13 Extra fooding alternatif untuk burung kicauan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Selain jangkrik dan ulat hongkong, sebenarnya masih ada berbagai jenis extra fooding (EF) yang bisa diberikan untuk burung kicauan Anda, yang bisa didapatkan di sekitar rumah tanpa harus membelinya. Apa saja pakan tambahan alami burung kicauan dan bagaimana cara mendapatkannya, semuanya akan dibahas dalam artikel ini. Tetapi sebelumnya kita perlu menyamakan persepsi terlebih dulu mengenai apa sebenarnya yang dimaksud dengan EF.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Sesuai dengan namanya, extra fooding merupakan pakan tambahan. Artinya, pakan ini diberikan sebagai pendukung dari pakan utama sehari-hari. Umumnya, pakan utama burung kicauan dalam sangkar adalah makanan kering atau voer. Jadi, konsep EF di sini berbeda dari kehidupan burung di alam liar.

Berdasarkan jenis makanan utamanya, burung di alam liar dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu :

  • Fructivora : Burung pemakan buah-buahan. Burung jenis ini hanya memakan buah-buahan saja di habitatnya, misalnya pisang, buah ara, pepaya, dan sebagainya.
  • Insectivora : Burung pemakan serangga. Burung jenis ini hanya memakan serangga kecil dan hewan-hewan kecil, baik itu vertebrata (bertulang belakang) maupun invertebrata (tak memiliki tulang belakang). Biasanya burung insectivora sejati menolak buah-buahan yang diberikan. Namun terkadang ada yang menyukai buah tertentu. Misalnya tledekan gunung yang menyukai buah berry, cipo menyukai kersen, dan kacer menyukai pisang.
  • Omnivora : Burung pemakan segalanya. Burung jenis ini akan memakan makanan apa saja yang ada di alam, mulai dari serangga kecil, hewan vertebrata, invertebrata, dan aneka buah-buahan. Keluarga cucak-cucakan (cucakrowo, trucukan, dll), keluarga cica daun (cucak hijau, cucak rantai, cucak biru, dll), keluarga punglor (anis merah, anis kembang, anis cendana, anis macan), keluarga jalak-jalakan, kepodang, dan sebagainya, termasuk burung omnivora.

Di habitat aslinya, setiap burung memiliki makanan favorit. Misalnya cucak hijau sangat menyukai pisang kepok putih, burung branjangan sangat menyukai belalang dan undur-undur, dan sebagainya.

Berbeda dengan burung yang dalam perawatan kita, mereka hanya diberikan makanan serangga atau buah yang lazim atau mudah dijumpai di pasaran, seperti jangkrik atau ulat hongkong. Itulah sebabnya, mengapa burung yang dipelihara dalam sangkar cenderung mengalami kekurangan nutrisi, khususnya vitamin dan kalsium,  dibandingkan dengan burung yang hidup di alam liar. Sebab, di alam liar, mereka memiliki instink untuk mencari pakan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Sedangkan dalam pemeliharaan manusia, semua suplai makanan sangat tergantung dari pemilik atau perawatanya.

Karena itu, sebagian besar pemilik burung dan penangkar burung selalu memberikan asupan multivitamin dan multimineral dari luar (maksudnya di luar pakan utama dan EF), untuk memastikan kecukupan vitamin dan mineral. Misalnya BirdVit yang bisa diberikan secara berkala setiap 2-3 kali dalam seminggu, dan BirdMineral yang cukup diberikan sekali dalam seminggu.

Pemberian extra fooding lebih dimaksudkan untuk menutupi kekurangan nutrisi utama. Yang termasuk nutrisi utama antara lain energi metabolisme, karbohidrat, protein, lemak, dan serat kasar. Pakan kering seperti voer umumnya sudah memiliki kandungan energi metabolisme dan protein yang mencukupi, tetapi semuanya tergantung pabrikan yang membuatnya. Namun untuk vitamin dan mineral sangat riskan untuk mengandalkannya dari voer, karena belum tentu komplet dan secara kuantitatif pun belum tentu tercukupi.

