Menu anakan murai batu umur 1-30 hari ala SKL

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Jujur saja, tidak pernah ada menu baku untuk anakan murai batu. Sebab setiap pemilik anakan murai batu, khususnya penangkar, punya resep berdasarkan pengalaman masing-masing. Pengalaman itu terkadang benar-benar muncul dari dia sendiri, bisa juga dari sumber lain yang dipelajarinya. Karena itu, artikel ini diberi judul menu anakan murai batu umur 1-30 hari ala SKL, karena menu ini dibuat berdasarkan pengalaman Tim SKL Bird Farm yang bermarkas di Jatibarang, Indramayu.

Meloloh anakan murai batu.
Menu makanan untuk anakan burung murai batu.

—-

Untuk penangkaran / breeding murai batu, mulai dari aktivitas hulu (seleksi calon induk) hingga hilir (perawatan anakan), SKL Bird Farm memang layak dijadikan salah satu sumber ilmu. Itu sebabnya, Om Kicau sering membagikan tips dari Tim SKL Bird Farm pimpinan Ir H Syamsul Saputro, karena dapat dipertanggungjawabkan dari sisi keilmuan dan praksis.

Perlu diketahui, SKL Bird Farm biasa memanen anakan murai batu pada umur 7 – 10 hari. Tidak boleh lebih, dan tidak boleh kurang.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Mengapa tidak boleh lebih dari 10 hari? Sebab, kelopak mata anakan murai batu sudah terbuka, dan mereka sudah bisa melihat induknya. Apabila anakan murai sudah melihat induknya, yang selama ini melolohnya, dia tak akan mau / sulit sekali diloloh manusia. Jika burung belum terbuka matanya, lalu dipanen, mereka mau menerima makanan yang kita lolohkan.

Mengapa tidak boleh kurang dari 7 hari? Anakan murai umur 1-7 hari masih berada dalam fase kritis. Kesalahan sedikit dalam perawatannya, terutama frekuensi pelolohan yang tidak konsisten, mudah sekali membuat burung kelaparan dan mati. Bahkan, perawatan kurang intensif sering menyebabkan anakan cacat, terutama kaki pengkor dan lumpuh.

Berikut ini menu anakan murai batu umur 1-30 hari ala SKL Bird Farm, yang dibagi dalam tiga fase :

Menu anakan murai batu umur 6-7 hari

Kalau Anda memanen anakan murai batu pada umur 7 hari, maka burung cukup diberi kroto saja alias full kroto. Adapun hari-hari sebelum dipanen, anakan tetap berada dalam perawatan induknya, di mana porsi jangkrik untuk indukan harus dikurangi seminimal mungkin, atau boleh juga dihilangkan.

Sebaliknya, porsi cacing tanah dan kroto untuk induk bisa ditambah. Pengurangan atau penghilangan porsi jangkrik dimaksudkan untuk mencegah induk menjadi agresif, yang bisa membahayakan anaknya.

Anakan murai batu
Anakan murai batu dalam rawatan induknya.

—-

Ada sebagian penangkar penangkar yang memanen anakan murai batu pada umur 6 hari, meski SKL Bird Farm menyarankan pemanenan pada umur 7 hari. Nah, berikut ini menu yang bisa disajikan pada anakan murai batu umur 6-7 hari:

  • Bahan lolohan hanya berupa kroto, alias full kroto.
  • Pilihlah kroto yang baru, segar, dan sudah dibersihkan semutnya.
  • Kroto diberikan mulai pukul 06.00 (paling telat 07.00) hingga pukul 18.00.
  • Menu diberikan setiap satu jam sekali, porsi jangan terlalu banyak.
  • Sebelum diberikan, kroto dicelup dulu ke dalam air matang.
  • Jika tidak dicelup, kroto yang bersifat lengket ini bisa menempel di kerongkongan, sebelum masuk ke bagian tembolok. Dengan pencelupan, kroto bisa melewati kerongkongan tanpa meninggalkan bekas.

Yang penting diperhatikan, anakan burung jangan diloloh sampai terlalu kenyang, yang terlihat dari tembolok (crop) yang membuncah.

Karena organ pencernaan belum berfungsi secara sempurna, maka dampak kekenyangan membuat organ pencernaannya dipaksa bekerja keras. Sebab, material pakan yang masih tersimpan di dalam tembolok akan terus-menerus dibawa masuk ke organ pencernaan burung.

