Obelix Jr: Rahasianya kroto dan telur puyuh

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Andre Sutanto dikenal spesialis pengorbit kacer dan kenari jawara, meski sebenarnya bisa juga menangani jenis burung kicauan lainnya. Untuk kacer, dia pernah mengorbitkan Charly yang kini sudah di-take-over H Rihan Variza (Kalteng) dan Senpi yang masih dibesutnya. Sedangkan untuk kenari, namanya pernah kondang melalui Obelix. Kini, dua mempunyai tiga kenari andalan, yaitu Snow White, Hercules, dan Obelix Jr. Artikel kali ini khusus membahas perawatan Obelix Jr.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Mengenai bagaimana perawatan kenari Snow White, Om Kicau sudah pernah menjelaskannya di sini. Demikian pula dengan suaranya, baik dalam video maupun audio, sudah pernah dimuat di sini.

Kali ini, Andre ingin berbagi tips perawatan kenari Obelix Jr. Tidak banyak yang tahu mengenai prestasi Obelix Jr, karena memang belum banyak diekspose di media.

Kenari Obelix Jr
Obelix Jr, yorkshire lokal, yang terus moncer di kelas kenari semi isian.

Ketika Andre membawa kacer Senpi dan kenari Snow White dalam EB-Odjoss Bird Champion di Cibubur, Minggu (7/7) lalu, sesungguhnya dia juga membawa kenari Obelix Jr dan Hercules. Dua kenari jawara  ini tidak diturunkan di Cibubur, melainkan dalam even Kelapa Dua Enterprise Jakarta Barat, pada hari yang sama.

Hasilnya, Obelix Jr yang dikawal Kinkin nangkring di urutan pertama Kelas Kenari Bebas. Adapun Hercules yang dikawal Reiza Kojum menjadi runner-up untuk kelas yang sama. Sebelumnya, Obelix Jr juga pernah diturunkan dalam Kicaumania Cup di Lapangan Banteng Jakarta, 2 Juni lalu, dan menjadi runner-up di Kelas Kenari Semi Isian Jatijajar.

“Sebelumnya saya beri nama Panoramix. Dia saya latih ketika berumur 11 bulan. Namun, sebulan kemudian, namanya saya ganti menjadi Obelix Jr, dan mulai saya turunkan ke berbagai even,” kata Andre.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Andre Obelix Suranto
Andre Sutanto saat mengikuti even Piala Raja 2013 di Candi Prambanan.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Menurut Andre, Obelix Jr memiliki prospek cukup menjanjikan. Buktinya, setelah diturunkan ke beberapa even lomba, burung ini rajin masuk peringkat terbaik. “Obelix Jr merupakan yorkshire lokal, dengan isian full blackthroat,” tambah Andre.

Bagi yang belum sempat melihat aksi Obelix Jr, berikut ini tayangan videonya. Di bawah video ada panel audio mp3 hasil konversi video tersebut, yang bisa didengar maupun langsung diunduh.

Video kenari Obelix Jr   l   Download

Audio kenari Obelix Jr   l    Download

Perawatan harian dan lomba

Berikut ini perawatan yang diberikan Andre kepada Obelix Jr, baik harian maupun menjelang lomba dan saat lomba:

  • Setiap pagi, burung dikeluarkan, dianginkan sebentar, kemudian mandi dan jemur.
  • Lama penjemuran tergantung cuaca.
  • Jika hujan, burung bahkan tidak dimandikan.
  • Setiap hari diberi sayuran berupa selada dan buah apel merah.
  • Untuk menjaga kestabilan suaranya, dua hari menjelang lomba (H-2), burung diberi kroto putih (hanya 2 butir), kuning telur dari telur puyuh rebus, dan multivitamin yang dicampurkan dalam air minumnya.
  • Perlakuan tersebut juga diterapkan sehari menjelang lomba (H-1).
  • Pada hari lomba, maka pagi hari sebelum berangkat ke lapangan, burung kembali diberi kroto putih dan kuning telur dari telur puyuh rebus.
  • Setiba di lapangan, dan burung akan digantang, semua pakan termasuk pakan bijian dicabut dari sangkar, agar burung fokus ke lomba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

4 Comments

Komentar ditutup.