Tangkar cetrong, kerabat cililin bersuara keras

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tangkar cetrong (Crypsirina temia) termasuk salah satu jenis burung dari keluarga Corvidae atau gagak-gagakan. Namanya memang belum sepopular burung cililin atau tangkar ongklet, yang juga termasuk keluarga Corvidae. Cililin bahkan menjadi salah satu burung master andalan bagi sebagian besar kicaumania di Indonesia. Ketidakpopularan tangkar cetrong kemungkinan karena suaranya tidak semenarik cililin. Tetapi burung hitam bermata biru, dengan ekor panjang yang berbentuk seperti sendok ini, memiliki suara keras dan bisa dimanfaatkan juga untuk masteran.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

murai irianSuara burung tangkar cetrong atau racket-tailed treepie terdiri atas tiga jenis, yaitu suara panggilan (call), suara nyanyian (song) berupasuara “krak.. krak.. krak” yang terdengar tajam dan sangat keras, serta suara besetan yang mirip dengan suara besetan cucak jenggot.

Warna tubuhnya dominan abu-abu mengkilap. Ekornya panjang, dengan ujung ekor yang melebar dan membulat sehingga berbentuk seperti sendok. Burung ini memiliki wilayah persebaran terbatas di Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali.

Mereka sering mendiami kawasan hutan sekunder, hutan semak (termasuk hutan bambu), daerah terbuka, serta lahan pertanian. Di alam liar, mereka selalu mencari pakan di pohon (arboreal). Tangkar cetrong nyaris tidak pernah makan di permukaan tanah, meski mereka sering turun untuk mandi.

Dengan lincahnya, mereka bergerak dari pohon yang satu ke pohon lainnya, dengan menggunakan ekornya yang eksotis sebagai alat keseimbangan (organ balancing).

Tangkar cetrong ( Racket-tailed treepie )
Burung tangkar cetrong dengan ekor panjang yang eksotik.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dalam perawatannya, burung yang popular dengan julukan murai irian ini menyukai serangga-serangga besar. Ia termasuk burung tipe pesolek, karena sangat menjaga penampilan bulu-bulunya dengan sering mandi beberapa kali dalam sehari. Tidak heran apabila bulu-bulunya begitu halus dan mengkilap.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagai burung pemakan serangga, tangkar cetrong memiliki paruh yang tebal. Hal ini sering digunakannya untuk menghancurkan  cangkang keong atau siput yang ditemukannya. Paruhnya yang tebal juga berguna untuk mengupas kulit buah yang tebal, misalnya mangga.

Berikut ini beberapa variasi suara dari burung tangkar cetrong :

  • Suara burung tangkar cetrong – Variasi 1   |   Download
  • Suara burung tangkar cetrong – Variasi 2   |    Download
  • Suara burung tangkar cetrong – Variasi 3   |    Download

Nah, berikut ini video burung tangkar cetrong.

Semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

6 Comments

  1. om…..!!!berapa ukuran tubuh burung ini……….klu di kalimantan sblh mn ya…..?? untuk suara:x mantap buat masteran murai…….suwun sgt om

Komentar ditutup.