Mabung belum kelar, Natalia absen di Piala Raja

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Beberapa hari terakhir, banyak kicaumania yang bertanya tentang keikutsertaan murai batu Natalia dalam Piala Raja 2013 di Taman Candi Prambanan, Sleman, Minggu (9/6) besok. Maklum, gaco milik Om Gunawan Solo ini merupakan juara bertahan dengan menjuarai kelas paling bergengsi, Maharaja, di Piala Raja 2012. Om Kicau pun menelepon Om Gunawan. “Natalia belum bisa turun lomba, mabungnya belum kelar sepenuhnya. Masih nunggu bulubulu baru kering dulu. Sampaikan permintaan maaf saya kepada teman-teman peserta lainnya,” kata Om Gunawan.

Om Gunawan majikan Natalia
Om Gunawan

Masa mabung murai batu memang bervariasi, biasanya dalam kisaran 3 – 5 bulan. Bulu-bulu Natalia mulai rontok pada akhir Januari lalu, atau setengah bulan setelah Happy Birthday –salah satu rival beratnya– juga rontok bulu.

Namun karakter burung memang berbeda-beda, termasuk durasi mabungnya. Proses ganti bulu Happy Birthday milik Akia Jambi relatif cepat, bahkan sudah dilombakan dalam Latber Arizona Jambi pada 19 April lalu.

Sedangkan Natalia kini dalam proses pengeringan bulu-bulu barunya. Sejak berada di tangan Om Gunawan, Natalia sudah empat kali mabung (termasuk yang terakhir). Saat di tangan pemilik lama baru sekali mabung. Dengan demikian, Natalia sudah lima kali ganti bulu.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Saat ini Om Gunawan sedang menunggu bulu-bulu baru Natalia menjadi kering total, sekaligus terus-menerus melakukan pemasteran dengan burung-burung masternya selama ini, terutama lovebird dan kenari. Inilah yang membuat MB ekor hitam terbaik di Indonesia ini belum bisa diturunkan dalam Piala Raja 2013.

Aksi murai batu jawara
Gaya murai batu Natalia yang selalu buka mulut lebar-lebar

Lovebird yang digunakan Om Gunawan memang aduhai, memiliki suara panjang dan bergelombang. Konon, harganya mencapai di atas Rp 25 juta. Kepada Om Kicau, Om Gunawan mengatakan lovebird master ini pernah dirayu seseorang untuk di-take-over.

Tetapi karena lovebird ini merupakan salah satu master andalan untuk Natalia, dia tidak terpengaruh dengan pinangan koleganya itu. Selain isian lovebird dan kenari, Natalia memiliki kebiasaan tertentu saat di lapangan menjelang lomba (cek infonya di sini) Bagi yang kangen dengan aksi Natalia, silakan lihat videonya di sini.

Absennya Natalia di Piala Raja 2013 membuat Ming Basket Surabaya tak bisa bernostalgia dalam “peperangan seru” tahun lalu. Ya, dalam Piala Raja 2012, Natalia bersaing ketat dengan Super Bejo milik Ming Basket di dua sesi murai batu.

Di Kelas Maharaja, Natalia menjadi juara 1 dan memaksa Super Bejo di urutan kedua. Tetapi di Kelas Prameswari, giliran Super Bejo yang berada di posisi pertama, sedangkan Natalia di urutan kedua.

Super Bejo yang menjadi murai batu terbaik dalam even Ronggolawe Cup di Cibubur, 12 Mei lalu, berpeluang menjadi murai terbaik. Tetapi, ia harus bersaing ketat dengan Hokky Boy milik Mr Baim (Jalak Bali Team) yang dalam tiga bulan terakhir terus mencetak prestasi.

Kita tunggu siapa murai terbaik di Piala Raja.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.