Nova NF2IS BF: Kenari standar paling diminati

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Seperti apakah tren kenari di mata pemain kenari saat ini? Salah satu cara untuk memperoleh jawaban riil adalah menemui penangkar dan pedagang kenari. Sebab merekalah yang tahu persis perilaku konsumen, terutama yang datang ke tempat usahanya. Om Kicau lalu menemui Nova Smith, breeder kenari di Jakarta yang sukses mengibarkan bendera NF2IS Bird Farm (BF). Menurut Om Nova, yang paling diminati kalangan pemain saat ini tetap kenari standar. Namun, kenari standar unggulan ini harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Apa saja?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Nova - NF2IS BF Jakarta
Nova sedang menyeleksi kenari unggulan.

—-

Kriteria kenari standar unggulan  antara lain memiliki ayunan lagu, durasi kerjanya lama, serta volumenya di atas rata-rata. Selain itu, burung juga mampu mengeluarkan lagunya panjang-panjang.

“Kriteria seperti inilah yang sekarang terus diburu para penggemar kenari, terutama bagi para pemain. Nah, sekarang muncul tuntutan baru. Jadi, kenari harus memiliki beberapa kriteria tersebut, ditambah memiliki warna eksotik. Nah, saat ini warna bon kuning masih menjadi pilihan utama,” kata Om Nova, ketika ditemui Om Kicau di kediamannya, Jalan Kebon Pala 2 No 12, RT 4 / RW13, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Berbincang-bincang dengan Om Nova memang mengasyikkan. Selain menguasai benar materinya, dia juga memiliki relasi luas di kalangan kenari mania, terutama di Jabodetabek. Wajar saja, karena Om Nova saat ini dipercaya menjadi ketua Paguyuban Kenari Jabodetabek (PKJ). Secara berkala, dia dan rekan-rekan kenari mania berkumpul untuk membicarakan tren atau perkembangan terkini seputar kenari.

Paguyuban Kenari Jabodetabek
Nova bersama anggota Paguyuban Kenari Jabodetabek (PKJ).

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Permintaan kenari meningkat drastis

Diakuinya, permintaan kenari di Jabodetabek dan beberapa wilayah lain di Indonesia kini menunjukkan peningkatan drastis. Hal ini bisa dibuktikan dari komunikasi antar-breeder, khususnya yang bergabung dalam PKJ. Sebab PKJ merupakan komunitas yang terdiri atas breeder, pedagang, importir, penggemar, dan pemain kenari. Jadi, setiap saat mereka saling tukar informasi.

NF2IS BF yang dikelolanya pun kewalahan menerima pesanan kenari dari berbagai kota. Produksinya yang terbatas belum mampu memenuhi permintaan pasar yang meningkat drastis.

Om Nova Smith memang menyediakan beragam jenis kenari, mulai dari AF, F1, F2, dan sebagainya. Produk yang dijual mulai dari anakan, kenari siap lomba, hingga induk yang siap diternak.

Produk NF2IS BF
Produk siap lomba hasil breeding NF2IS BF

—-

Untuk kenari siap lomba, Om Nova hanya fokus pada kenari standar, karena memang paling diminati. Boleh jadi pula, penggemar kenari isian biasanya membeli kenari bahan umur 1 bulan, kemudian rutin dimaster selama 1-2 tahun sehingga menjadi kenari isian yang tidak glender lagi.

Harga bervariasi, tergantung jenis dan kondisinya. Seekor kenari AF dibanderol minimal Rp 1,5 juta / ekor. Bahkan untuk kenari AF dengan kualitas suara serta variasi lagu yang  istimewa, harganya bisa mencapai Rp 2,5 juta per ekor.

Selain pemain, banyak juga konsumen NF2IS BF yang berasal dari sesama penangkar, atau calon penangkar. Mereka inilah yang biasanya membeli induk yang sudah siap untuk diternak.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Harga induk betina F1 juga bervariasi, dalam kisaran Rp 1,5 juta hingga Rp 1, 7 juta per ekor, dan dalam kondisi siap produksi. Adapun induk betina jenis AF dibanderol mulai Rp 600.000 hingga Rp 800.000  “Biasanya, perbedaan harga ditentukan oleh posturnya,” kata Om Nova.

Untuk menghasilkan produk berkualitas, Om Nova mengandalkan beberapa pasangan induk yang memiliki trah juara. Semua induk jantan pernah menjuarai lomba, seperti Buldozer, Halilintar, Jelita, Mr Smithty, Arase Junior, dan sebagainya. Sedangkan induk betina harus berasal dari bapaknya yang pernah juara.

Kandang indukan kenari
Petak kandang induk betina ditata berjejer-bertingkat secara rapi.

—-

Menggaransi produk demi kepuasan konsumen

NF2IS BF Jakarta
Kenari siap dipasarkan.

Salah satu keunggulan dari NF2IS BF adalah selalu memberikan garansi terhadap setiap produk yang dibeli konsumen. “Layanan purnajual sudah menjadi standar pelayanan bagi konsumen. Ini mestinya juga berlaku pada breeding kenari, dan NF2IS sudah melakukan hal ini sejak awal berdiri,” tutur Om Nova.

Om Kicau kebetulan memiliki relasi di Semarang, namanya Ranu, yang ternyata salah seorang pelanggan NF2IS. Dalam pesan singkatnya, dia menulis begini: “Saya puas dengan layanan yang diberikan NF2IS. Sebab burung yang dikirim sesuai dengan selera dan pesanan saya”.

Layanan purnajual yang diberikan NF2IS antara lain akan mengganti burung jika produk yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan, memberikan konsultasi gratis terutama bagi pemula, dan sebagainya.

“Hobi burung itu bukan hanya sekadar transaksi, tapi juga sarana silaturahmi untuk lebih menjalin hubungan pertemanan. Jadi, persoalannya adalah bagaimana menjaga kepuasan pelanggan, dan menjadikannya sebagai teman sesama penggemar kenari,” kata Om Nova.

Karena permintaan mengalir deras tanpa henti, kini Om Nova juga menjalin kemitraan dengan para breeder lain, khususnya yang tergabung dalam PKJ. Namun, kemitraan ini hanya diterapkannya pada breeder yang memenuhi kualifikasi tertentu. Artinya, produk mereka pun harus berkualitas.

Dengan kemitraan itulah, kini dia bisa memenuhi setiap pesanan baik dari Jawa maupun luar Jawa, dalam jumlah tak terbatas. “Mau berapa ekor pun kita layani, dan semuanya berkualitas,” ujar Om Nova, yang baru saja mengirim belasan ekor kenari pesanan dari Batam. (d’one)

Dukungan keluarga
Nova bersama istri dan kedua anaknya.

—-

Om Nova Smith / NF2IS Bird Farm

Pin BB  271BA3B3 –  HP 0818 799 990 / 082 387 999 990

Jalan Kebon Pala 2 No 12, RT 4 / RW13, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

—-

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.