Menu anakan murai batu umur 8-14 hari

Anakan murai batu
Anakan murai batu umur 12 hari.

—-

  • Bahan lolohan berupa kroto dicampur voer.
  • Sebelumnya voer sudah diblender halus dan diayak, dan diambil tepungnya yang halus. Ini penting diperhatikan, karena terkadang ada voer yang keras. Meski sudah dilarutkan dengan air, bagian yang keras tak bisa hancur juga. Jika termakan anakan murai batu, ini berbahaya bagi organ pencernaannya.
  • Tujuan pemblenderan voer adalah mencegah pakan kering ini nantinya mengembang dalam organ pencernaan, yang bisa membuatnya kembung dan mudah mati. Voer utuh sebenarnya belum mengembang 100%. Ia baru mengembang penuh ketika sudah berada di dalam organ pencernaan.
  • Pada burung dewasa, ini tidak menjadi masalah, karena organ pencernaan sudah berfungsi normal, dengan memanfaatkan enzim, cairan kimia, dan gerakan peristaltik di dalam tubuh untuk mencerna setiap pakan yang masuk. Pada anakan murai, hal ini bisa menjadi masalah besar, sebab pengembangan voer akan mendesak dinding organ pencernaannya yang masih ringkih.
  • Tepung voer kemudian diseduh dengan sedikit air hangat dan dicampur dengan kroto. Tapi ingat, porsi voer tetap jangan terlalu banyak. Yang penting, kita mendidik anakan murai batu untuk mengenal rasa voer. Rasio ideal voer dan kroto pada fase ini adalah 30:70.
  • Adonan kroto, voer, dan sedikit air hangat hanya berlaku untuk sekali pakai. Usahakan menu tersebut sudah habis dalam waktu 15-20 menit. Karena itu, disarankan membuatnya dalam jumlah secukupnya, agar tidak terlalu banyak sisa pakan yang terbuang sia-sia.

Menu anakan murai batu umur 15-30 hari

Anakan murai batu
Umur 15 hari lebih, anakan MB sudah melewati masa kritis.

—-

Pada usia ini, anakan murai batu relatif sudah melewati masa kritis. Anakan MB bahkan sudah mulai belajar nangkring. Bahkan sebagian sudah bisa nangkring pada umur lebih muda, misalnya 12 hari, seperti terlihat pada gambar sebelumnya.

Pakan utama masih terdiri atas voer dan kroto, namun porsi voer bisa dinaikkan, sehingga rasionya menjadi 50:50.

Pengenalan pakan hidup seperti jangkrik dapat dimulai pada akhir minggu ketiga, atau awal minggu keempat. Hanya saja, berikan dulu anakan jangkrik demi alasan keamanan anakan murai batu.

Yang perlu diperhatikan pula, jangkrik jangan langsung diberikan dari tangan kita, karena hal ini bisa membuat anakan MB kelak menjadi manja.

“Untuk mengantisipasi hal ini, jangkrik dapat diberikan melalui bantuan media lidi atau sejenisnya. Yang penting jangan langsung dari tangan kita,” kata Om Syamsul.

Pada fase ini, terutama sejak minggu keempat, anakan MB harus diusahakan bisa makan sendiri. Jika tidak, burung kemungkinan besar menjadi manja, dan ini akan menurunkan harga jualnya. Anakan MB yang terlanjur manja biasanya memiliki mental bertarung (fighter) yang kurang, sehingga harga jualnya menurun drastis.

Anakan murai batu yang sudah berumur 1 bulan atau lebih sudah bisa makan sendiri. Inilah saatnya memindahkan mereka ke sangkar soliter, di mana setiap sangkar hanya berisi seekor anakan murai, untuk menghindari pertengkaran sesuai dengan karakter fighter pada burung ini.

—-

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

3 Comments

  1. Om di mana sih supaya saya bisa dapet anakan mb yg berkualitas,pembelian secara online bener nggk om,,soal nya saya udah prnh ke tipu.mohon saran nya

    • SKL BF salah satu penangkar rekomendasi kami, untuk mendapatkan trotolan berkualitas sebaiknya om bisa datang ketempat penangkarnya langsung sekaligus bersilaturahmi serta melihat koleksi indukan.

Komentar ditutup.