Melatih lovebird melakukan trik / atraksi

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Kalau Anda memiliki lovebird warna eksotik, yang sengaja dipelihara sebagai burung hias (bukan dilombakan di kontes suara), tidak ada salahnya untuk mendapatkan manfaat ganda dari burung cantik tersebut. Selain bisa dijadikan burung hias, lovebird juga bisa dilatih melakukan beberapa atraksi atau trik. Tentu saja lovebird suara pun bisa menjalani latihan serupa, asalkan burung tidak didesain untuk diturunkan dalam lomba burung berkicau yang setiap Minggu digelar di berbagai daerah.

Melatih burung denan berbagai trik
Lovebird pun bisa dilatih melakukan berbagai atraksi / trik.

Hampir semua burung dari keluarga paruh bengkok (parrots) mempunyai tingkat kecerdasan tinggi, melebihi jenis burung lainnya. Itu sebabnya, burung paruh bengkok sangat popular di Eropa, Asia, Amerika, Australia, hingga Afrika. Mereka umumnya menjadikan parrots sebagai teman, atau sahabat, apalagi burung ini dapat dilatih melakukan berbagai atraksi atau trik.

Selama ini kita terfokus melatih burung paruh bengkok seperti nuri, parkit, kakatua, macaw, sun conures, dan cockatiel / palek, namun jarang menerapkan pelatihan pada lovebird supaya bisa melakukan berbagai atraksi.

Di Indonesia, lovebird lebih sering difungsikan sebagai burung lomba. Baru beberapa tahun terakhir muncul tren lovebird warna eksotik, atau hasil mutasi warna, seperti lutino, albino, blorok, pastel, dan sebagainya. Itu pun hanya difungsikan sebagai burung hias, dan belakangan mulai digelar kontes kecantikan lovebird.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Namun, sekali lagi, jarang sekali yang menjadikan lovebird sebagai teman atau sahabat seperti di negara Barat. Padahal, mengingat kecerdasannya, lovebird juga bisa dilatih melakukan berbagai atraksi atau trik lainnya.

Jika Anda memiliki lovebird dengan warna cantik, wow… alangkah lengkapnya keistimewaan burung ini. Boleh jadi, nilai jual lovebird bisa kembali terdongkrak apabila para penangkar dan lovebird lovers mau melatihnya.

Persyaratan sebelum melatih lovebird

Sebelum melatih lovebird, sebaiknya perlu dijalin dulu ikatan batin antara pemilik / perawat dan burung. Ya, ini merupakan persyaratan yang harus selalu dipenuhi sebelum memberikan pelatihan kepada burung paruh bengkok.

Tanamkan kepercayaan kepada lovebird, bahwa kita adalah partner, bukan musuh. Yang terpenting, burung akan menganggap kita sebagai “malaikat” yang selalu hadir memberikan pakan lezat atau kesukaan mereka. Dengan demikian, burung akan memiliki ketergantungan tinggi terhadap kita, sehingga mau menuruti apapun perintah kita,  dengan reward (ganjaran) berupa pakan kesukaannya.

Pelatihan lovebird agar bisa melakukan beberapa atraksi atau trik ini berbeda dari proses penjinakan. Tetapi, burung yang mau dilatih juga harus jinak, minimal terhadap pemilik atau perawat yang akan melatihnya. Pada proses penjinakan, burung hanya dilatih untuk tidak takut jika didekati manusia. Sedangkan dalam pelatihan melakukan berbagai atraksi / trik, burung dilatih agar mau mengikuti apa yang kita perintahkan.

Banyak sekali metode yang bisa dilakukan dalam pelatihan ini. Ada yang hanya menggunakan gerakan tangan, perintah lisan, dan ada juga yang menggunakan peralatan khusus seperti tongkat kecil dan clicker.

Clicker dan stik target untuk melatih
Beberapa peralatan yang bisa digunakan untuk melatih lovebird.

Keuntungan dari penggunaan clicker adalah lovebird lebih fokus pada latihan dan mudah diberikan perintah. Namun, jangan lupa untuk memberikan hadiah (pakan kesukaannya) setiap kali burung berhasil menuruti perintah Anda. Selain itu, jangan terlalu sering menekan clicker, karena hasilnya burung akan mengabaikan suara clicker tersebut.

