Cucak hijau Dahsyat: Tiga gelar dalam seminggu

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Di kawasan Jabodetabek, cucak hijau menduduki peringkat ketiga dalam hal popularitas burung lomba setelah murai batu dan lovebird. Jumlah peserta dalam setiap sesi lumayan banyak, persaingan pun cukup sengit. Tidak jarang muncul debutan baru, menyingkirkan gaco lawas dan mapan. Salah satu gaco anyar yang layak diperhitungkan adalah Dahsyat, cucak hijau milik Mr Yayang dari PS3 Jakarta.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Meski baru sebatas even regional, prestasi cucak hijau Dahsyat belakangan ini ramai dibicarakan di kawasan Jabodetabek. Pasalnya, gaco ini berhasil menjadi juara pertama dari tiga even yang diikutinya dalam waktu seminggu.

Dahsyat meraih kemenangan dalam even BnR di Cijantung, Rabu (26/6). Tiga hari berikutnya, Sabtu (29/6), juara di Yon Angmor Jakarta Pusat. Sehari kemudian, Minggu (30/6) lalu, berjaya dalam Lomba Burung Berkicau Marhaban Ya Ramadhan di Bekasi.

Cucak hijau Dahsyat
Cucak hijau Dahsyat in action.

Meski mengaku masih pemula, Yayang mengatur sendiri setelan untuk cucak hijau Dahsyat. Tetapi setiap turun lomba, ada mekanik andal yang selalu menemaninya, yaitu Rudin.

Tips jaga stamina dan performa suara

Untuk menjaga stamina, sehari-hari Dahsyat menempati kandang umbaran. Ini dilakukan sejak Senin, atau sehari setelah lomba, hingga Rabu. “Sekalian mandi dan jemur hingga sore hari,” kata Yayang.

Adapun untuk menjaga kestabilan suara, dia memberi pakan utama berupa pisang kapok. Tetapi khusus Senin, burung diberi pepaya untuk menurunkan birahinya. Sedangkan pada hari lomba, burung diberi apel merah dengan pengaturan tertentu.

Pagi sebelum berangkat lomba, Dahsyat diberi pakan utama apel merah. Setiba di arena lomba, menu diganti dengan pisang kepok. Jadi, pisang diberikan menjelang digantang. Untuk extra fooding, Yayang memberikan 5 ekor jangkrik dan 5 ekor ulat hongkong.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Setelah itu burung siap digantang. Kalau sudah disetel seperti itu, insya Allah burung akan ngebongkar suaranya di lapangan. Semua materi lagu, isian, dan tembakannya akan keluar. Begitu selesai sesi pertama, kalau turun lagi di sesi berikutnya, ulat hongkong ditambah dua atau tiga ekor,” ungkap Yayang.

Cucak hijau Dahsyat
Mr Yayang (kiri) bersama mekaniknya, Rudin, dan cucak hijau Dahsyat.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Perlakuan  wajib yang mesti dilakukannya untuk Dahsyat di lapangan adalah dijemur dulu sebelum digantang. Sebab tipikal burung ini suka panas. Kalau kondisi cuaca panas, kinerjanya makin maksimal dengan performa terbaiknya.

Saat berlomba, Dahsyat akan mengeluarkan tembakan senjata andalan berupa isian ekek geling dan tonjolan suara gereja tarung, serta variasi materi lagu lainnya. (d’one)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.