Lemari bekas pun bisa menjadi kandang aviary

Kandang aviary bisa digunakan untuk penangkaran burung maupun sekadar memelihara burung kicauan di teras atau pekarangan rumah. Bahkan beberapa spesies burung finch bisa dipelihara bersama dalam kandang aviary. Kandang ini biasanya didesain sendiri dan dikerjakan oleh tukang kayu atau tukang batu. Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan lemari bekas.

Bagi yang memiliki ruangan atau halaman yang luas, kandang aviary bisa dibuat lebih permanen dari bahan-bahan yang kokoh dan tahan lama. Bagaimana model kandang aviary baik outdoor maupun indoor sudah pernah dijelaskan di sini.

Kandang aviary modern
Kandang aviary modern.

Untuk pembuatan kandang aviary dengan memanfaatkan lemari bekas, Anda bisa menggunakan lemari buku, lemari makan, lemari pajangan, atau lemari lama yang tidak terpakai lagi. He.. he.., dariopada habis dimakan rayap, mendingan kita gunakan rangka lemari tersebut untuk membuat kkandang aviary yang cukup memiliki style atau kandang aviary dengan gaya seperti yang biasa digunakan di luar negeri. khususnya di Eropa.

Bahan baku yang dibutuhkan :

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Satu unit lemari bekas yang tak terpakai.
  • Kawat ram dengan ukuran yang disesuaikan.
  • Paku, karpet, dan peralatan lain yang dibutuhkan.

Cara pembuatan:

Sebelum memulai, sebaiknya terlebih dulu meminta izin kepada pemilik lemari tersebut (biasanya orangtua atau istri Anda). Siapa tahu lemari tersebut punya banyak kenangan bagi mereka. Jika lemari itu milik Anda sendiri, tentu tidak perlu izin kepada siapapun.

Berikutnya adalah membongkar bagian depan dan belakang lemari tersebut satu persatu.

Bongkar bagian demi bagian dari lemari bekas hingga tinggal rangkanya saja
Bongkar bagian demi bagian dari lemari hingga tinggal rangka saja.

Karena tujuan kita menggunakan lemari ini adalah mengambil bagian rangkanya, maka diperlukan pemotongan pada bagian pinggir sebelah kiri dan kanan dari lemari tersebut.   Untuk lemari dengan bahan dasar tripleks, mungkin hal ini akan menjadi sangat mudah. Namun jika lemari tersebut dibuat dari kayu jati, tentu butuh sedikit usaha untuk membuka atau memotongnya.

membuat kandang aviary 2

Setelah itu, bagian pintu-pintu yang sebelumnya kita copot pun akan dibongkar hingga tinggal rangkanya saja. Jika lemari memiliki laci seperti pada gambar di bawah ini, maka laci bisa kita modifikasi sebagai tempat penampung kotorannya.

Laci dilapisi dengan karpet yang bisa digunakan untuk penampung kotoran
Laci dilapisi karpet yang bisa digunakan untuk penampung kotoran.

Pasang kawat ram yang sudah disiapkan, dan tempelkan ke rangka-rangka lemari tersebut, termasuk bagian pintu, sisi kiri dan kanan, serta belakang lemari.

Agar ujung kawat tidak melukai burung di dalamnya, maka kawat ram di bagian dalam harus dilapisi atau ditutupi dengan alas karpet, kemudian dipaku atau bisa juga distaples.

tutupi bagian ujung yang runcing dari kawat.
Tutupi ujungkawat yang runcing.

Pasang pintu-pintu yang sudah dilapisi kawat ke bagian lemari dengan memasangkannya kembali pada engsel yang sebelumnya kita cabut. Untuk burung besar atau burung yang sudah jinak, tidak perlu lagi membuat pintu untuk kandangnya. Tetapi untuk burung yang berukuran kecil seperti kenari atau jenis finch lainnya, Anda harus membuat pintu tambahan dengan ukuran kecil, untuk tempat memasukkan dan mengeluarkan burung.

Hasil akhirnya . gimana ? lumayan kan..
Hasil akhir kandang aviary dari lemari bekas.

—-

Kini kandang aviary sudah siap digunakan.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa gambar dari beberapa bentuk lemari yang sudah beralih fungsi menjadi kandang burung:

Beberapa kandang aviary yang dibuat dari lemari bekas
Beberapa kandang aviary dari lemari bekas
Menanfaatkan lemari yang tidak terpakai
Menanfaatkan lemari yang tidak terpakai.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah kreativitas sobat kicaumania di  Indonesia.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

Komentar ditutup.