Audio kiriman Om Syaifudin Sampit: Jangkrik, belibis, serindit, peluit, dan botol

Om Syaifudin Zuhri, salah seorang tokoh kicaumania di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kemarin mengirim enam suara masteran untuk burung kicauan. Pengiriman ini dilakukan dengan mengirim email ke redaksi@omkivau.com. Ada enam suara master yang dikirim Om Syaifudin, yang sehari-hari bertugas di kesatuan Brimob Sampit, yaitu jangkrik sawah, jangkrik mbering, serindit, belibis, peluit, dan suara botol. Yang berminat, silakan didengar atau diunduh.

Om Syaifudin Zuhri
Om Syaifudin Zuhri

Sambil mendengarkan suara-suara master kiriman Om Syaifudin, saya ingin bercerita sedikit tentang figur yang satu ini. Di sela-sela pengabdiannya sebagai anggota Polri, beliau juga sangat aktif membina para kicaumania di Kalimantan Tengah pada umumnya, dan Sampit pada khususnya.

Sebagian besar lomba burung tingkat regional di Sampit merupakan gawe Om Syaifudin dan kawan-kawan. Upayanya dalam membina para kicaumania pun kini menuai hasil. Lomba burung di Sampit kini identik tanpa teriakan.

Suara peluit

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Menurut Om Syaifudin, suara peluit ini bersumber dari suara murai batu yang pernah diupload Om Kicau. Melalui kreativitasnya, Om Syaifudin melakukan editing sedemikian rupa, dengan mengambil beberapa suku kata yang dilafalkan murai dengan cepat, kemudian diulang-ulang pada bagian tertentu sehingga membentuk bunyi peluit nan merdu.

Download

Hasil editing Om Syaifudin ini berbeda dari suara peluit yang pernah diupload Om Kicau di sini. Sebab Om Kicau melakukan modifikasi suara burung wallet alpin (alpine swift), sehingga hasilnya berupa suara peluit ngetril panjang.

Suara mirip serindit

Kok judulnya suara mirip serindit? Ya, ini juga buah kreativitas Om Syaifudin. Audio ini sebenarnya bukan suara serindit, tetapi suara murai batu yang juga pernah diunggah Om Kicau. Setelah diambil pada dencingan-dencingan tertentu, kemudian diedit, maka jadilah suara mirip serindit, dan bagus untuk dijadikan master bagi serindit kesayangan di rumah.

Download

Sekadar perbandingan, Om Kicau pernah mengunggah audio burung serindit. Silakan cek di sini.

Suara botol

Ini agak unik. Saya tidak tahu dari mana sumber bunyinya. Apakah mulut botol ditiup kemudian direkam, disunting, sehingga menjadi irama yang bagus. Yang pasti, hasilnya bisa dijadikan alternatif masteran bagi burung kicauan Anda di rumah.

Download

Suara jangkrik sawah

Download

Suara jangkrik mbering

Download

Untuk download suara jangkrik versi lain, silakan mampir ke sini.

Suara belibis

Download

Inilah indahnya kreativitas. Dan, ini pula indahnya berbagi. Om Kicau mengundang partiipasi sobat kicaumania yang mau berbagi suara masteran untuk burung kicauan, untuk kita bagi bersama, agar semua burung kicauan di Indonesia bisa juara, setidaknya juara di rumah masing-masing, he.. he.. he..  Silakan kirim audio atau video Anda melalui alamat email redaksi@omkicau.com.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

6 Comments

Komentar ditutup.