Lalu, extra fooding apa yang bisa diberikan kepada burung kicauan selain jangkrik atau ulat hongkong? Berikut ini 13 jenis EF alternatif yang bisa diberikan kepada burung, dan sebagian di antaranya bisa didapatkan di lingkungan sekitar rumah :

1. Kelabang atau lipan

Kelabang atau lipan dikenal sebagai salah satu makanan favorit burung di alam liar. Beberapa pemilik dan penangkar burung  pun mulai berani memberikan EF ini, karena kelabang dikenal sanggup menaikan performa burung kicauan, khususunya untuk murai batu dan kacer. Namun porsi pemberiannya harus disesuaikan dengan karakter burung.

Yang penting, pada masa awal jangan diberikan secara berlebihan. Jika porsi yang diberikan sudah tepat, dalam arti performa burung mengalami peningkatan dan tidak ada gangguan yang berarti, berarti bisa dijadikan patokan khusus untuk burung yang bersangkutan. Kelabang diyakini mampu mengatasi burung yang kurang birahi, kurang mental , ataupun hanya ngeriwik saja.

Murai batu yang memakan kelabang
Murai batu yang memakan kelabang

2. Lotus seed worm

Istilah ini mungkin agak asing bagi kita. Pakan ini justru popular di kalangan plecimania di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Pemberian lotus seed worm (LSW) pada burung kicauan, terutama pleci, diyakini bisa mempercepat burung buka paruh. Saya belum tahu apakah pakan ini sudah dijual di Indonesia atau belum (mohon informasi bagi yang mengetahui pedagang LSW di Indonesia).

3. Belalang

Belalang, khususnya belalang belalang hijau, merupakan serangga favorit hampir semua burung kicauan, seperti jalak kerbau, jalak nias, branjangan, ciblek, prenjak, dan sebagainya. Namun sebaiknya yang dipilih adalah belalang hijau, karena belalang warna lain terkadang mengandung racun, seperti belalang berbintik hitam atau belalang kehitaman.

Burung yang sedang memakan belalang
Burung yang sedang memakan belalang

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

4. Kecebong

Kecebong merupakan anakan katak yang terdapat dalam genangan air / kolam. Bentuknya seperti ikan kecil dengan kepalanya yang besar. Pemberian kecebong pada burung dipercaya bisa memberikan sifat tenang, khususnya pada burung yang teralu giras / liar.

Kecebong
Kecebong

5. Katak kecil

Katak kecil merupakan pakan alami dari sebagian besar burung kicauan di alam liar. Beberapa jenis burung yang dikenal sangat menggemari katak kecil antara lain kepodang, cendet, jalak putih, dan jalak suren.

Cendet yang sedang memakan katak kecil
Cendet yang sedang memakan katak kecil

6. Buffalo worm

Buffalo worm merupakan jenis ulat yang mirip ulat hongkong (mealworm). Ulat ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan ulat hongkong. Buffalo worm lebih besar dari ulat hongkong. Mungkin di sini kita mengenalnya dengan nama ulat jerman.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Buffalo worm
Buffalo worm

7. Ikan kecil

Ikan-ikan yang berukuran kecil juga menjadi salah satu pakan hidup alternatif untuk burung kicauan di rumah seperti murai batu, anis merah, anis kembang, kacer, dan sebagainya.

Ikan cere untuk burung kicauan
Ikan cere untuk burung kicauan

8. Laba-laba kecil

Laba-laba berukuran kecil merupakan makanan yang dianggap “camilan lezat” bagi burung kicauan, terlebih pleci dan murai batu. Dalam sebuah penelitian disebutkan, pemberian laba-laba pada anak burung oleh indukan bisa merubah karakter, mental, dan kemampuan bernyanyi ketika burung beranjak dewasa. Hal ini dikarenakan laba-laba banyak mengandung taurine: asam amino yang sering ditemukan dalam susu dan minuman berenergi.

