Cara Sonny Wistrop memoles kenari jawara

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sonny Wistrop dikenal sebagai salah seorang pengorbit kenari jawara asal Sidoarjo. Beberapa kenari moncer di tangannya, antara lain Martell yang sudah beberapa kali menjuarai even nasional. Bahkan dalam even Piala Raja 2013, Martell berhasil menjadi juara 1 di Kelas Prameswari dan juara 3 di Kelas Sekar Kedaton. Kali ini, Om Kicau akan memaparkan bagaimana cara yang biasa dilakukan Om Sonny dalam memoles kenari hingga menjadi jawara, khususnya yang dilakukannya terhadap kenari Martell.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Meski efektivitas penggunaan kandang umbaran untuk burung berkicau masih menjadi perdebatan, Om Sonny berada dalam pihak yang setuju bahwa kandang tersebut memiliki manfaat besar dalam meningkatkan dan menjaga stamina burung saat berlomba.

Berdasarkan pengalamannya, membiasakan kenari di kandang umbaran bisa mendongkrak stamina, sehingga burung dapat tampil stabil hingga 2 – 3 sesi lomba. Kandang umbaran yang digunakannya memiliki panjang 2 meter, lebar 50 cm, dan tinggi 1 meter.

Kandang umbaran kenari
Om Sonny memasukkan kenari Martell ke kandang umbaran. (Foto: Agrobur)

“Tetapi burung tidak setiap hari berada dalam kandang umbaran. Saya biasa melakukannya tiga kali dalam seminggu, yaitu Senin, Rabu, dan Jumat. Itu pun hanya dilakukan selama tiga jam, mulai pukul enam hingga sembilan pagi,” kata Om Sonny.

Perawatan harian

Berikut ini perawatan yang biasa dilakukan Om Sonny terhadap Martell, sejak masih belum ngetop hingga kini menjadi salah satu kenari terbaik di Indonesia :

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Mulai pukul 06.00, kerodong dibuka. Kenari langsung dimasukkan ke kandang umbaran hingga pukul 09.00. Di tempat itu pula, burung melakukan penjemuran.
  • Pukul 09.00, burung dipindah dari kandang umbaran ke sangkar harian, tetapi dalam kondisi tidak dikerodong.
  • Sore hari, pukul 16.00, burung mandi menggunakan cepuk yang diisi air. Setelah mandi, dianginkan sebentar, kemudian sangkarnya dikerodong.
Cepuk mandi untuk kenari
Cepuk berisi air untuk mandi Martell, setiap sore.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

  • Sehari-hari, Martell diberi extra fooding (EF) berupa sayuran selada, apalagi ketika birahinya sedang naik.
  • Seminggu sekali, burung juga diberi buah apel dan telur puyuh rebus. Ia tidak memberikannya 2 kali dalam seminggu, karena porsi ini terlalu berlebihan untuk karakter Martell. Kalau terlalu berlebihan, burung cenderung nakal.

Perawatan lomba :

  • Secara umum sama seperti rawatan harian.
  • Hanya saja, mulai H-1 (Sabtu), burung full kerodong agar dapat beristirahat total, sehingga bisa fresh dan prima saat berlaga di arena lomba esok harinya.
  • Pada hari lomba / Minggu, burung terbiasa dimandikan di lapangan. Acara mandi dilakukan sekitar 3 – 4 sesi sebelum tampil. Jadi, saat tampil bulu-bulunya sudah kering dan kondisinya terlihat makin fit.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

9 Comments

    • Secara prinsip, semua jenis burung kicauan bisa menjalani terapi tersebut. Ngomong2, macet bunyinya habis mabung atau ada sebab lain? Apakah burung terlihat gelisah? Coba disimpan dalam ruangan yang tenang, sangkar dikerodong, lalu diterapi dengan BirdTwitter.

  1. Mau nanya om…kalo burung setelah dimasukkan kandang umbaran, dan mau kembali ke sangkar harian mesti ditangkap atau digiring seperti abis dari bak mandi? Kalo sering ditangkap apa ngga rawan stress?
    Terima kasih.

    • seperti di giring kembali ke kandang harian, biasanya kandang umbaran punya skat buka/tutup untuk mengecilkan ruang,jadi burung di giring keruang lebih kecil lalu dgn mudah digiring ke sangkar hariannya 🙂

Komentar ditutup.