Egg food sebagai pengganti kroto untuk ciblek

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Ciblek merupakan salah satu jenis burung kicauan yang cukup popular di Indonesia, baik untuk kelangenan, masteran, atau untuk dilombakan. Jika ingin rajin bunyi, perawatan ciblek tidak lepas dari pemberian kroto setiap hari. Tetapi bagaimana jika suatu saat kita kehabisan kroto, bahkan mencari di pasar / toko burung pun susah? Anda bisa membuat egg food sebagai pakan pengganti kroto untuk ciblek.

Ciblek sebenarnya merupakan nama popular untuk perenjak jawa atau perenjak kebun (Prinia familiaris). Tapi kemudian sering dilekatkan pula sebagai nama depan dari beberapa jenis perenjak lainnya. Misalnya perenjak gunung disebut ciblek gunung (Prinia atrogularis), yang juga memiliki suara merdu. Ada lagi perenjak padi atau ciblek alang-alang (Prinia inornata) dan perenjak cokelat / ciblek cokelat (Prinia polychroa).

Jenis ciblek populer yang banyak dipelihara
Beberapa jenis burung ciblek yang popular di Indonesia.

Bagi pemula, tidak mudah untuk memelihara ciblek hasil tangkapan hutan, apalagi yang masih liar. Sebeb ciblek yang baru dibeli dari pasar burung, serta diperoleh pedagang dari pengepul maupun pemikat, belum tentu mau menerima pakan buatan seperti voer. Tidak heran kalau ada yang menganggap ciblek termasuk salah satu jenis burung yang rentan mati.

Tetapi jika sudah tahu cara menanganinya, sebenarnya anggapan seperti itu bisa dijauhkan dari fikiran kita. Di sini diperlukan kesabaran dan waktu untuk membuat burung mau beradaptasi dengan lingkungan barunya. Jika  sudah mau beradaptasi, baru dilatih secara bertahap agar mau makan voer, sehingga kesempatan hidup bagi ciblek menjadi lebih besar.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, kroto harus diberikan setiap hari dengan porsi 2-3 sendok teh. Untuk meningkatkan peluang hidupnya, membuat kondisinya fit setiap hari, dan menjadi gacor, berikan multivitamin seperti BirdVit dua kali seminggu.

Pemberian BirdVit, baik dalam bentuk tepung maupun cair, bisa dilakukan dengan cara dioleskan ke permukaan  kroto. Untuk BirdVit cair, dosisnya cukup 3-4 tetes saja. Sedangkan untuk BirdVit tepung, ambil saja secuil kecil (bahkan hanya seukuran 1/2 pentol korek) dan ditabur di atas permukaan kroto.

Pakan alternatif pengganti kroto

Ciblek tidak bisa lepas dari kroto jika ingin rajin berbunyi
Ciblek tidak bisa lepas dari kroto jika ingin rajin berbunyi

Dalam kondisi normal, ketika kroto mudah didapatkan, dianjurkan tetap memberikan kroto sebagai pakan tambahan alaminya. Tetapi sedia payung sebelum hujan! Untuk itulah, Om Kicau menurunkan artikel ini, yaitu cara membuat egg food sebagai pengganti kroto untuk ciblek Anda.

Kalau suatu ketika terjadi situasi-kondisi tertentu sehingga Anda tak bisa mendapatkan kroto, maka payung yang sudah disediakan Om Kicau dapat dipraktikkan.

Sebenarnya egg food bisa digunakan untuk burung kicauan lain, terutama jenis soft bill, dan kerap digunakan para penangkar dan pemilik burung di luar negeri.

Om Kicau sudah beberapa kali menurunkan artikel mengenai pembuatan egg food, terutama untuk tledekan (cek artikelnya di sini). Selain sebagai pengganti kroto, egg food juga dapat dimanfaatkan menggacorkan cucak jenggot, pleci dan parkit. Pakan racikan ini juga dapat digunakan untuk masa pelolohan sewaktu burung ditangkarkan, khususnya kenari dan jenis finch lainnya.

