Ragam suara burung perenjak lumut / cinenen pisang

Memenuhi permintaan beberapa pembaca, berikut ini beberapa ragam suara burung perenjak lumut, baik suara kicauan burung jantan, suara burung betina, suara panggilan, maupun suara alarm. Perlu diketahui, perenjak lumut atau sering juga disebut perenjak bawah / perenjak handap, memiliki nama resmi cinenen pisang / common tailorbird (Orthotomus sutorius). Selamat mendengarkan dan / atau mengunduh audio mp3 burung perenjak lumut.

Burung perenjak lumut / cinenen pisang
Ragam suara burung perenjak lumut / cinenen pisang (Orthotomus sutorius).

—-

Entah siapa yang pertama kali menggunakan istilah perenjak lumut. Yang pasti, nama ini kemudian lebih kondang daripada nama asli yang telah disepakati para ahli burung di Indonesia. Ya, tidak apa-apa, asalkan jangan melupakan nama aslinya: cinenen pisang.

Ini sama seperti perenjak kepala merah, yang lebih popular ketimbang nama aslinya: cinenen kelabu / ashy tailorbird (Orthotomus ruficeps). Jika perenjak kepala merah memiliki nama alias perenjak atas / luhur, atau terkadang disebut juga perenjak klawu (abu-abu), maka perenjak lumut juga memiliki nama alias: perenjak bawah atau perenjak handap.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Burung perenjak lumut mudah dibedakan dari perenjak kepala merah. Sebab warna tubuh bagian atas, ekor, dan sayapnya hijau-zaitun, seperti lumut. Dari situlah muncul sebutan perenjak lumut. Berbeda dari perenjak kepala merah, di mana tubuh bagian atas berwarna abu-abu.

Baik perenjak lumut maupun perenjak kepala merah memiliki warna merah di bagian mahkota / atas kepala. Hanya saja, perenjak kepala merah juga memiliki warna merah karat di bagian pipi, dagu, dan kerongkongan. Perenjak lumut tidak memiliki warna seperti itu. Warna merah hanya pada bagian mahkota dan dahi saja.

Perenjak kepala merah dan perenjak lumut
Perbedaan perenjak kepala merah (kiri) dan perenjak lumut.

—-

Ketika masih anakan, warna merah di bagian mahkota dan dahi belum terlihat. Ketika memasuki fase remaja, warna merah mulai muncul. Dan, ketika dewasa, warna merah pada burung jantan terlihat lebih jelas dari pada burung betina. Selain itu, warna bulu pada burung betina juga lebih gelap dan kusam.

Anakan burung perenjak lumut
Anakan burung perenjak lumut.

—-

Burung perenjak lumut betina
Burung perenjak lumut betina: Lebih kusam daripada jantan.

—-

Postur perenjak lumut sedikit lebih kecil, dengan panjang tubuh sekitar 10 cm (perenjak kepala merah sekitar 11 cm). Ekornya panjang dan sering ditegakkan. Tubuh bagian bawah putih, dengan bagian samping abu-abu. Iris matanya kuning tua kepucatan. Paruh atas  hitam, sedangkan paruh bawah merah jambu kepucatan. Kedua kaki juga berwarna merah jambu.

Sampai saat ini, popularitas burung perenjak lumut memang masih di bawah perenjak kepala merah. Ada anggapan suaranya tidak sebagus perenjak kepala merah, dengan bunyi “te-cii.. te-cii…” yang disuarakan berulang-ulang alias monoton.

Namun, sebagaimana keluarga Sylviidae lainnya, perenjak lumut sebenarnya memiliki variasi suara cukup banyak. Beberapa audio mp3 yang akan dibagikan Om Kicau pun sebagian besar berasal dari suara perenjak lumut di alam liar, meski ada beberapa hasil rekaman di dalam sangkar.

Keluarga Sylviidae dikenal memiliki suara kicauan merdu, keras, rajin berkicau, dan jika dilatih dapat meniru suara burung lain dengan cukup bagus.

Video burung perenjak lumut

  • Video kompilasi burung perenjak lumut      l     Download

—-

  • Video kicauan perenjak lumut di alam liar     l     Download

—-

Audio burung perenjak lumut

Berikut ini beberapa suara kicauan, suara panggilan, dan suara alarm burung perenjak lumut dengan variasi yang berbeda-beda, yang bisa digunakan untuk merangsang burung sejenis agar rajin bunyi. Ada juga suara perenjak lumut betina untuk mendongkrak birahi burung jantan agar rajin berkicau pula.

  • Suara burung perenjak lumut 1     l     Download

—-

  • Suara burung perenjak lumut 2     l     Download

—-

  • Suara burung perenjak lumut 3     l     Download

—-

  • Suara burung perenjak lumut 4     l     Download

—-

  • Suara burung perenjak lumut 5     l     Download

—-

  • Suara burung perenjak lumut 6     l     Download

—-

  • Suara burung perenjak lumut 7     l     Download

—-

  • Suara perenjak lumut betina      l     Download

—-

  • Suara panggilan burung perenjak lumut      l     Download

—-

  • Suara alarm burung perenjak lumut      l     Download

—-

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

  1. Om Aries & Om Dudung, ane punya usulan ni, buat dong artikel yg mengulas tentang burung-burung kecil bermental fighter yg ada di Indonesia..
    Thanks

Komentar ditutup.