Download ebook “Burung-burung Agroforest di Sumatera” karya Asep Ayat

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Untuk menambah pengetahuan tentang berbagai jenis burung di Indonesia, khususnya di Sumatera, Om Kicau meneruskan amanat dari penerbit, The World Agroforestry Centre (ICRAF), untuk menyebarluaskan ebook Burung-burung Agroforest di Sumatera. Buku ini ditulis dengan sangat teliti oleh Om Asep Ayat, setebal 122 halaman. Selain penting bagi para pemerhati keanekaragaman hayati termasuk birdwatcher (pengamat burung), juga bisa menjadi panduan bagi sobat kicaumania mengenali daftar jenis burung di Sumatera.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Buku “Burung-burung Agroforest di Sumatera” karya Asep Ayat ini merupakan sebuah rangkuman dari rentetan penelitian yang dilakukan di empat kawasan agroforest Sumatera, yaitu agroforest karet di Simalungun dan Batang Toru (keduanya di Sumatera Utara), agroforest karet di Bungo (Jambi) dan agroforest kopi di Sumberjaya (Lampung).

Agroforest merupakan salah satu tipe penggunaan lahan yang banyak diterapkan masyarakat di Sumatera, karena dianggap memiliki fungsi dalam mendukung kebutuhan ekonomi masyarakat dari tanaman utamanya, dan memiliki fungsi ekologi dalam menjaga kelestarian sumber daya air, kesuburan tanah, pengatur iklim dan habitat bagi keanekaragaman hayati.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat sekitar 300 jenis burung ditemukan pada kawasan agroforest dan sekitarnya di Sumatera. Hal ini menjadi indikasi nyata bahwa kawasan agroforest di Sumatera mampu memberikan daya dukung sebagai habitat burung. Artinya, kawasan agroforest dapat menyediakan kebutuhan hidup seperti pakan dan tempat tinggal bagi berbagai jenis burung.

Buku ini dirancang untuk pegangan bagi masyarakat dan pemerhati keanekaragaman hayati agar dapat mengenali jenis-jenis burung, sehingga tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan dan manfaatnya. Penulis berharap masyarakat dan para pemerhati keanekaragaman hayati dapat memberikan kontribusi terhadap pelestarian jenis-jenis burung sebagai indikator lingkungan dari aspek keanekaragaman hayati.

Ebook ini hanya berukuran 2,404 MB, jadi tidak terlalu membebani komputer Anda. Silakan pencet gambar untuk mengunduh ebook ini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

ebook burung

Note: Setelah diklik, akan terbuka browser baru yang menampilkan ebook dalam format PDF. Jika loading sudah selesai, arahkan kursor ke halaman paling akhir (bisa menggunakan panel naik-turun di sisi kanan halaman). Nanti akan ketemu berbagai fasilitas, termasuk Simpan, Cetak, dan sebagainya, Klik saja panel Simpan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.