6 Minggu nonstop Happy Birthday juara

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Diam-diam Akia alias Herjohan (Jambi) melakukan uji coba terhadap daya tahan dan stabilitas murai batu. Yang menjadi “kelinci percobaan”  tentu gaco andalannya, Happy Birthday (HB). Uji coba yang dilakukannya adalah menurunkan HB dalam lomba selama 6 minggu berturut-turut (nonstop). Hasilnya? Burung ini sukses sekali nyeri, tiga kali juara 1, dan hanya 2 kali ikut lomba dengan hasil runner-up. “Saya ingin membuyarkan mitos bahwa murai batu tidak kuat digeber selama setiap minggu berturut-turut,” kata Akia.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

MB Happy Birthday
Happy Bithday: Stamina prima !

Selama ini berkembang anggapan, prestasi murai batu yang tiap pekan dilombakan bakal tidak stabil,  bahkan bisa merusak performa suaranya. “HB telah membuktikan mitos itu tidak benar. Asalkan kita bisa mengatur ritme berlomba, burung tetap berprestasi, dan itu terbukti pada HB,” ujar Akia, tanpa bermaksud jumawa, melainkan sekadar ingin mematahkan mitos tersebut.

Mitos ini memang sudah berembus sejak lama. Bahkan, ketika membuka kliping lama, Om Kicau  menemukan artikel yang berkaitan dengan itu. Dalam Tabloid Agrobur No 155 Minggu IV / Februari 2003, Tony Suhendra dari Antasari BC Tulungagung juga menjelaskan masalah tersebut. Silakan baca sendiri petikan berita tersebut di bawah ini.

kliping murai batu

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Rupanya, mitos itu terus bertahan. Itu sebabnya, Akia mencoba mematahkan anggapan tersebut dan rupanya berhasil. Terakhir, dalam even EB-Odjoss Bird Champion di Cibubur, Minggu (30/6), Happy Birthday sukses menjadi juara 1 Kelas EB-Odjoss dan juara 3 Kelas Kemayoran.

“Selama enam minggu berturut-turut, HB selalu juara satu, kecuali di Bulian dan Bandung yang juara kedua. Itupun karena ada x-factor,” jelas Akia.

Di Bulian, misalnya, jumlah murai batu yang bertarung hanya 15 ekor dan banyak gantangan kosong. Sehingga daya bertarungnya tidak sehebat kalau banyak musuhnya. Sedangkan di Bandung, Akia tak bersedia menjelaskan x-factor yang dimaksud, karena tak ingin menyakiti sesama pemain lainnya.

Berikut ini catatan Om Kicau mengenai prestasi Happy Birthday selama enam minggu berturut-turut, ditambah prestasi dua pekan sebelum dilakukan uji coba, yaitu dalam even Ronggolawe Cup di Cibubur, 12 Mei lalu.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Prestasi HB selama 6 minggu nonstop

TanggalEven / KotaPrestasi
30 Juni 2013EB-Odjoss / JakartaJuara 1 Kelas EB-Odjoss
Juara 3 Kelas Ronggolawe
23 Juni 2013Liga Sumatera Seri 4 /  LampungJuara 1 Liga Sumatera A
Juara 5 Liga Sumatera B
16 Juni 2013Pangdam Siliwangi Cup / BandungJuara 2 Kelas Pangdam
Juara 3 Kelas Armed
9 Juni 2013Kapolres Cup / BulianJuara 2 Kelas Kapolres
2 Juni 2013Kicaumania Cup / JakartaJuara 1 Kelas kicaumania.or.id
Juara 1 Kelas Forum KM
26 Mei 2013Liga Sumatera Seri 3 / PariamanJuara 1 Liga Sumatera B
Juara 3 Liga Sumatera A
12 Mei 2013Ronggolawe Cup / JakartaJuara 1 Kelas Ebod Vit
Juara 1 Kelas E-Bodre
Juara 2 Kelas Ronggolawe

Bahkan, kalau dihitung dengan Ronggolawe Cup (12 Mei), Happy Birthday tampil 8 minggu (kecuali 19 Mei istirahat). Dalam even yang juga berlangsung di Cibubur itu, HB sukses meraih double winner dan sekali runner-up.

Jika dicermati, selama enam pekan nonstop itu pula, Akia selalu menurunkan Happy Birthday dalam dua sesi saja. Beberapa pemain, khususnya peserta Liga Sumatera, memang sempat membicarakan hal ini. Sebab, biasanya HB turun sebanyak 3-4 sesi.

“Sejak semula saya memang mendesain HB hanya turun di dua sesi, selama uji coba menurunkannya selama enam minggu nonstop. Hal ini untuk menjaga staminanya agar tetap prima,” jelas Akia kepada Kelana Lana yang melaporkannya untuk omkicau.com.

Akia Jambi
Akia (kiri) bersama kakak, Herman, usai meraih trofi juara 1 dan 3 di even EB-Odjoss.

Setelah even EB-Odjoss, HB istirahat selama tiga minggu. Akia baru menurunkannya kembali dalam even di Sentul, 21 Juli mendatang. Adapun Liga Sumatera istirahat selama dua bulan, dan baru akan dimulai lagi di Bangka, 8 September 2013 (Seri 5).

“Mulai seri kelima hingga seri ketujuh atau seri terakhir, HB akan fokus di Liga Sumatera. Selama ini, saya akui, memang kurang fokus. Makanya, dalam tiga seri terakhir, HB siap turun tiga sampai empat sesi sekaligus,” tuturnya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.