Tawaran 1/2 M untuk murai batu Pelor Mas

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sejauh ini, rekor transfer burung murai batu di Indonesia belum terdeteksi secara akurat. Mungkin ada ewuh-pakewuh untuk mengumbar informasi seperti ini. Lain halnya dengan perkutut, di mana rekor transfer Rp 950 juta terjadi saat Misteri Bahari di-take-over Om Jimmy Oentoro Jogja, kemudian ditangkar di Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Bisik-bisik menyebutkan, MB Seruling Raja milik Billy Kebumen, dan Natalia (yang kini telah tiada) milik Om Gunawan Solo, pernah ditawar dengan harga sama: Rp 300 juta. Adapun Pelor Mas, yang baru saja nyeri juara 1 di Royal Cup 2013, pernah ditawar setengah miliar rupiah !

Murai batu jawara Pelor Mas
Murai batu Pelor Mas in action. (Foto: kicaumania.or.id)

Hanya saja, H Nendra memang belum ingin melepasnya, karena masih sayang terhadap Pelor Mas, dan masih ingin lebih lama menikmati prestasinya di berbagai even ke depan. Apalagi umurnya pun relatif masih muda, sekitar 3 tahun, dan bakal makin matang setelah mabung ketiga atau saat umur 4 tahun.

Pelor Mas memang menjadi amunisi andalan bagi H Nendra dari N27 SF Jakarta di berbagai lomba. Berdasarkan pengamatan Om Kicau di berbagai even, penampilan Pelor Mas memang dahsyat. Sejak awal digantang, burung ini langsung menggedor lawan-lawannya. Semua materi lagu andalannya selalu dikeluarkannya dengan apik, diselingi tonjolan tembakan cililin yang dibawakannya panjang-panjang.

Sejumlah murai batu terbaik nasional pernah dikalahkannya, seperti Happy Birthday, Natalia, Super Bejo, Racun, Sensasi, Gobi, dan sebagainya. Di Bupati Bandung Barat Cup (18/11/2012), Pelor Mas dua kali mengalahkan Happy Birthday. Namun dua pekan kemudian, dalam even Central Enterprise (2/12), gantian Happy Birthday dua kali mengalahkannya dan harus puas. Tidak heran jika Pelor Mas, sebagaimana Happy Birthday, termasuk dalam daftar murai terbaik nasional saat ini.

Menurut H Nendra, murai ini dibelinya dalam lomba regional di Jelambar, dengan mahar Rp 65 juta. Saat itu umurnya baru 1 tahun, tetapi daya tempurnya sudah terlihat istimewa, dan tampil sebagai runner-up. “Daya tempur Pelor Mas bagus sekali. Ini sudah terlihat saat pertama kali saya pantau,” ujarnya, seperti dikutip forum kicaumania.or.id.

Beberapa prestasi murai batu Pelor Mas

Berikut ini beberapa catatan Om Kicau tentang prestasi Pelor Mas, terutama sejak November 2012 :

Even Waktu Prestasi
Royal Cup Jakarta25 Agst 2012Juara 1 Kelas Royal
Juara 1 Kelas Kaesar
Kapolsek Kramatjati Cup Jakarta28 Juli 2013Juara 1 Kelas Reskrim
Juara 1 Kelas Intelkam
EB-Odjoss Bird Champion Jakarta30 Juni 2013Juara 3 Kelas EB-Odjoss
BnR Award 2013-09-013 Maret 2013Juara 3 Kelas AMB B
Road to Mezzo Cup Jakarta3 Feb 2012Juara 1 Kelas Doraemon A
Juara 1 Kelas Doraemon B
Central Enterprise Jakarta2 Des 2012Juara 2 Rantai Emas
Juara 2 Rantai Perak
Juara 2 Rantai Perunggu
Bupati Bandung Barat Cup18 Nov 2012Juara 1 Kelas H Abubakar
Juara 1 Kelas Cermat
Juara 2 Kelas Jatijajar

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bukti burung ring tak kalah hebat

H Nendra dan MB Pelor Mas
H Nendra bangga atas prestasi Pelor Mas. (Foto: kicaumania.or.id)

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Prestasi gemilang Pelor Mas belakangan ini makin membuktikan bahwa kualitas murai batu ring atau hasil breeding tak kalah dari burung hasil tangkapan hutan. Semoga ini dapat menyadarkan sejumlah kicaumania yang selama ini ngotot bahwa burung tangkapan alam lebih bagus daripada murai ring.

Mamad, yang sehari-hari merawatnya, mengatakan Pelor Mas merupakan murai hasil penangkaran Rudy Petukangan (Jakarta). Jenisnya murai batu medan, namun tidak diketahui pasti soal silsilahnya, apakah tetuanya pernah juara atau tidak.

Dalam Royal Cup 2013, Pelor Mas berhasil menjadi menjuarai Kelas Royal, kelas paling bergengsi dan berhadiah Rp 25 untuk juara 1. Selain itu, Pelor Mas juga menjuarai Kelas Kaesar. Padahal, even ini berskala nasional, bahkan setiap sesi murai batu diisi 80 ekor burung.

Burung papan atas yang dikalahkannya antara lain Kiamat milik H Sona Lampung (juara 1 Piala Raja 2013), Anatta milik Aphing Jambi yang pernah menjuarai salah satu seri Liga Sumatera, New Sensasi milik H Budiono Bekasi (juara EB-Odjoss Bird Champions), Racun milik M Khadafi (juara beberapa seri Liga Sumatera), dan sebagainya.

Perawatan murai batu Pelor Mas

Murai batu Pelor Mas
Pelor Mas: Daya tempur dahsyat.

Sejak ditransfer H Nendra dari pemilik lama, burung ini berada dalam perawatan Mamad. Menurut dia, perawatan Pelor Mas relatif sederhana, dan bisa dikatakan hampir sama dengan rawatan murai lainnya.

“Burung ini memang luar biasa, meski tanpa rawatan khusus. Bahkan Pelor Mas termasuk murai batu yang gampang rawatannya. Sebab rawatannya biasa, tidak ada yang khusus, sama seperti murai lainnya. Jangkrik lima ekor setiap pagi dan sore  hari,” jelas Mamad.

Hanya saja, untuk melatih kondisi fisiknya agar selalu fit, Pelor Mas setiap pagi dan sore dimasukkan ke kandang umbaran. Modelnya bukan sejak pagi sampai sore di kandang umbaran, tapi hanya dua jam pada pagi hari, dan dua jam pada sore hari.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

8 Comments

Komentar ditutup.