Ragam kicauan branjangan untuk masteran

Branjangan kini mulai popular lagi di beberapa daerah. Upaya penangkaran pun terus dilakukan, termasuk yang dipelopori Om Yogi Prayogi dan kawan-kawan dari organisasi Kicau Mania (kicaumania.or.id). Beberapa even regional dan nasional di Jakarta pun kerap “disisipi” kelas khusus branjangan dan digratiskan, agar para BR mania kembali bersemangat memelihara burung ini. Tahukah Anda, burung branjangan juga bisa dijadikan masteran ciamik bagi sejumlah burung kicauan lainnya? Om Kicau pun menyediakan beragam kicauan burung branjangan untuk masteran.

Download ragam suara kicauan burung branjangan
Download ragam suara kicauan burung branjangan.

Branjangan dulu termasuk salah satu jenis burung lokal yang kerap dilombakan, dan selalu dibanjiri peserta. Entah kenapa, pamornya dari tahun ke tahun makin menurun. Dalam satu tahun terakhir, gairah kicaumania untuk melambungkan kembali burung ini terus meningkat.

Hal ini ditandai dengan makin banyak penghobi burung yang mencoba merawat, bahkan menangkar, burung yang terkenal dengan gaya hoovering yang khas ini. Hoovering adalah gaya terbang burung branjangan secara horizontal (dari atas ke bawah, atau sebaliknya), yang bisa dilakukan sambil berkicau. Asyik kan? Karena itu, BR mania biasanya menggunakan sangkar bundar dengan ketinggian melebihi sangkar burung lainnya.

Suara kicauannya sangat kencang, bervariasi, dan bisa diisi dengan berbagai macam suara masteran. Apabila kondisinya sedang fit, burung akan menyanyikannya dengan gaya aduhai, yang disebut ngleper, yaitu kedua sayapnya digetar-getarkan penuh eksotis.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Di sejumlah pasar burung, branjangan masih mudah dijumpai. Namun, beberapa pedagang nakal terkadang sering mencampurnya dengan burung apung (richards pipit) dalam kandang ombyokan. Karena penampilan keduanya sekilas mirip, banyak pembeli yang terkecoh. Karena itu, perlu kehati-hatian saat hendak membeli. Bagaimana perbedaan branjangan dan burung apung, silakan lihat kembali artikelnya di sini.

Mengapa harus hati-hati? Meski penampilannya mirip, suara kicauannya keduanya berbeda. Tentu saja lebih bagus branjangan.

Bukan berarti burung apung tak bagus untuk dipelihara. Jika sudah rajin bunyi, suara kicauannya didominasi cerecetan dan itu bisa juga untuk memancing bunyi burung pleci, ciblek, kemade / cabai jawa, gelatik wingko, decu, dan beberapa jenis burung kicauan lainnya.

Di masa lalu, para importir burung sering mendatangkan burung pailing (bai ling /pak ling) dan sanma. Kedua jenis burung ini masih memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan branjangan, karena sama-sama anggota keluarga Alaudidae. Suara kicauannya juga bervariasi, keras, dan yang penting mereka bisa saling mengisi.

Berikut ini beberapa suara masteran dari branjangan, sanma, pailing, dan anggota keluarga Alaudidae lainnya. Khusus burung apung, ini bukan anggota Alaudidae, namun sengaja disertakan di sini untuk pelengkap koleksi masteran Anda.

1. Suara kicauan dari genus Alauda

Salah satu burung lark dari genus Alauda adalah sanma /Oriental skylark. Berikut ini suara kicauannya.
sanma

Download audionya dalam format MP3 disini : DOWNLOAD

Untuk koleksi suara sanma yang lebih lengkap, termasuk videonya, bisa dibuka kembali artikel tentang Audio dan video burung sanma.

2. Suara kicauan dari genus Melanocorypha

Jika sanma termasuk genus Alauda, maka pailing / mongolian lark dan calandra lark termasuk dalam genus Melanocorypha.

ca

  • Kicauan mongolian lark

Download audionya dalam format MP3 disini : DOWNLOAD

  • Kicauan calandra lark

Download audionya dalam format MP3 disini : DOWNLOAD

3. Suara kicauan dari genus Eremophila

Yang termasuk dalam genus ini antara lain horned lark / shore lark, yang audionya bisa Anda nikmati di bawah ini:

shorelark

Download audionya dalam format MP3 disini : DOWNLOAD

4. Suara kicauan dari genus Galerida

Contoh burung lark dari genus Galerida adalah crested lark. Berikut ini audionya:

crested lark

Silahkan download audionya dalam format Mp3 disini : DOWNLOAD

5. Suara kicauan dari genus Mirafra

Nah, salah satu spesies burung dari genus Mirafra adalah branjangan (Mirafra javanica). Ada beberapa audio yang bisa diunduh, dengan tipe berbeda-beda.

branjangan

  • Suara panggilan / call burung branjangan

Silahkan download audionya dalam format MP3 disini : DOWNLOAD

  • Suara kicauan burung branjangan

Silahkan download audionya dalam format MP3 disini : DOWNLOAD

6. Suara kicauan dari genus Lullula

Woodlark (Lullula arborea) termasuk dalam genus Lullula. Suaranya juga bagus untuk masteran

woodlark

Silahkan download audionya dalam format MP3 disini : DOWNLOAD

Nah, kali ini suara kicauan burung apung sawah / paddyfield pipit. Meski tidak termasuk keluarga Alaudidae, tidak ada salahnya kita nikmati pula cerecetannya, yang bisa digunakan untuk memaster pleci, ciblek, gelatik wingko, dan beberapa jenis burung lainnya.
pipit apung

Silahkan download file audionya dalam format MP3 disini : DOWNLOAD


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.