Tips perawatan kenari New York

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Beberapa waktu lalu, Om Kicau menurunkan artikel tentang cara Om Likin (Solusindo Canary Klaten) dalam memaster anakan kenari (25 – 30 hari), untuk diorbitkan sebagai burung lomba. Beberapa gaco pun menjelma menjadi kenari jawara, antara lain Raja Mas (dibeli H Sadat Jakarta, berganti nama menjadi Shower), Raja Melodi, dan New York. Kali ini, Om Kicau ingin berbagi tips Om Likin dalam merawat kenari, dengan sampel kenari New York.

Kenari New York
Kenari New York: Tampil perdana umur 1 tahun dan langsung juara pertama.

Kenari New York sukses menjuarai even roadshow Papburi Solo di Desa Budaya Langenharjo, Grogol, Sukoharjo, 7 Juli lalu. Yang menarik, ini adalah even perdana yang diikuti New York, sehingga kehadirannya tidak banyak diperhitungkan. Padahal  juri-juri Papburi Solo (juga Papburi Klaten) dikenal sangat teliti dalam menilai kualitas suara kenari.

Saat itu, New York baru berumur 1 tahun: usia yang dianggap sebagian pengorbit kenari sebagai fase minimal dalam menilai kestabilan kualitas suara kenari isian. “Umur lima bulan, kenari harus dipantau apakah glender atau tidak. Kalau tidak glender, berarti proses pemasterannya berhasil, meski tetap  harus dipantau lagi saat berumur satu tahun,” kata Om Likin.

Likin Solusindo Canary Klaten
Om Likin Solusindo

Seperti diketahui, New York sejak anakan dimaster dengan burung sanger. Tetapi sanger yang dijadikan “guru nyanyi” itu memiliki isian lagu-lagu blackthroat.

<---maaf menyela sebentar--->

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

-----------------------------------

Begitu turun di babak penyisihan, kenari New York sudah menunjukkan kehebatannya. Babak ini dilaluinya dengan mudah, sehingga masuk final, bahkan juara pertama.

Hal serupa juga dilakukannya terhadap Raja Melodi, yang menjalani ujicoba perdana di even Papburi Klaten, dan berhasil menjadi juara pertama. Keduanya kini dijadikan master untuk calon jago lainnya yang masih dalam proses pencetakan.

Perawatan kenari New York

Pemasteran merupakan langkah awal dalam mencetak kenari jawara. Tetapi upaya ini tentu tak akan berjalan sempurna, jika tidak dibarengi dengan perawatan harian yang konsisten. Maksud konsisten adalah dilakukan setiap hari, pada waktu yang selalu sama, agar burung memiliki kebiasaan dan akan membuatnya nyaman.

Berikut ini perawatan harian untuk kenari New York:

  • Setiap pagi, mulai pukul 08.00, kerodong dibuka, dan burung dijemur sekitar 20 menit.
  • Usai penjemuran, burung diangin-anginkan.
  • Sangkar dibersihkan, pakan dan air minum diganti yang baru.
  • Pakan yang diberikan berupa canary seed pabrikan.
  • Extra fooding (EF) seperti telur puyuh dan sayuran sawi hanya diberikan seminggu sekali.
  • Multivitamin juga diberikan seminggu sekali.

Kalau mau ikut lomba, maka sejak H-2 (Jumat) burung full kerodong. Pada H-1 (Sabtu), burung diberi buah apel. Tetapi, Sabtu sore, apel langsung dicabut. Apel baru diberikan lagi Minggu pagi, sebelum berangkat ke lapangan.

Sederhana bukan? Yang penting perawatannya konsisten, dan burung sudah menjalani pemasteran sejak anakan.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Sedikit meluruskan yg ditransfer h sadat bukan roda mas tetapi raja mas, soalnya ada kenari yg namanya roda mas bukan dari solusindo makasih

Komentar ditutup.