Burung yang memberi makan laba-laba pada anaknya
Induk memberi laba-laba kepada anaknya

9. Kecoak tanah

Kecoa tanah (lipas) atau cecunguk batu (Dubia roaches) bisa menjadi EF alternatif jika suatu saat Anda kesulitan memperoleh jangkrik di kios / toko pakan burung. Kecoa tanah bisa diberikan kepada burung sejenis murai batu. Tetapi jika seekor murai batu diberi dua cepuk, masing-masing berisi jangkrik dan kecoa tanah dalam jumlah yang sama, maka burung biasanya akan menghabiskan jangkrik terlebih dulu.

Kecoa tanah biasa diternak untuk dijadikan pakan ikan dan reptil, atau sebagai umpan saat memancing. Kecoa jenis ini sangat berbeda dari kecoa rumah atau kecoa selokan yang sering kita jumpai. Kecoa rumah atau kecoa selokan memiliki bau yang agak menyengat, dan sangat tidak baik jika termakan burung piaraan Anda.

KECOAK ( DUBIA ROACHES )
Kecoa tanah (Dubia roaches)

10. Cacing tanah

Cacing tanah selama ini sudah sering digunakan sebagai EF baik bagi burung piaraan maupun burung penangkaran. Cacing tanah merupakan sumber protein yang baik bagi burung peliharaan seperti anis kembang, anis merah, dan ciung batu. Bahkan Om Hery (Hery Bird Farm Anyer) mengatakan, cacing tanah menjadi kunci keberhasilan dalam penangkaran anis kembang. Tetapi bukan hanya burung-burung itu saja yang menyukai cacing tanah. Murai batu, kacer, tledekan gunung dan tledekan laut juga sangat menyukai cacing tanah.

Cacing tanah pakan penuh gizi bagi burung kicauan
Cacing tanah, pakan bergizi bagi burung kicauan

11. Ulat bambu

Ulat bambu merupakan larva dari Erionota thrax. Sebenarnya EF ini sering digunakan oleh penggemar burung sebagai pakan hidup atau sebagai umpan ikan bagi yang gemar memancing. Ulat berwarna putih ini sering dijual dalam sebilah bambu dan bisa ditemukan juga dalam lipatan daun pisang yang dikenal dengan nama ulat pisang. Ulat ini dipercaya bisa mengurangi tingkat birahi dari burung yang mengalami over birahi, karena sifatnya yang mendinginkan.

Ulat bambu dan ulat pisang
Ulat bambu dan ulat pisang

12. Undur-undur

Undur-undur sering diberikan kepada burung seperti branjangan dan perkutut. Serangga unik ini mulai jarang ditemukan di sekitar kita. Padahal, selain memiliki khasiat pengobatan bagi manusia, undur-undur juga bermanfaat untuk menghilangkan stres bagi burung sejenis branjangan (termasuk sanma dan pailing) serta mempercepat burung berbunyi.

Undur-undur pakan alternatif untuk branjangan
Undur-undur pakan alternatif untuk branjangan

13. Buah kersen

Pohon kersen  atau talok jika ditanam di halaman rumah bisa mengundang kehadiran burung-burung. Buahnya yang kecil dan berwarna kemerahan ini memiliki rasa sangat manis, sehingga sangat digemari burung-burung fructivora. Bahkan cipoh / sirpu dan tledekan yang notabene pemakan serangga dan kurang menyukai buah-buahan pun sering kesengsem mencicipi buah ini. Selain kersen, ada juga buah berry yang digemari burung-burung tersebut.

Buah kersen dan buah berry yang disukai burung pemakan serangga
Kersen dan berry disukai burung pemakan serangga

Itulah beberapa EF alternatif yang bisa diberikan kepada burung kicauan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

6 Comments

  1. malem om kalau cucak ijo biar cepat nggacor pakai ef yang mana trus birahinya biar bisa normal trims om q tunggu balasan nya

Komentar ditutup.