Aragon, gaco baru Mr Baim di kelas cucak hijau

Bali kini menjadi salah satu pusat kekuatan cucak hijau jawara di Tanah Air. Sebab gaco paling top di Indonesia saat ini adalah cucak hijau Histeris, milik Agung Tattoo Bali, yang sepanjang tahun ini telah memenangi hampir semua even nasional. Belum habis era Histeris, muncul gaco baru milik Mr Baim dari Jalak Bali Team. Aragon, cucak hijau yang belum lama diboyongnya dari Jawa, kini sudah menunjukkan prestasinya di berbagai even.

Mr Baim Jalak Bali Team
Mr Baim (2 dari kanan) saat mengikuti even Merah Putih Cup Bandung.

Prestasi terbaru Aragon adalah menjadi juara 1 dan juara 3 dalam even Merah Putih Cup yang digelar PBI dan Merah Putih Bird Shop di Bandung, 7 Juli lalu. Turun di dua kelas yang dibuka panitia, Aragon menjuarai kelas utama, Corza, dan juara 3 Kelas PBI Bandung.

Aragon memiliki gaya ngentrok yang atraktif, lagu-lagu isian yang sangat variatif, dan durasi kerjanya nyaris tanpa henti sejak digantang hingga akhir lomba. Tidak heran apabila dalam setiap even yang diikutinya, para juri selalu terpikat untuk mendekatinya.

Selain tampil di Bali, Aragon sudah beberapa kali dibawa Mr Baim berlomba di Jawa, mendampingi murai batu Hokky Boy yang juga kerap memberinya trofi. Mr Baim memiliki kesempatan lebih lama untuk menurunkan Aragon, mengingat gaco ini baru saja merampungkan masa mabungnya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Prestasi Aragon memang makin moncer, terutama sebulan setelah masa mabungnya rampung. Merah Putih Cup merupakan even perdananya setelah masa mabungnya selesai.

Bagaimana perawatan Aragon?

Menurut Mr Baim, setiap hari Aragon dikondisikan agar setiap saat selalu siap tempur. Untuk itu, dia menggunakan kandang umbaran dengan panjang 4 meter, untuk mengkondisikan burung selalu siap tempur. Aktivitas mandi dan jemur juga setiap hari dilakukan di kandang umbaran.

Cucak hijau Aragon milik Mr Baim
Aragon dalam kandang umbaran 4 meter.

Untuk setelan pakan, Mr Baim setiap hari memberinya pisang kepok dan 3 ekor jangkrik, ditambah sedikit kroto. “Dengan perawatan sederhana inilah, Aragon mampu tampil stabil dalam setiap even yang diikutinya, bahkan selalu turun di beberapa kelas yang dibuka panitia,” jelas Mr Baim, seperti dikutip Agrobur.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.