Cacing untuk birahi anis kembang

Burung dari keluarga anis / punglor, termasuk anis kembang, sangat menyukai cacing, terutama cacing tanah. Dalam artikel terdahulu (silakan cek di sini) sudah dijelaskan beberapa jenis cacing yang bisa ditemukan dalam tanah / permukaan tanah yang gembur. Kandungan protein pada cacing tanah cukup tinggi, yaitu sekitar 75%, yang terdiri atas protein murni, serta kandungan arginin sekitar 10,7%, tryptophan 4,4%, dan tyrosin 2,25%. Wajar jika cacing tanah menjadi makanan yang sangat disukai burung anis, juga sebagian besar burung kicauan lainnya.

Anis kembang
Burung anis / punglor kembang.

Tingginya kandungan protein dan asam amino membuat cacing tanah sangat baik diberikan kepada burung yang sedang menjalani masa mabung atau rontok bulu.

Selama ini, kita selalu terfokus pada extra fooding (EF) seperti jangkrik yang dianggap mampu menaikkan birahi burung secara cepat. Di sisi lain, kita kerap melupakan hewan invertebrata seperti cacing tanah, yang bagi sebagian jenis burung tertentu, khususnya keluarga anis/punglor, memiliki khasiat lebih nyata daripada jangkrik.

Pada anis merah, anis kembang, serta jenis anis lainnya (ciung batu, anis cendana, dan lain-lain), pemberian cacing tanah menjadi menu harian yang wajib. Sebab dari bahan pakan inilah burung akan menjadi lebih cepat gacor atau menjadikannya rajin berbunyi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagian besar penangkar anis kembang pun menjadikan cacing tanah sebagai menu wajib, baik bagi indukan menjelang masa produksi, maupun ketika indukan sedang bawa anak. Jika tidak percaya, silakan buka artikel breeding anis kembang Hery Bird Farm, Anyer, Banten.

Cacing tanah baik untuk burung kicauan
Cacing tanah baik untuk burung kicauan

Jika Anda memberikan cacing tanah dan jangkrik dalam perawatan anis kembang, bahkan proporsi yang dianjurkan adalah 2:1. Artinya, jumlah cacing kembang dua kali lebih banyak daripada jangkrik.

Jika porsi jangkrik juga tinggi, dikhawatirkan anis kembang justru mengalami over birahi, lantaran kandungan protein terlalu banyak.

Bagaimanapun, pengaturan pakan secara serasi dan seimbang sangat diperlukan, sampai ketemu setelan pakan yang tepat untuk perawatan sehari-hari.

Kunci setelan tersebut terdapat pada pemberian pakan yang serasi, dengan memperhitungkan kandungan dan manfaat yang dimilikinya. Untuk anis kembang, pemberian cacing tanah yang lebih banyak dari jangkrik seperti disebutkan sebelumnya (perbandingan 2:1 ) bisa membuat metabolisme burung menjadi lebih lancar, dan burung menjadi lebih cepat ngeplong serta rajin bunyi.

Tentu setelan pakan harus diimbangi dengan perawatan harian lainnyya, seperti pemberian buah-buahan berwarna merah (apel dan pepaya), perawatan mandi dan jemur, serta pengembunan sebagai terapi alami bagi burung.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat pemberian cacing tanah kepada burung adalah kebersihan. Jadi, bersihkan dulu cacing tanah dengan air bersih, baru kemudian diberikan kepada burung dalam keadaan masih segar.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. ane punya cendet gacor,tiba2 ko jadi macet bunyi ya,dan kalo ada orang lwat kbiasaan nabrak2 sangkar smbil bunyi ciett..ciett kyk kelaparan gt..mohon pencerahan gan,

  2. Betul om,untuk burung dari keluarga anis memang sangat menyukai EF cacing, saya sudah buktikan sendiri dengan mengkombinasikan 3perawatan yaitu EF cacing,mandi menjelang malam,dan pengembunan di pagi hari. Insya allah dalam waktu 1minggu udah bisa berkicau ngerol ngerol.

Komentar ditutup.