Formula pakan cendet lolohan ala Om Andri

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Beberapa kicaumania ingin sekali membeli cendet yang masih lolohan, sekitar umur 2 minggu, sebab akan memudahkan proses penjinakan dan pemasterannya. Namun, banyak yang masih bingung soal formula / racikan pakan yang tepat untuk cendet seumur tersebut. Om Kicau akan membagikan tips yang bersumber dari pengalaman Om Andri Asmari, pemilik Vegasus Bird Farm, yang dikenal kreatif dan sering melakukan berbagai eksperimennya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cendet lolohan
Cendet lolohan, umur 2 minggu, kini banyak dicari. (Foto: burunglolohanjogja.blogspot.com)

—-

Formula pakan yang dibuat Om Andri Asmari ini sebenarnya terkait pula dengan pemasteran cendet sejak lolohan. Namun Om Kicau sengaja memisahkan masalah ini, agar lebih fokus ke cara membuat pakan lolohan untuk cendet. Adapun masalah pemasteran akan ditulis dalam artikel terpisah.

Andri Asmari
Andri Asmari (Vegasus BF)

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Eksperimen dilakukan Om Andre Asmari pada cendet lolohannya, umur 2 minggu, di mana bulu ekor masih tumbuh sedikit.

Bahan baku pakan lolohan

Untuk bahan baku pakan lolohan, Om Andri membuat ramuan sendiri yang terdiri atas:

  • Pakan tambahan kenari (Cedee)
  • Biskuit bayi (Promina Beras Merah)
  • Voer (Fancy)
  • Kroto bersih

Semua bahan ditumbuk halus, dan diberi sedikit air matang, untuk dilolohkan kepada cendet secara kontinyu. Sesekali, bahan tersebut ditambah dengan jangkrik, ulat hongkong, serta ulat bumbung / bambu.

Formula pakan inilah yang digunakan Om Andri untuk meloloh cendet umur 2 minggu, sampai nanti mampu mandiri (makan sendiri). Bahan lolohan ini diberikannya secara rutin, tanpa pernah diubah sedikitpun.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Selain formula lolohan di atas, setiap Sabtu dan Minggu, cendet dapat diberi menu tambahan pisang ambon yang sudah dilembutkan / dijadikan bubur.

Bubur pisang ini diberikan dalam waktu terbatas, pukul 12.00 – 13.00. Setelah itu, mulai pukul 13.00 sampai sore, menu dikembalikan ke formula pakan / bahan lolohan sebelumnya. Bubur pisang sudah harus distop.

Pakan cendet umur 1 bulan

Cendet trotolan
Umur 1 bulan, cendet diperkenalkan dengan ulat hongkong.

—-

Menginjak umur 1 bulan, cendet diberi 3 ekor ulat hongkong ukuran kecil. Pemberiannya dilakukan setiap malam. Ini untuk mengajari burung belajar mematuk makanan. Awalnya bisa diloloh dulu, tapi lama-lama harus dibiaskan mengambil pakan sendiri.

Apabila cendet sudah benar-benar mampu mematuk makanannya, itu berarti dia sudah bisa makan sendiri. Jadi, bahan lolohan mesti distop agar burung tidak menjadi manja.

Lalu, menu apa yang mesti diberikan kepada cendet yang baru saja mandiri? Anda bisa memberikan voer fancy dalam dua bentuk, yang nantinya dicampur menjadi satu. Yang pertama, voer dihaluskan. Kedua, voer ditumbuk sekadarnya, sehingga ujudnya masih sedikit kasar. Campurkan kedua bentuk voer itu dalam wadah tersediri, dan berikan kepada cendet.

Malam harinya, cendet diberi 3 ekor jangkrik dan 2 ekor ulat hongkong. Pakan hidup dimasukkan ke cepuk, jangan jangan diloloh lagi untuk seterusnya, agar cendet tidak manja.

Om Andri juga berpesan, menu di atas jangan diubah-ubah lagi, harus stabil, baik porsi maupun jenis pakan yang diberikan.

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

15 Comments

  1. met sore om Dudung, maaf mau tanya untuk komposisi racikan lolohan anakan cendet bisa gak lebih terperinci lg, misalnya biscuit beras merah berapa buah?, kroto bersih 1 sendok tea?, pakan tambahan kenari(ini apa ya om ?) berapa banyak?.
    makasi sebelumnya om, maaf kalo merepotkan.

  2. Om itu agak ribet bikinnya klo menurut saya., ada yang lebih simpel, kasih aja telor puyuh rebus seminggu 3kali di selingi ikan sungai yg kecil2 jangkrik dan kroto seperti biasa. Perkembangannya burung cepat sekali umur 2bulan udah mulai ganti bulu dewasa. Om di rumah ada cucak jenggot 2 pengennya suara isian dominasi cililin di selingi kasaran cak jenggot klo cililinnya pake perangkat elektronik apa bisa? Mau beli cililin g mampu om hehehe..

  3. Maaf om mau nanya
    Td siang d sebuah grup FB ada yg upload poto yg kata’a cendet albino
    Warna bulu trotol’a putih & mata’a merah
    Apa benar cendet albino sudah ada
    Klw pun benar ada’a hasil kawin silang dari apa / hasil brending seperti apa

    Terimakasih sebelum’a

    • Bukan sudah ada tapi memang ada cendet albino, beberapa waktu lalu di pasar burung Bratang Surabaya ada salah satu kios yang jual cendet albino dengan warna putih mulus dan mata merah.

    • Om Kicau juga pernah upload, silakan searching dengan kata cucakrowo albino. Ada penjelasan mengenai faktor penyebab burung albino, juga puluhan gambar burung albino, termasuk cendet, kacer, merak, dan sebagainya.

    • Kalau umur 2 minggu biasanya 1 jam sekali, atau setiap kali mulutnya cuap-cuap. Umur 3-4 minggu bisa dikurangi tiap 2 jam sekali. Kalau sudah 1 bulan, dan sudah bisa diajar makan UH, sudah agak santai, karena nggak perlu diloloh lagi.

Komentar ditutup.