga spesies sanma lainnya. Bahkan burung ini dijumpai di hampir semua negara Eropa, serta beberapa negara di Afrika dan Asia.

Berikut ini 12 ras atau subspesies dari burung sanma eurasia :

  • Alauda arvensis scotica (Tschusi, 1903)
    Habitat di baratlaut Eropa (Kep. Faeroe, utara dan selatan Scotlandia, Irlandia, dan baratlaut Inggris).
  • Alauda arvensis arvensis (Linnaeus, 1758)
    Habitat di wilayah Eropa (utara, barat, tengah), terutama mulai dari timur hingga barat Pegunungan Ural.
  • Alauda arvensis guillelmi (Witherby, 1921)
    Habitat di baratlaut Spanyol dan wilayah utara Portugal.
  • Alauda arvensis sierrae (Weigold, 1913)
    Habitat di selatan Portugal serta selatan dan tengah Spanyol.
  • Alauda arvensis cantarella (Bonaparte, 1850)
    Habitat di wilayah selatan Eropa, mulai dari Spanyol, kepulauan di Mediterrania, Turki, and Kaukasus.
  • Alauda arvensis harterti (Whitaker, 1904)
    Habitat di baratlaut Afrika.
  • Alauda arvensis armenica (Bogdanov, 1879)
    Habitat di Turki dan Iran.
  • Alauda arvensis dulcivox (Hume, 1872)
    Berkembang biak di wilayah tenggara Eropa, Russia, dan wilayah barat Siberia, Kazakhstan, China, dan Mongolia.
  • Alauda arvensis intermedia (Swinhoe, 1863)
    Berkembang biak di Siberia, China, dan Korea.
  • Alauda arvensis kiborti (Zaliesski, 1917)
    Berkembang biak di Transbaikalia, Mongolia, dan Manchuria.
  • Alauda arvensis pekinensis (Swinhoe, 1863)
    Berkembang biak di Siberia.
  • Alauda arvensis lonnbergi (Hachisuka, 1926)
    Berkembang biak di wilayah utara Sakhalin dan Pulau Shantar.

Audio dan video burung sanma eurasia

Ada empat audio yang disediakan Om Kicau untuk Anda mengenai suara burung sanma eurasia, monggo didengarkan dulu. Jika cocok, langsung diunduh.

  • Suara burung sanma eurasia 1

Download

  • Suara burung sanma eurasia 2

Download

  • Suara burung sanma eurasia 3

Download

  • Suara burung sanma eurasia 4

Download

  • Video sanma eurasia di alam liar

3. SANMA JEPANG

Burung sanma jepang (Alauda japonica)
Sanma jepang (Alauda japonica), burung endemik di Jepang.

Sanma jepang atau japanese skylark (Alauda japonica) merupakan burung endemik Jepang. Mereka biasanya mendiami kawasan pertanian dan perkebunan di Jepang, termasuk di Pulau Ryukyu.

Dulu sempat dimasukkan sebagai salah satu subspesies dari Alauda arvensis, dengan nama Alauda arvensis japonica. Tetapi belakangan dipisah dan menjadi spesies tersendiri dengan nama Alauda japonica, sedangkan nama internasionalnya adalah japanese skylark. Tidak ada ras atau subspesies sanma jepang.

Berikut ini video sanma jepang di alam liar :

4. SANMA RASO

Sanma raso (Alauda razae), burung endemik di Pulau Raso.
Sanma raso (Alauda razae), burung endemik di Pulau Raso, ujung barat Afrika.

Spesies ini merupakan burung endemik di Pulau Raso, yang berada dalam gugus Kepulauan Cape Verde, di ujung barat Afrika. Populasinya makin menyusut, dan berdasarkan IUCN Red List berada dalam status Critical (Kritis). Itu berarti satu tingkatan lagi dinyatakan punah di alam liar.

Makanan utamanya antara lain benih rumput, umbi tanaman, dan serangga (kupu-kupu, ngengat, dan belalang). Mereka juga sering mencari makanannya dengan menggali tanah, dan mendapatkan larva serangga maupun umbi.

Panjang tubuhnya hanya 14 – 18 cm, atau sedikit lebih besar daripada branjangan (12 – 15 cm). Burung jantan sedikit lebih besar daripada burung betina.

Warna bulu di bagian atas cokelat dengan garis-garis pendek berwarna hitam. Sedangkan tubuh bagian bawah cokelat muda (krem). Sebagaimana branjangan, burung ini juga berjambul, tapi hanya ditegakkan dalam kondisi tertentu.

Paruhnya panjang dan tebal, terutama pada burung jantan. Induk betina bisa menghasilkan 1-3 butir telur, yang akan dieraminya selama 15 hari.

Sanma raso, paruhnya tebal dan agak panjang.
Sanma raso jantan, paruhnya tebal dan agak panjang.

Berikut ini video burung sanma raso. Meski singkat, bahkan tanpa ocehan, kita pelototi saja perilakunya :

Begitulah sobat kicaumania, empat spesies sanma yang ada di dunia. Meski tak dijumpai di Indonesia (kecuali di pasar burung atau dalam sangkar piaraan sobat kicaumania), tidak ada salahnya jika kita terus menggali informasi mengenai berbagai jenis burung di seluruh dunia. Namanya juga hobi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.