Slavujar, burung kenari dengan lagu-lagu nightingale

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Siapa yang tidak kenal burung kenari? Boleh dibilang, kenari merupakan salah satu jenis burung yang paling popular di seluruh dunia. Bahkan penangkaran kenari bisa dijumpai di hampir semua negara, karena burung ini memang mudah beradaptasi dalam berbagai iklim dan mudah dikembangbiakkan. Di Serbia, misalnya, penangkaran kenari sudah berkembang sejak pertengahan abad ke-20, dan mereka kini sudah memiliki varietas sendiri yang disebut kenari slavujar. Keunikan varietas ini adalah memiliki lagu-lagu burung nightingale yang dikenal super-gacor.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kenari Slavujar dari Serbia
Kenari slavujar dari Serbia

Artikel ini ditulis untuk dua tujuan. Pertama, menambah pengetahuan kita mengenai berbagai varietas burung kenari yang dari tahun ke tahun terus berkembang. Kedua, semoga bisa menjadi inspirasi bagi breeder-breeder kenari di Indonesia agar kelak mampu menghasilkan varietas khas negeri kita.

Modal untuk ini sebenarnya sudah ada. Misalnya, kenari kalitan / kenari mungil, bisa dikembangkan lebih jauh, sehingga kelak bisa dipatenkan menjadi varietas tersendiri dan dikenal di dunia internasional.

Kenari mungil juga bisa dikawinkan dengan yorkshire, dan dilakukan pemuliabiakan menggunakan model grading-up, dilanjutkan dengan pemuliabiakan menggunakan line-breeding.

Banyak metode pemuliabiakan yang bisa dilakukan untuk menghasilkan varietas baru, dengan sifat genetik permanen seperti standar lagu yang dimiliki, postur tubuh, warna bulu, dan sebagainya.

Beberapa varietas kenari yang popular saat ini antara lain japan hoso, american singer, kenari rusia yang suaranya mengalun bak alunan seruling, kenari paris, hingga kenari slavujar yang akan kita bahas kali ini.

Kenari slavujar memiliki keunikan yang tidak dimiliki varietas kenari lainnya, yaitu memiliki lagu-lagu yang cukup komplet, yang sebagian besar berasal dari lagu burung nightingale.

Tidak heran jika kenari ini mendapat tempat tersendiri di kalangan kenarimania Serbia maupun negara-negara Eropa lainnya. Sebab, pada dasarnya, penggemar burung di Eropa sejak dulu hingga sekarang sangat kesengsem dengan kicauan burung nightingale.

kenari slavujar
Kenari slavujar warna standar.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

—-

Kenari yang dikembangbiakan melalui seleksi kenari-kenari terbaik, kemudian dilakukan pengadaptasian beberapa irama dari kicauan nightingale, sehingga bisa diterima oleh keturunan yang dihasilkan. Keturunan ini juga terus  dikawinkan dengan model grading up dan line-breeding secara terus-menerus, hingga sedikitnya lima kali, sehingga setiap keturunan akan memiliki standar tertentu, yang punya sekitar 30 jenis lagu khas nightingale.

Untuk mendukung pengembangbiakan kenari slavujar, sehingga bisa didapatkan kenari unggulan dengan kekayaan melodi, pada tahun  2000 didirikan organisasi resmi yang beranggotakan para penggemar dan penangkar kenari di negara bekas Yugoslavia itu.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

kenari slavujar silver
Kenari slavujar warna silver.

—-

Dari sisi warna bulu, kenari slavujar juga memiliki keragaman, mulai dari kombinasi putih, kuning, biru, hijau dan kuning-hijau, varian putih-biru, dan warna isabel (isabel kuning dan isabel putih ). Bahkan untuk jenisnya pun  terdapat kenari normal dan kenari  jambul / topi, dengan panjang tubuh 14-16 cm.

Kenari Slavujar dengan jambul
Kenari slavujar dengan jambul.

—-

Selain Serbia, kenari slavujar kini juga banyak dikembangbiakkan di  Rumania. Varietas ini memang menjadi idaman banyak penggemar kenari di seluruh dunia, karena suara kicauannya unik. Disebut unik, karena suaranya justru kurang mengalun sebagaimana jenis kenari lainnya, melainkan lebih menonjolkan suara tembakan burung nightingale. Tak sedikit pakar kenari yang menganggap slavujar sebagai kenari penyanyi terbaik sepanjang abad 20.

Penasaran dengan suara kicauan kenari slavujar ?  Berikut ini dua video yang bisa Anda saksikan:

—-

—-

Audio suara kenari slavujar | DOWNLOAD

—-

Semoga bisa memberi inspirasi bagi penangkar kenari di Indonesia untuk mencoba membangun varietas baru khas Indonesia. Siapa tahu ada yang mampu menciptakan kenari bermotif batik, atau suara kicauannya mengalun bak gamelan, sebagaimana kenari rusia yang dikembangkan dengan alat musik seruling sehingga lagu-lagunya mengalun bak eruling bambu,  he.. he.. he…

—-

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.