Jambi Team juara umum Liga Sumatera 2013

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Tuan rumah Jambi Team akhirnya tampil sebagai juara umum tim dalam Liga Sumatera 2013, setelah merampungkan seri pamungkas (7) di Lapangan PGSD Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Minggu (1/12) sore. Runner-up tim diraih Lampung Team. Adapun juara umum perseorangan dimenangi  Yandri / Lampung Team (murai batu), M Khadafi / Lampung Team (kacer, kapas tembak), Aping / Jambi Team (lovebird), dan Johan Bangun / BnR Sumatera Utara (cucak hijau).

Liga Sumatera 2013 Seri 7
Bupati Batanghari menggantang murai batu sebagai simbol pembukaan lomba.

—-

Seperti diberitakan sebelumnya, Seri 7 atau Final Liga Sumatera dibuka Plt Bupati Batanghari Sinwan SH, didampingi Kapolres AKPB Robert Antoni Sormin SIK, Minggu (1/12) pukul 10.00. Sejak awal, terjadi pertarungan antara Lampung Team dan Jambi Team.

Sebelum lomba dimulai, Lampung Team masih memimpin klasemen tim hingga seri keenam, namun poin yang dikumpulkannya hanya terpaut tipis dari Jambi Team, yang kali ini bertindak menjadi tuan rumah.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagaimana biasanya, seri terakhir melombakan 10 kelas yang poinnya diperhitungkan, yaitu murai batu, kacer, lovebird, kapas tembak, dan cucak hijau (masing-masing dua kelas, Liga Sumatera A dan B).

Adapun kelas lainnya tidak memperebutkan poin, seperti kenari, serindit, ciblek, termasuk murai batu, kacer, lovebird, kapas tembak, dan cucak hijau yang bukan kelas Liga Sumatera A-B.

Dari 10 kelas yang memperebutkan poin, Jambi Team berhasil menjuarai 7 kelas. Rivalnya, Lampung Team, hanya menjuarai tiga kelas, yaitu Kacer Liga Sumatera A, Kacer Liga Sumatera B, dan Cucak Ijo Liga Sumatera A. Selebihnya dikuasai Jambi Team, yang sangat membantunya menjadi juara umum tim.

Jambi Team juara umum
Jambi Team juara umum Liga Sumatera 2013.

—-

Dalam seri pamungkas, beberapa burung jawara nasional masih sulit ditembus. Kacer Rincong Aceh milik M Khadafi, misalnya, berhasil meraih double winner dan sekali runner-up.

Kapas tembak Raja milik Paiman (Jambi Team), cucak hijau Megazin milik H Rico (Lampung Team), dan serindit Top Speed milik Mr Said BH (Jambi Team) juga berhasil nyeri juara 1 di kelas masing-masing.

Yang menarik adalah persaingan di kelas murai batu, di mana panitia penyelenggara yang dipimpin Aak Bulian membuka lima kelas. Tidak ada seekor burung pun yang berhasil meraih kemenangan lebih dari satu kelas.

Liga Sumatera - Kelas Murai Batu
Persaingan seru di Kelas Murai Batu Liga Sumatera A.

—-

Panglima, murai batu andalan Yongka, yang didaftarkan atas nama Dedy Jaya / Aheng (Jambi Team) tampil sebagai yang terbaik di kelas paling bergengsi: Murai Batu Liga Sumatera A. Ini mengulang kesuksesannya pada Seri 2 di Lubuklinggau, Sumatera Selatan, April lalu.

Yongka Jambi Team
Yongka (kanan) dan Aheng.

—-

Prestasi fenomenal kembali ditunjukkan lovebird Putri milik Ferry Louw, yang didaftarkan atas nama Aping, mencetak hattrick. Sebelumnya burung ini juga menjuarai even akbar Merah Putih Bird Shop Cup 1 di Bandung, 24 November lalu. Putri bahkan nyaris quattrick, namun harus puas menjadi juara 2 di Kelas BCT.

Secara keseluruhan, even Liga Sumatera 2013 berlangsung sukses dan lancar sejak seri 1 di Medan (Maret 2013) hingga seri 7 di Muara Bulian (Desember 2013). Gelaran ini layak diduplikasi di daerah lain, dengan jadwal penyelenggaraan teta sebulan sekali, bukannya seminggu sekali yang membuat burung dan pemain kelelahan seperti model Liga Ronggolawe.

Ketua BnR Sumatera M Khadafi
Ketua BnR Sumatera M Khadafi memberi sambutan penutupan.

—-

Juri lomba burung disumpah
Sebelum lomba, para juri disumpah di bawah kitab suci.

—-

Hasil keseluruhan Liga Sumatera 2013

—-

Juara Umum Tim1.  Jambi Team
2.  Lampung Team
Juara umum murai batu1.  YandriLampung Team
2.  RamadanAceh
3.  Dedy Jaya/AhengJambi Team
Juara umum kacer1.  M KhadafiLampung Team
2.  Andre SutantoJambi Team
3.  H RicoLampung Team
Juara umum lovebirdApingJambi Team
Juara umum kapas tembakM KhadafiLampung Team
Juara umum cucak hijauJohan BangunBnR Sumut

—-

Juara umum tim mendapat hadiah uang Rp 10 juta, runner-up Rp 5 juta. Adapun juara umum murai batu mendapat hadiah uang Rp 30 juta, juara 2 dan 3 masing-masing Rp 20 juta dan Rp 10 juta.

Mr Said BH
Mr Said BH 

Juara umum kacer menerima hadiah Rp 20 juta, sedangkan juara 2 dan 3 masing-masing Rp 10 juta dan Rp 5 juta. Juara umum lovebird, kapas tembak, dan cucak hijau, masing-masing menerima hadiah Rp 10 juta.

Ketua Jambi Team, Mr Said BH, merasa bersyukur timnya bisa menjadi juara umum. Hal ini tidak bisa dipisahkan dari kekompakan dan semangat kekeluargaan teman-teman, serta pengaturan strategi menjelang lomba. “Lampung Team merupakan tim tangguh. Kami sangat respek terhadap mereka,” kata Mr Said.

Secara pribadi, Mr Said meraih beberapa gelar juara. Serindit andalannya, Top Speed, meraih double winner. Kacer Tikus dua kali menjadi runner-up dan sekali juara 5. Murai batu Oziel miliknya finish di urutan kelima. (Waca / Kelana Lana)

Yang tercecer dari Final Liga Sumatera:

Penonton Liga Sumatera
Antusias penonton Final Liga Sumatera 2013 di Muara Bulian.

—-

Selamat kepada para pemenang.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.