Jalak superb dari wilayah timur Afrika

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Namanya burung superb starling (Lamprotornis superbus), dari keluarga jalak-jalakan. Karena bukan burung asli Indonesia, sulit untuk mencari padanan kata yang tepat. Sebagian kicaumania menyebutnya jalak australia. Namun, jika dicermati, burung ini memiliki habitat asli dan wilayah persebaran di Afrika Timur, mulai dari Ethiopia, Somalia, Uganda, Kenya, dan Tanzania. Kicauannya ngerol seperti jalak suren.

Superb starling : Kicauannya ngeroll seperti jalak suren
Kicauan jalak siperb ngerol seperti jalak suren

Biar penyebutannya lebih mudah, boleh kan kalau kita sebut saja burung ini sebagai jalak superb? Panjang tubuhnya sekitar 18 –  19 cm. Burung dewasa memiliki kepala hitam, dengan warna-warni biru kehijauan pada bagian dada, sayap dan ekor. Adapun bagian perut berwarna merah-oranye, yang dipisahkan garis putih pada bagian dadanya. Bulu pada bagian pangkal ekor bawah berwarna putih. Lingkaran matanya  putih bersih.

Pada burung muda, warna bulu-bulunya cenderung kusam, dengan lingkar mata yang masih berwarna hitam, yang akan berubah putih kalau sudah dewasa.

Yang menarik, warna biru yang terlihat pada burung ini bukanlah warna sebenarnya. Hal ini dikarenakan oleh struktur bulunya. Partikel mikoskopis di dalam bulu lebih kecil daripada panjang gelombang cahaya merah, sehingga cahaya merah akan melewati bulu-bulu dan akan memantulkan gelombang pendek dengan refleksi dari warna biru.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Habitat dan perilaku

Jalak superb bisa ditemukan di kawasan timur Afrika, seperti Sudan, Ethiopia, Uganda, Kenya, dan Tanzania. Mereka sering mendiami kawasan hutan, semak-semak berduri, ladang pertanian, hingga dekat pemukiman penduduk dan taman-taman kota.

Jalak yang terkenal penuh kerja sama dan saling membantu diantara koloninya
Jalak superb memiliki kesetiakawanan tinggi terhadap anggota koloninya.

Dalam perkembangannya, jalak superb banyak dibudidayakan di negara-negara di luar Afrika, misalnya di Eropa dan Australia. Karena banyak diternakkan di Australia, tidak sedikit kicaumania kita yang menyangka burung ini berasal dari Benua Kanguru, sehingga sering disebut jalak australia.

Suara kicauannya mirip jalak hongkong dan jalak suren. Namun jika dilatih, burung ini memiliki kemampuan meniru suara burung lain seperti halnya jalak suren, dengan suara ngerolnya yang cocok dijadikan masteran untuk burung kicauan lainnya.

Sebagian ahli burung menganggap burung ini misterius. Sebab sifat, karakter dan perilakunya agak berbeda dari jenis burung jalak lainnya. Meski demikian, jalak superb mudah dikembangbiakan meski perawatannya cukup rumit.

Sama seperti keluarga jalak lainnya, burung ini juga biasa hidup berkoloni. Hanya saja, ada kelebihan pada burung ini, yaitu semangat kerja sama atau gotong royong yang sangat tinggi. Mereka seringkali membantu kawan-kawannya yang kesulitan.

Bahkan, jalak superb juga mau membantu membesarkan anak-anak dari jalak superb lainnya, sepanjang masih berada dalam koloni yang sama. Misalnya, membantu memberi makan, bahkan mengerami telur-telur dari induk betina lainnya yang sedang mencari makanan. Perilaku ini cukup ganjil, atau jarang dijumpai pada burung lainnya.

Termasuk mudah dikembang biakan
Mudah dikembangbiakkan

Karena termasuk keluarga jalak-jalakan, burung ini mau makan apa saja termasuk buah dan serangga. Dalam perawatannya, jalak superb cepat beradaptasi terhadap jenis pakan yang baru dilihatnya, termasuk pellet atau voer.

Karena kemudahannya itu pula, jalak superb sering dipelihara dalam kandang aviary dan disatukan dengan jenis burung yang lain.

Dulu, jalak superb pernah ditangkar di Indonesia. Namun saat ini tidak diketahui pasti, apakah masih ada yang menangkarnya. Di pasar burung pun susah untuk mencarinya.

Kalangan importir burung nampaknya lebih fokus mendatangkan lovebird dan kenari, terutama dari Eropa dan Asia Timur. Adapun burung impor dari Afrika yang sering didatangkan adalah nuri abu afrika (african grey parrot), macaw, dan blackthroat.

Agar tidak penasaran, berikut ini beberapa video dan audio dari jalak superb, yang bisa didengarkan atau didownload.

Video jalak superb starling (Lamprotornis superbus)

Download audionya dalam bentuk mp3 di sini | DOWNLOAD

Download audionya dalam bentuk mp3 disini | DOWNLOAD



Download audionya dalam bentuk mp3 disini | DOWNLOAD

dan bisa menambah pengetahuan kita bersama.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.