TAHAP PELATIHAN

1. Melatih di luar kandang

Sebagai burung sosial, atau terbiasa hidup dalam koloninya, lovebird kurang tepat jika menjalani pelatihan di dalam sangkar hariannya. Apalagi melatih di dalam sangkar juga menimbulkan kesulitan sendiri bagi kita saat melatih, mengingat ruang yang terlalu sempit.

Untuk itu, burung perlu dilatih di luar kandang / sangkar. Anda bisa menggunakan tenggeran khusus burung paruh bengkok, yang bisa diletakan di atas meja. Hal ini akan membuat pelatihan menjadi lebih mudah. Perlu diingat, jauhkan benda-benda yang bisa menarik perhatiannya seperti mainan, makanan, atau benda lain di dekatnya. Tujuannya agar burung lebih fokus pada pelatihan yang kita berikan.

melatih di luar kandang
Melatih lovebird di luar kandang

Hanya saja, melatih lovebird di luar kandang hanya direkomendasikan untuk burung yang sudah jinak dan mau makan dari tangan kita. Bagaimana agar burung jinak dan mau makan dari tangan kita, Anda bisa buka panduannya di sini. Meski artikel tersebut mengenai burung parkit, tetapi metodenya bisa diterapkan untuk semua burung paruh bengkok, termasuk lovebird.

2. Memperkenalkan burung dengan clicker

macam clicker
Ragam clicker untuk melatih lovebird.

Kalau lovebird sudag mau makan dari tangan kita, maka tahap berikutnya adalah mengenalkannya dengan alat latih bernama clicker. Apa itu clicker?

Clicker adalah alat yang jika ditekan akan mengeluarkan suara klik yang berisik. Namun clicker tidak perlu sering dilakukan. Ini sekadar menandai gerakan atau aktivitas saja. Contoh, Anda memerintah lovebird segera menghampiri tangan kita, dengan menggunakan suara pelan, seperti “mari” atau “sini“, sambil mengacungkan pakan.

Setelah burung melakukan perintah, kita memberi penanda, lalu mulai memberikan pakan kesukaannya sebagai hadiah. Lakukan hal ini berulang-ulang, sampai burung mengerti apa maksud dari perkataan dan suara clicker tersebut. Dengan kata lain, clikcer hanya digunakan sekali, setelah burung melakukan tugasnya dengan baik.

Jika Anda rutin melakukannya, maka lovebird akan segera belajar bahwa ketika mendengar suara klik, berarti dia akan mendapatkan pakan. Sejak itu, burung makin bersemangat untuk dilatih dan selalu menunggu Anda membunyikan clicker. Ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk mengajari trik atau atraksi yang lain.

Misalnya mengajari lovebird untuk pura-pura tidur, dengan cara membaringkan atau menelentangkan burung sambil memberi perintah suara misalnya “ayo tidur.. “. Jika burung bangun, lakukan lagi perintah “ayo tidur..” sambil menelentangkannya. Jika burung bisa melakukannya selama beberapa detik, bunyikan clicker dan beri pakan kesukaannya sebagai hadiah.

Untuk hasil yang masksimal, ulangi terus hal tersebut sampai burung mau telentang / tiduran untuk waktu cukup lama. Sebab, suatu saat nanti, burung hanya mau bangun jika sudah mendengar suara clicker, yang berarti bakal mendapat pakan kesukaannya. Nah , itulah kegunaan clicker dalam melatih lovebird maupun burung paruh bengkok lainnya.

Untuk tahap selanjutnya, Anda bisa mengajarinya mengikuti trik-trik lain dari video yang akan ditayangkan di bagian bawah halaman ini, sebagai referensi materi pelatihan untuk lovebird Anda.

3. Melatih lovebird dengan tongkat atau sumpit.

Tongkat, atau sumpit, atau pensil, bisa dikelompokkan sebagai stik target yang dapat digunakan untuk melatih lovebird. Dalam latihan ini, kita akan mengajari lovebird untuk menghampiri stik target. Jadi, Anda memegang  stik, dan burung harus bisa menyentuhnya dengan paruhnya.

Pada awalnya, tentu lovebird tidak akan mengerti. Karena itulah, kita perlu mengajarinya. Kalau berhasil, lagi-lagi, berikan hadiah berupa pakan kesukaannya.

melatih dengan stik
Melatih dengan stik target

Pelatihan ini bisa dilakukan dengan mendekatkan stik yang digunakan pada lovebird yang dilatih. Awalnya, burung akan penasaran dan menggigit stik. Pada saat itulah, Anda mesti segera membunyikan clicker dan berikan hadiahnya.