Sesuai dengan namanya, egg food ini terbuat dari bahan dasar telur rebus. Cara pembuatannya tergantung dari jenis burung. Untuk ciblek, telur yang digunakan adalah telur puyuh. Tetapi ini bukan ketentuan mutlak, karena Anda juga bisa menggunakan telur ayam maupun telur bebek. Bagian telur rebus yang digunakan hanya kuning telur saja.

Bahan tambahan lainnya adalah susu bubuk dan minyak ikan. Minyak ikan tidak perlu beli yang botolan, cukup kapsul minyak ikan yang bisa dibeli di apotek atau toko obat terdekat.

Telur puyuh - Minyak ikan - Susu bubuk
Bahan egg food ciblek: telur puyuh , minyak ikan, dan susu bubuk.

Proses pembuatan egg food untuk ciblek

  • Telur direbus hingga matang benar. Buang kerabangnya, potong jadi dua bagian dan ambil kuning telurnya saja. Di sini, kita hanya menggunakan 1/2 bagian kuning telur.
  • Masukkan kuning telur ke dalam mangkuk kecil, lalu diaduk-aduk / digerus menggunakan sendok makan sehingga menjadi bubuk.
  • Jika Anda menggunakan telur puyuh, tambahkan 1/2 sendok teh susu bubuk ke dalam bubuk kuning telur tersebut. Tetapi jika Anda menggunakan telur ayam atau telur bebek, porsi susu buku yang ditambahkan sebanyak 1,5 sendok teh. Aduk kembali hingga kedua bahan (kuning telur dan susu bubuk) tercampur secara merata.
  • Sekarang ambil 2-3 butir kapsul minyak ikan, Gunting ujung kapsul, dan tuangkan minyak ikan ke dalam mangkuk kecil yang berisi adonan kuning telur dan susu bubuk. Aduk kembali agar minyak ikan mengenai semua bagian dari adonan.

Cara penggunaan egg food

  • Setelah adonan tercampur semua, pakan bisa langsung diberikan kepada ciblek dengan porsi seperlunya saja. Misalnya 1/4 bagian dari cepuk pakan.
  • Sisanya bisa disimpan dalam lemari pendingin, untuk digunakan esok hari. Pakan yang didinginkan jangan langsung diberikan kepada burung, tetapi diangin-anginkan hingga suhunya menjadi netral / suhu kamar.

Perlu diketahui, egg food ini hanya sekadar pengganti kroto selama sulit didapatkan. Jika kroto masih dijumpai di pasaran, dianjurkan tetap menggunakan kroto. Jika ingin ciblek lebih lincah dan  rajin berbunyi, berikan kroto  yang sudah diolesi multivitamin seperti penjelasan sebelumnya.

Bisa juga memodifikasi egg food, di mana kroto dicampur dengan 1/4 kuning telur puyuh, lalu diolesi BirdVit, yang bisa dijadikan menu harian, atau minimal dua hari sekali.

Jangan lupakan extra fooding (EF) lainnya seperti jangkrik kecil dan ulat hongkong berwarna putih, masing-masing sebanyak 1-2 ekor setiap hari. Perawatan lain seperti mandi dan jemur juga perlu dirutinkan setiap hari agar burung selalu merasa segar dan nyaman. Dua hal ini juga sangat berperan dalam menentukan kegacoran burung.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

14 Comments

    • untuk cendet atau burung kicauan lainnya juga bisa om, hanya perlu dilatih / dikenalin dulu dengan makanan tsb hingga terbiasa.

  1. Pernah baca sebuah artikel, majori feed formula. Katanya pemberian susu, menyebabkan dehidrasi pada burung. Iya apa gak,om duto.

  2. om ciblek kalo sering rontok ekor g mana…? tapi numbuh lagi…
    sementara ini BIRDVIT 2x seminggu…kroto tip hari 1 sendok teh..
    tks….

Komentar ditutup.