Cara mencetak yorkshire lokal

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Pemaster anakan YS lokal

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Anakan YS lokal umur 3 minggu
Anakan YS lokal umur 3 minggu (Foto: Tabloid BnR)

Pada umur 25 – 30 hari, anakan kenari dimasukkan ke kandang soliter. Setiap kandang / sangkar diisi sekor burung. Pada saat inilah anakan YS lokal sudah mulai dimaster. Karena itu, jauhkan sangkarnya dari kenari-kenari muda atau dewasa yang memiliki suara asli (standar).

Anakan YS lokal umur 1 bulan (
YS lokal umur 1 bulan siap dimaster (Foto: Tabloid BnR)

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Burung master yang bisa digunakan terserah keinginan Anda. Namun, apabila mengacu tren saat ini, disarankan menggunakan blackthroat untuk memaster anakan kenari. Usahakan blackthroat tersebut memiliki lagu-lagu panjang dan halus. Burung master lain yang tidak kalah dahsyatnya untuk memaster anakan kenari antara lain ciblek dan burung gereja tarung.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Memaster kenari ala Likin Solusindo
Isian blackthroat ikut menentukan harga kenari.

Om Likin dari Solusindo Canary Klaten bahkan menggunakan metode unik dalam memaster anakan kenari. Dalam hal ini, dia menggunakan burung sanger yang punya lagu blackthroat. Apapun burung master yang digunakan, pastikan burung tersebut dalam kondisi gacor. Sebab mereka akan menjadi “guru seni suara” bagi anakan kenari, yang akan meniru apapun yang disuarakan gurunya.

Proses pemasteran anakan kenari umumnya berlangsung selama 1 tahun, atau paling cepat hingga masa mabung pertamanya (7 – 8 bulan).

Untuk meningkatkan efektivitas pemasteran, pemberian suplemen berbasis multivitamin sangat diperlukan. Berikut ini beberapa saran dari Om Kicau:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Pada awal pemasteran, umur 25 – 30 hari, anakan kenari YS lokal rutin diberi BirdVit, sesuai dengan dosis, dengan pemberian sebanyak 3 kali dalam seminggu. Burung yang rutin mendapat asupan vitamin memiliki kondisi fisik yang relatif fit, lebih tahan stres, dan lebih tangkas dalam menangkal berbagai bibit penyakit, seperti virus, bakteri, spora jamur, hingga parasit. Pemberian BirdVit dengan frekuensi 3 kali seminggu bisa dipertahankan seterusnya, termasuk saat burung mulai sering turun di arena lomba.
  • Pemasteran dilakukan di dalam ruangan. Jika Anda memiliki beberapa anakan kenari YS lokal yang akan dimaster, maka burung master bisa diletakkan di tengah, sedangkan anakan-anakan kenari di sebelah kiri atau kanan dari sangkar burung master.
Tips memaster kenari
Burung master digantang di tengah, dikelilingi anakan YS lokal.
  • Pada umur 5 bulan, sebagaimana dijelaskan Om Likin Solusindo, perlu diamati apakah kenari sudah memiliki isian yang diajarkan burung master. Sebab, terkadang, karena berbagai faktor, kenari akan kembali ke suara standar (ngglender). Misalnya sering didekatkan dengan kenari standar.
  • Untuk mempercepat peningkatan level kicauan, Anda bisa menggunakan TestoBirdBooster (TBB) saat kenari sudah berumur 5 bulan. Hal ini sekaligus untuk membantu mengunci suaranya agar tetap full isian. Caranya, berikan TBB selama tiga hari berturut-turut. Setelah itu, hentikan pemberian TBB selama seminggu. Selanjutnya, TBB dapat diberikan seminggu sekali. Pemberian TBB seminggu sekali bisa dijadikan agenda rutin, kecuali pada saat burung mabung.
  • Ketika kenari memasuki masa mabung pertamanya, hentikan pemberian TBB. Sebagai gantinya, saat menjumpai bulu-bulunya mulai rontok, berikan BirdMolt-Pre (BM-Pre), untuk membantu peluruhan bulu secara tuntas. Sebab bulu yang rontoknya tidak tuntas, tersendat-sendat, sangat menyiksa dan sering membuat burung stres berkepanjangan, meski mabungnya sudah selesai.
  • Jika semua bulu sudah rontok, ambrol, dan mulai tumbuh bulu jarum, hentikan pemberian BM-Pre. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan BirdMolt-Post (BM-Post). Manfaat BM-Post sungguh besar, antara lain mempercepat proses pertumbuhan bulu baru, membuat bulu-bulu yang baru tumbuh lebih sehat dan mengkilap, serta menjaga kondisi burung tetap fit hingga masa mabungnya selesai.
  • Apabila masa mabung sudah selesai, Anda bisa kembali ke terapi BirdVit 3 kali seminggu. Untuk TBB, Anda perlu mengulang penggunaannya, yaitu 3 hari berturut-turut. Setelah itu, pemberiannya cukup seminggu sekali seperti penjelasan sebelumnya.

Dengan metode di atas, kenari YS lokal relatif sudah stabil dan mampu mengunci lagu-lagu isian yang sudah direkamnya sejak anakan. Dalam beberapa kasus, YS lokal terkadang kembali ngglender pada umur 1 tahun, bahkan bisa juga ngglender pada umur 2 tahun.

Tetapi dengan perawatan secara konsisten, tidak mendekatkannya dengan kenari standar, dan rutin memberikan multivitamin, kenari YS lokal berpeluang stabil tanpa khawatir glender pada usia muda, sekitar 1 tahun.


Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.