Lakukan hal ini berulang-ulang, agar burung mau mengerti mengapa kita mengacungkan stik. Pada akhirnya, burung akan termotivasi untuk menyentuh bagian stik yang lain, misalnyabagian tengah, atau bagian pangkal dekat dengan jari kita.

Sebagai latihan dasar lainnya, cobalah membuat lovebird berputar untuk menyentuh stik. Jika berhasil, bisa cicoba lagi dengan cara lain. Misalnya mengambil jarak beberapa langkah agar burung mau mendekati stik dan menyentuhnya.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat tayangan video berikut ini :

Beberapa pengulangan harus tetap dilakukan, agar lovebird mau mengerti perintah tersebut. Dan, seperti biasa, jika burung berhasil melakukan perintah tersebut, bunyikan clicker dan berikan hadiahnya segera.

Bagaimana jika burung tidak mau menyentuh stik? Anda bisa melakukan perkenalan dulu, yaitu dengan cara menyentuhkan tongkat ke paruhnya. Setelah itu, bunyikan clicker dan berikan pakan kesukaannya sebagai hadiah. Lalu, cobalah untuk membuat burung mau mengejarnya.

Lakukan hal ini beberapa kali, karena kita sedang memasukan aktivitas tersebut dalam memori burung. Kalau dirasa cukup, silakan dicoba agar burung yang mendekati stik yang Anda acungkan.

melatih dengan stik 2
Lovebird menggigit stik,

Bagaimana jika lovebird malah ketakutan saat menjalani latihan menggunakan stik? Kemungkinan seperti itu tetap ada, di mana burung malah menjauhi stik.

Jika hal itu terjadi, Anda jangan mengejar lovebird sambil memegang stik. Sebaiknya tetap pegang stik dalam posisi seperti semula, dan lihat terus apa yang dilakukan burung.

Biasanya burung akan kembali mendekati Anda, karena dia sudah faham jika Anda adalah partner, bukan musuh. Nah, saat mendekat itulah, segera berikan pakan kesukaannya.

Dengan metode seperti ini, burung merasa bahwa dengan menghampiri stik, ia tidak akan tersakiti, tetapi justru akan menerima pakan lezat kesukaannya.

Tujuan dari pelatihan menggunakan stik adalah agar lovebird cepat mengerti maksud Anda. Dengan demikian, Anda bisa saja menyuruh dia ke mana saja menggunakan bantuan stik. Burung akan memperhatikan ke mana gerakan stik, dan akan menghampiri ke manapun tongkat diarahkan.

Hal ini sangat bermanfaat untuk melatih burung berjalan menghampiri kita dari jarak cukup jauh, atau menyuruh burung naik ke tangga mainan (banyak dijual di toko khusus parrots), melalui bantuan stik, atau menyuruh burung terbang menghampiri kita.

trik parkit
Jari sebagai pengganti stik

Suatu saat nanti, ketika burung sudah terlatih dengan stik, Anda bisa mengubahnya tanpa stik, tetapi cukup dengan jari. Jadi, stik merupakan latihan dasar yang kelak bisa diganti dengan jari Anda.

Jangan takut digigit saat lovebird menyentuh jari Anda. Toh gigitan lovebird hanya seperti dicubit, tidak seganas nuri, kakatua, apalagi macaw.

Hal yang paling penting dalam pelatihan ini adalah “lakukan = click + hadiah ” atau kalau boleh pake istilah inggris ala Om Kicau adalah ” Do it = Click N Reward “ .

Setelah mengenal beberapa metode pelatihan di atas, lovebird akan lebih mudah dilatih berbagai macam atraksi dan trik lainnya. Tentu hal tersebut membutuhkan beberapa peralatan khusus, yang banyak dijual di forum jual beli maupun di toko khusus parrots.

VIDEO LOVEBIRD TERLATIH

Yntuk referensi latihan, berikut ini beberapa video mengenai aksi lovebird yang sudah pandai melakukan berbagai atraksi. Anda bisa mengembangkannya sebagai pelatihan, dengan dasar-dasar panduan seperti di atas.

  • Menjinakkan burung paruh bengkok

—-

  • Melatih burung untuk berguling-guling

—-

  • Melatih burung untuk berputar

—-

  • Beberapa trik yang bisa dilakukan oleh lovebird

—-

Selamat melatih,

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.