Berkecet siberia: Si robin biru bersuara merdu

Indonesia sering menjadi tujuan akhir dari burung-burung utara yang bermigrasi ke wilayah selatan. Tentu ini tidak terlepas dari luasnya areal hutan hijau di negeri ini, terutama Sumatera dan Kalimantan. Banyak burung migran yang memilih Indonesia sebagai habitat sementara ketika habitat aslinya sedang memasuki musim dingin, seperi anis siberia, tledekan biru, jalak kapas, dan ini dia: berkecet siberia (Luscinia cyane), atau sering dijuluki sebagai burung robin biru dari kawasan Siberia (siberian blue robin).

Burung berkecet siberia
Burung berkecet siberia (Luscinia cyane) alias si robin biru.

—-

Berkecet siberia merupakan burung pengicau kecil anggota keluarga Turdidae / burung cacing. Sepintas lalu, penampilannya mirip dengan spesies dari Benua Eropa, yaitu burung chatting. Robin biru merupakan burung pemakan serangga (insectivorous) yang berkembang biak di Asia Timur melintasi Jepang. Tetapi pada musim dingin, mereka akan bermigrasi ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Di Indonesia, burung ini bisa ditemukan pada bulan-bulan tertentu. Namun, sebagiamana burung migran yang lain, biasanya mereka berada di Indonesia sejak September / Oktober hingga Maret / April tahun berikutnya. Jadi, inilah saatnya mereka bermigrasi ke negeri kita, juga beberapa negeri tetangga di Asia Tenggara lainnya.

Beberapa pulau di Indonesia yang kerap menjadi tujuan “wisata kuliner” burung robin biru adalah Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Semenanjung Malaysia, atau wilayah negara Malaysia di luar Kalimantan Utara, juga menjadi tujuan migrasi berkecet siberia. Di sana, burung ini popular dengan sebutan murai biru siberia.

Berkecet siberia hanya memiliki dua subspesies / ras, yaitu :

  • Luscinia cyane cyane  – Habitat asli di wilayah selatan-tengah Siberia dan wilayah utara Mongolia. Pada musim dingin, mereka bermigrasi ke Asia Tenggara.
  • Luscinia cyane bochaiensis  – Habitat asli di wilayah timur Siberia, timurlaut China, Korea Utara, dan Jepang. Musim dingin bermigrasi ke Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar (Sumatera, Kalimantan, dan Jawa).

Karakteristik fisik burung berkecet siberia

Berkecet siberia memiliki ukuran tubuh sedang (sekitar 14 cm), dengan tubuh berwarna biru dan putih. Pada burung muda, bulubulu sayap yang mengarah ke belakang berwarna cokelat. Namun ketika burung dewasa, warna cokelat akan berganti menjadi biru.

Berkecet Siberia atau Siberian blue robin
Berkecet siberia muda: Kombinasi warna biru, cokelat, dan putih.

—-

Burung berkecet siberia
Berkecet siberia dengan ujung sayap berwarna biru.

—-

Membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada burung ini cukup mudah, sebab berkecet siberia atau robin biru merupakan burung dimorfik seksual. Burung jantan memiliki tubuh bagian atas yang berwarna biru gelap (burung dewasa pada musim berkembang biak) atau biru terang (burung muda). Selain itu, terdapat juga pita hitam yang melebar melewati mata. Bagian leher hingga bawah perut putih bersih.

Burung betina memiliki warna bulu cokelat zaitun pada tubuh bagian atas. Bagian tenggorokan dan dadanya cokelat, dan memiliki sisik-sisik bulu berwarna kuning tua.

Berkecet siberia jantan ( kiri ) dan Betina yang memiliki penampilan yang berbeda
Berkecet siberia jantan ( kiri ) dan betina memiliki penampilan berbeda.

—-

Habitat dan perilaku 

Robin biru siberia memiliki wilayah persebaran yang luas dengan populasi cukup berlimpah. Saat ini statusnya masih Least Concern (LC), tapi kerusakan hutan lama-lama akan mengubah statusnya, sebagaimana yang terjadi pada spesies burung lainnya.

Burung ini senang mencari pakan terutama serangga di permukaan tanah. Mereka akan mengais dedaunan atau tanah untuk mencari ulat atau larva serangga. Pakan utamanya antara lain invertebrata kecil, serangga, dan terkadang buah-buahan seperti beri dan ceri.

Berkecet siberia juga mempunyai kebiasaan unik, yaitu sering menggetarkan bulu ekor secara cepat. Belum diketahui apa tujuannya. Perilaku ini mirip dengan burung decu dan burung ciung.

Suara kicauan burung berkecet siberia

Burung ini dikenal memiliki suara kicauan sangat merdu, dan kemungkinan memiliki kemampuan meniru suara burung lain atau mimikri. Belum diketahui pula apakah burung ini juga bisa ditemukan di pasar burung, karena sekarang adalah masa di mana mereka migrasi ke Indonesia.

Agar tidak penasaran dengan suara kicauannya, berikut ini video dan suara kicauan burung berkecet siberia / robin biru siberia .

  • Video dari burung berkecet siberia

—-

  • Suara kicauan berkecet siberia variasi 1 | DOWNLOAD
  • Suara kicauan berkecet siberia variasi 2 | DOWNLOAD

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.