Pygmy parrot, burung nurikate dari Papua

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tahukah Anda burung paruh bengkok (parrot) dengan postur tubuh paling kecil di dunia? Jawabannya adalah pygmy parrot / nurikate, yang sebagian besar mendiami Tanah Papua (termasuk Papua Nugini), dan sebagian lagi dapat ditemukan di Maluku. Ada enam spesies pygmy parrot, yang rata-rata hanya seukuran jempol orang dewasa, alias lebih imut daripada burung serindit yang selama ini dianggap sebagai parbeng termungil.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ukuran tubuhnya hanya seukuran jempol dewasa
Pygmy parrot, tubuhnya hanya seukuran jempol orang dewasa.

—-

Pygmy parrot, yang oleh para ornitholog Indonesia diberi nama nurikate, hanya bisa ditemukan di Papua dan pulau-pulau terdekatnya, termasuk yang berada di wilayah Provinsi Maluku. Ada enam spesies nurikate, dan empat di antaranya ada di Indonesia:

  1. Nurikate topi kuning / yellow-capped pygmy parrot  (Micropsitta keiensis): Wilayah persebaran Papua dan Maluku.
  2. Nurikate dada merah / red-breasted pygmy parrot (Micropsitta bruijnii): Wilayah persebaran Papua dan Maluku.
  3. Nurikate geelvink / geelvink pygmy [arrot  (Micropsitta geelvinkiana): Wilayah persebaran hanya di Papua.
  4. Nurikate pusio / buff-faced pygmy parrot  (Micropsitta pusio): Wilayah persebaran hanya di Papua.
  5. Meek’s pygmy parrot  (Micropsitta meeki): Burung endemik di Pulau Manus, Kepulauan Admiralty, yang termasuk dalam Gugus Kepulauan Bismarck, Papua Nugini.
  6. Finsch’s pygmy parrot (Micropsitta finschii): Burung endemik di Kepulauan Solomon, yang terletak di sebelah timur Papua Nugini.

Burung nurikate rata-rata memiliki ukuran tubuh 8 – 10 cm (serindit sekitar 11 cm). Jari-jari dan kukunya melengkung panjang, namun batang kaki (shank) terlihat besar. Dari enam spesies tersebut, yang paling mungil adalah nurikate pusio.

Nurikate pusio
Batang kaki nutikate pusio terlihat besar.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Burung nurikate jauh berbeda dari jenis nuri biasa maupun burung paruh bengkok lainnya, yang perawatan dan penangkarannya relatif mudah. Nurikate sangat sensitif, sehingga jarang bisa hidup dalam pemeliharaan di dalam sangkar, apalagi ditangkarkan. Namun, ini hanya soal pengalaman dan pemahaman karakter serta perilakunya saja, karena tidak ada yang tidak bisa untuk penangkaran burung jenis apapun.

Pakan utamanya juga agak nyeleneh. Burung paruh bengkok umumnya biji-bijian dan buah-buahan. Namun, nurikate justru menyukai jamur dan lumut.

Seperti burung paruh bengkok lainnya, nurikate juga termasuk burung monomorfik seksual, sehingga sexing tak mudah dilakukan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Keunikan lain dari burung ini adalah sering mencari pakan dengan cara merayapi batang pohon dari atas ke bawah, sebagaimana kebiasaan burung pelatuk saat mencari pakan. Gayanya juga mirip tupai saat merayapi batang pohon, karena nurikate sering menguliti batang pohon untuk mencari serangga seperti rayap, larva, ulat dan sejenisnya.

Burung nurikate
Gaya nurikate mencari makan mirip burung pelatuk.

—-

Salah satu kendala dalam penangkaran burung nurikate adalah kebiasaannya bersarang di dalam lubang sarang yang dibangun rayap. Saat akan berkembang biak, mereka akan mencari keberadaan sarang rayap lalu dengan paruh dan cakarnya yang tajam, mereka membuat lubang dalam sarang tersebut untuk bertelur dan merawat anak-anaknya hingga dewasa.

Burung nuri kerdil ( Pygmy parrot ) yang bersarang dalam sebuah sarang rayap
Burung nurikate bersarang dalam lubang sarang rayap.

—-

Berikut ini video dan suara burung nurikate atau pygmy parrot.

Video nurikate mencari pakan dengan merayapi batang pohon

—-

Suara kicauan burung nurikate

Suara kicauannya mirip dengan serindit yang berdencing. Mungkin itu ciri khas suara burung paruh bengkok berukuran kecil.

—-

dan bisa menambah pengetahuan kita bersama.

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.